Selasa 11 Juli 2017, 06:31 WIB

Organisasi Mahasiswa Dukung Perppu Ormas

Ssr/P-2 | Politik dan Hukum
Organisasi Mahasiswa Dukung Perppu Ormas

Ilustrasi

 

GABUNGAN organisasi mahasiswa dan pemuda Ciputat-Banten mendukung agar pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Organisasi Masyarakat. Hal ini untuk menjaga keutuhan NKRI. Ormas yang menolak Pancasila harus diperingatkan sebelum dibubarkan.

Penegasan itu disampaikan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ciputat Rohman Wahid, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Syarief Hidayatullah Ryan Hidayat, Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII Tangsel) Abdul Hafizh, dan Ketua BEM Universitas Pamulang M Andrian dalam deklarasi yang ditandatangani mereka, kemarin.

Menurut Rahman, NKRI dibentuk atas kesadaran dan kesepakatan para pendahulu bangsa yang mendiami kepulauan Nusantara untuk menyatukan diri dalam ikatan kebangsaan di tengah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan.

Dewasa ini, kesadaran dan ikrar kebangsaan para pendiri bangsa tersebut mendapat ancaman dengan munculnya kelompok-kelompok yang ingin mengubah sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 menjadi negara yang berdasarkan paham keagamaan.

“Kami sejak lama menolak ormas yang tidak berlandaskan dasar negara Pancasila. Karena itu, kami mendukung diterbitkannya Perppu tentang Ormas,” jelas Rohman.

Ketua Dema UIN Syarief Hidayatullah Ryan Hidayat menambahkan, kendati setuju pembubaran ormas anti-Pancasila dengan perppu, tetap dilaksanakan dengan kaidah demokrasi. Bukan justru menimbulkan otoriter baru.

Abdul Hafizh dari GPII Tangsel mengatakan kebinekaan sebagai perekat kebangsaan juga terusik dengan munculnya kelompok-kelompok yang mempersoalkan isu SARA. (Ssr/P-2)

Baca Juga

Antara

Soal Dana Kampanye Hitam, Bawaslu tak Boleh Tinggal Diam

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:22 WIB
Diketahui, PPATK menemukan uang hasil kejahatan lingkungan atau Green Financial Crime mengalir ke anggota partai politik, untuk mendanai...
Dok. DPP Partai NasDem

Pakar: Peluang NasDem untuk Berkoalisi Terbuka Lebar

👤Sri Utami 🕔Minggu 29 Januari 2023, 18:07 WIB
Dengan posisi Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusung dalam Pemilu 2024, membuat posisi tawar Partai NasDem semakin...
MI/ Moh Irfan

KPU Imbau Peserta Pemilu 2024 Tak Gunakan Dana Kampanye Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Januari 2023, 15:06 WIB
KPU mengimbau peserta Pemilu 2024 untuk tak gunakan dana kampanye ilegal. Komisioner KPU RI Idham Holik mengemukakan akan ada sanksi pidana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya