Kamis 26 Januari 2023, 14:29 WIB

Kesan Pertama Mengendarai Citroën C3

meediaindonesia.com | Otomotif
 

USAI peluncuran tiga model terbarunya, yaitu Citroën C3, Citroën C5 Aircross dan kendaraan listrik berbasis baterai Citroën e-C4 pada Desember 2022 lalu, Agen Pemegang Merek (APM) Citroën, PT Indomobil Wahana Trada (IWT), mengundang sejumlah media untuk merasakan langsung salah satu dari tiga model terbarunya yaitu Citroën C3 pada Rabu (25/1).

“Berdasarkan tiga pilar yang dianut (Accessible, Care & Audacity), Citroën berkomitmen penuh untuk menyajikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan memberikan solusi cerdas melalui inovasi produk. Citroën C3, akan memberikan mobilitas dengan kenyamanan dan penuh gaya, membawa keceriaan dan mudah dijangkau oleh masyarakat luas,” ujar Business Development Head, Indomobil Group Stefan Hutahayan, di BSD City. Rabu (25/1).

Berlokasi di kawasan BSD City, Banten, sejumlah jurnalis, termasuk  Media Indonesia hadir untuk mengikuti test drive singkat untuk menguji hatchback yang mengusung tema 'Citroën C3, Live your Life in Living Color'. Setelah mendapatkan beberapa gambaran dan arahan dari pihak IWT, Media Indonesia bersama dua rekan jurnalis lainnya bersiap mencoba kendaraan serbaguna untuk semua kebutuhan harian konsumen.

Seperti yang diungkapkan pengamat otomotif James Luhulima yang hadir di acara itu, C3 menggunakan filosofi cocoon effect alias efek kepompong dalam hal kesenyapan kabin. Terbukti suara mesin yang cukup terdengar mampu disekat dengan baik di dalam kabinnya.

Jok berlapis bahan fabric cukup nyaman terasa menopang tubuh pengemudi. Sedangkan posisi kaki pengemudi cenderung miring ke arah luar akibat sususnan pedal kopling, rem, dan akselerator yang tidak 'center'. Namun ruang pandang pengemudi sangat leluasa untuk melihat lingkungan sekeliling.

New C3 dibekali mesin Puretech 3 Silinder 1.2 liter bertenaga 81 HP pada 5.750 rpm dan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm dikombinasikan transmisi manual 5 percepatan. Mesin ini diklaim menjanjikan tingkat efisiensi bahan bakar di angka 19,8 km/liter.

Saat diajak jalan, tidak ada yang istimewa pada mesinnya. Hanya saja penempatan torsi di rentang putaran bawah dan menengah sangat pas untuk kondisi lalu lintas perkotaan yang padat. 

Speed bump (polisi tidur) dan rumble strips (deretan polisi tidur tipis) yang banyak bertebaran di kawasan BSD City menjadi alat uji kami untuk merasakan performa suspensinya. Melaju di jalan bergelombang, suspensi dengan filosofi berkendara karpet terbang (flying carpet ride) milik C3 unjuk gigi menyajikan kenyamanan maksimal.

Uniknya, speed bump dan rumble strips di kawasan itu lebih enak 'dihajar' pada kecepatan sedang hingga 55 km/jam. Pada kecepatan lebih rendah justru terasa kurang. Panjangnya langkah/travel suspensi menjadi kunci redaman yang optimal. Faktor ini juga yang membuat gerakan bodi belakang sedikit liar. Sepertinya karakter shock absorber masih terlalu lembut. Mungkin akan lebih baik jika sedikit lebih 'firm'.

Karakter pengendalian cukup nyaman walaupun minim feed back. Terasa ada jeda pada kinerja electric powersteering-nya, namun tidak mengganggu. Justru pengemudi harus membiasakan diri merasakan kapan harus pindah gigi transmisi karena minimnya suara mesin dalam kabin dan tidak adanya tachometer pemantau putaran mesin. Bagusnya, instrumen panel C3 dilengkapi fitur yang memberikan tanda kapan saatnya pengemudi harus berpindah gigi.

Saat beberapa kali melakukan manuver mendadak, terasa sekali perlunya pegangan tangan di sisi atas penumpang depan. Namun untuk utilitas, cukup banyak tempat penyimpanan gelas, maupun barang di dalam kabin. Perangkat head unit juga dilengkapi layar cukup besar dengan fitur Android Auto serta fitur standar kendaraan modern.

Media Indonesia juga menyempatkan diri duduk sebagai penumpang untuk merasakan rasa berkendara sebagai penumpang di jok belakang. Cukup nyaman dengan posisi duduk yang sandarannya sedikit tegak, serta ruang kaki dan kepala yang lapang untuk Anda yang memiliki postur tubuh 167 cm. Wajar karena New C3 mengusung filosofi Citroën Advanced Comfort.

Citroën C3 ditawarkan dalam dua skema warna yaitu monotone color dibanderol Rp225 juta dan dual tone color Rp231 juta dalam kondisi on-the-road DKI Jakarta. Ada juga pilihan Dual tone color Plus dengan tambahan aksesoris berupa body side moulding, cover side mirror, trim fog lamp, trim rear reflector, parcel tray dan mud guard dengan harga Rp236 juta.

Baca Juga

Ist

Seminggu, Tangkas Motor Listrik Buatan Dalam Negeri Buka Lima Showroom

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:48 WIB
 PT The Agung Pamungkas (Tangkas) yang merupakan pemilik tunggal motor listrik Tangkas yang terus mencoba peluang untuk bisa ikut...
PID

Piaggio Indonesia Buka Dealer Motoplex 4 Brand Bandengan

👤RO 🕔Rabu 08 Februari 2023, 19:05 WIB
Penambahan jaringan diler ini selaras dengan optimisme PID terhadap pertumbuhan ekonomi di Jakarta Barat dimana kawasan tersebut menjadi...
SIS

Suzuki Ungkap Karakter dan Kepribadian Melalui Warna Kendaraan

👤RO 🕔Rabu 08 Februari 2023, 18:38 WIB
Mengutip dari jurnal psikologi Scott-Kemmis tahun 2009 berjudul Understanding the Meaning of Colors in Color Psychology, beberapa pilihan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya