Selasa 18 Juli 2017, 16:53 WIB

Fadli: Tugas Pimpinan DPR Berjalan Seperti Biasa

MIOL/Ant | Politik dan Hukum
Fadli: Tugas Pimpinan DPR Berjalan Seperti Biasa

MI/Susanto

 

WAKIL Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan tugas-tugas pimpinan DPR RI akan tetap berjalan seperti biasa meskipun KPK telah menetapkan status tersangka terhadap Ketua DPR RI Setya Novanto.

"Pimpinan DPR RI bekerja secara kolektif kolegial, sehingga meskipun Ketua DPR RI menghadapi proses hukum, tidak mengganggu tugas-tugas pimpinan," kata Fadli Zon di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (18/7) usai menggelar rapat pimpinan DPR.

Menurut Fadli, dari lima orang pimpinan DPR RI, setiap pimpinan memiliki tugas dan bidangnya masing-masing yang berbeda. Karena bidang tugas setiap pimpinan DPR RI telah terbagi, kata dia, sehingga jika ketua DPR RI tidak dapat aktif tidak mengganggu tugas pimpinan yang lainnya.

"Kalau soal usulan penggantian posisi ketua, hal itu adalah hak fraksi Partai Golkar untuk mengusulkannya," katanya. Menurut Fadli, sampai saat ini belum ada pemberitahuan dari fraksi Partai Golkar untuk mengusulkan penggantian.

Pada sisi lain, dalam hasil rapat pimpinan DPP Partai Golkar terungkap bahwa partai masih mendukung posisi Novanto di DPR dan tidak ada pembahasan mengenai munaslub seperti yang santer diperbincangkan di media sosial.

Lebih lanjut, Fadli menjelaskan, dalam UU No 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3) mengatur, baik pimpinan maupun anggota, statusnya tidak berubah di DPR saat menjalani proses hukum, sampai ada putusan pengadilan yang bersifat tetap dan mengikat atau inkracht.

"Statusnya dapat berubah dan dilakukan penggantian, jika ada usulan dari fraksinya. Selama tidak ada usulan dari fraksinya maka statusnya tetap sebagai anggota maupun pimpinan DPR RI," katanya.

Sebelumnya, Senin (17/7) petang, KPK menetapkan Ketua DPR RI Setya Novanto yang juga ketua umum Partai Golkar, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP-e.(OL-3)

Baca Juga

Antara

Aktivis Desak Listyo Sigit Tuntaskan Kasus Novel

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 15 Januari 2021, 22:10 WIB
Tim Advokasi Novel Baswedan menilai penyelidikan maupun penyidikan yang dilakukan oleh Kepolisian tidak kunjung menuai...
Antara

ICW Minta Komjak Proses Laporan Jaksa Nakal Kasus Pinangki

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:20 WIB
Sebelumnya, ICW telah melaporkan tiga orang jaksa penyidik dalam dugaan kasus gratifikasi pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) Joko...
ANTARA

Wapres: Pulihkan Pariwista, Pemerintah Siapkan Basis Data Terpadu

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 15 Januari 2021, 19:50 WIB
Data terpadu diperlukan untuk memberikan bantuan produktif kepada UMKM yang tidak menerima pinjaman dari lembaga keuangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya