Rabu 20 Juni 2018, 21:25 WIB

Jokowi Masih Ungguli Prabowo

M Taufan SP Bustan | Politik dan Hukum
Jokowi Masih Ungguli Prabowo

MI/MOHAMAD IRFAN

 

LEMBAGA survei Indo Barometer kembali mengeluarkan hasil surveinya tentang elektabilitas calon presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Dalam survei itu, Joko Widodo masih unggul ketimbang Prabowo Subianto.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan melalui pertanyaan terbuka di empat provinsi, mulai dari Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, nama Jokowi keluar sebagai peraih elektabilitas tertinggi. Di mana, Jokowi meraih perolehan suara 26,1%.

Sedangkan rivalnya yang tidak lain adalah Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo hanya meraih suara 18,0%

“Kalau diihat dari perolehan ini memang Jokowi masih unggul dan cukup jauh juga antara 26,1% dan 18,0%,” terang Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari saat menyampaikan hasil surveinya kepada sejumlah Jurnalis di FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Rabu (20/6).

Menurutnya, survei ini dilakukan pada tanggal 7 hingga 13 Juni dengan menggunakan responden sebanyak 800 orang dari empat provinsi tersebut.

Selain dua nama kandidat bakal calon presiden itu, lanjut Qodari, nama lain juga ikut muncul. Mereka adalah M Jusuf Kalla yang meraih suara 2,6%, Susilo Bambang Yudhoyono 0,4%, Abraham Samad 0,4%, Hary Tanoesoedibjo 0,3%, dan Gatot Nurmantyo 0,3%.

“Meski muncul sejumlah nama, namun belum bisa mengalahi perolehan suara Jokowi dan Prabowo. Jadi bisa kita simpulkan hanya dua kandidat itu yang kuat dan siap bertarung pada Pilpres 2019 mendatang,” tegasnya.

Selain model pertanyaan terbuka itu, Indo Barometer juga melakukan survei melalui simulasi. Di mana dalam sesi ini Indo Barometer memasukkan enam kandidat calon presiden. Dalam sesi ini pun nama Jokowi keluar sebagai peraih suara terbanyak kemudian disusul Prabowo.

“Di sesi ini Jokowi meraih 27,1%, Prabowo 20,1%,” ungkap Qodari.

Sementara empat calon lainnya, yakni Jusuf Kalla, Anies Baswedan, dan Gatot Nurmayanto hanya mendapat suara sebanyak 7,0%. Sedangkan Agus Harimurti Yudhoyono perolehan suaranya di bawa 2%.

“Jika dilihat lagi di sesi ini Jokowi masih saja unggul. Bahkan beda 7% dari Prabowo,” ujarnya.

Tidak sampai di situ, pada simulasi head to head dengan pertanyaan tertutup, Jokowi masih menang dengan perolehan 29,1%, Prabowo 21,9%.

Sedangkan Jokowi yang disimulasikan berhadapan dengan Anies Baswedan lagi-lagi Jokowi menang dengan perolehan 29,6% sedangkan Anies hanya meraih 3,4%. Begitu pun saat Jokowi dihadapkan dengan Gatot Nurmantyo, Jokowi kembali menang dengan perolehan suara 29,3% sementara Gatot hanya meraih 3,8% suara.

“Dari segala sesi Jokowi masih saja unggul sebagai calon presiden. Sekarang tinggal melihat siapa calon wakil presidennya saja,” tandas Qodari. (OL-5)

Baca Juga

Medcom

Tindaklanjuti Pemilu 2024, Komisi II Agendakan RDP dengan KPU

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 04 Juli 2022, 04:45 WIB
“RDP nanti terkait dengan rancangan Peraturan KPU (PKPU), pendaftaran, verifikasi, dan penetapan calon partai politik (parpol)...
Dok pribadi

Leter C Kerap Jadi Alat Bukti Kendati Tidak Ada yang Asli

👤Media Indonesia 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:50 WIB
KASUS perdata yang menyangkut masalah pertanahan tak lepas dari masih digunakannya alat bukti hak-hak lama seperti Leter C atau...
Antara

KPU Berkomitmen Perkuat Literasi Pemilih

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:09 WIB
Menurut Komisioner KPU, Idham Holik, pendidikan pemilih itu merupakan hak politik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya