Senin 02 Januari 2023, 16:58 WIB

Derks Luncurkan Mobil Jenazah Listrik dari Tesla Model 3

mediaindonesia.com | Otomotif
Derks Luncurkan Mobil Jenazah Listrik dari Tesla Model 3

DERKS VIA CARSCOOPS

 

DI era yang menuntut mobilitas serba ramah lingkungan, kendaraan listrik (EV) dipastikan akan merambah semua moda transportasi, tidak terkecuali kendaraan pengantar jenazah menuju tempat peristirahatan terakhirnya.

Sebuah perusahaan Belanda, Derks Uitvaartmobiliteit menunjukkan kepiawaiannya dalam mengubah mobil Tesla Model 3 menjadi mobil jenazah mewah. Kendaraan khusus yang dinamai Tesla Hearse 3 ini sudah siap dipesan di pasar Eropa. 

Tesla Hearse 3 menampilkan desain khas yang mirip station wagon dengan atap lebih menjulang di bagian belakang. Seperti kebanyakan konversi mobil jenazah, proyek ini membutuhkan banyak pemotongan dan peregangan. Salah satunya pada jarak sumbu roda yang membuat Tesla Hearse 3 menjadi lebih panjang 866 mm dibanding versi standar dengan total panjang 5,56 m.

Bagian atap diperpanjang secara aerodinamis, membuat sedan EV ini kini memiliki ruang besar di bagian belakang lengkap dengan jendela besar di bagian sisi serta pintu belakang khusus. Ubahan tersebut menghilangkan pintu samping belakang namun memiliki dua pintu tambahan yang menyediakan akses ke kompartemen penyimpanan tambahan.

Di bagian interior, Derks Uitvaartmobiliteit melakukan penambahan dinding partisi dengan jendela. Ada juga tirai elektrik di jendela samping dan belakang untuk privasi ekstra. Fitur opsional yang sangat keren adalah bagian plafon bergaya langit bertabur bintang dengan LED dalam berbagai warna, serasi dengan tata cahaya bagian dinding sampng 

Yang masih tersisa dari Tesla Model 3 adalah moncong depan, pintu depan, tutup kaca spion, unit penerangan, dan bumper, karena semua bagian lainnya telah diubah agar lebih sesuai dengan peranan dan fungsi baru kendaraan. 

Tesla Hearse 3 dibangun dari basis Tesla Model 3 Standard Range Plus yang dijalankan oleh motor listrik bertenaga 406 PS dengan baterai berkapasitas 53 kWh yang dipasang di lantai. Sejatinya, sedan listrik ini memiliki daya jangkau 305 km. Namun dengan penambahan bobot dan berubahnya aerodinamika, diperkirakan daya jangkaunya susut antara 350-375 km, lebih dari cukup untuk mengantar ke pemakaman tanpa perlu melakukan pengisian ulang.

Derks Uitvaartmobiliteit belum merilis berapa harga jual mobil jenazah kreasi terbarunya itu. Yang pasti harga Tesla Model 3 di Belanda adalah 51.990 euro. Dilihat dari modifikasi yang dilakukan, dipastikan penambahan harganya tidak akan sedikit. (S-4)

Baca Juga

Dok. Yadea

Motor Listrik Yadea Masuk Indonesia, Bakal Gerak Cepat Lewat Jaringan Indomobil

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:03 WIB
Untuk memulai eksistensinya di Indonesia, Yadea menjadwalkan peluncuran resmi pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang...
BMW GROUP INDONESIA

 BMW Indonesia Luncurkan SAV New X7

👤RO 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:17 WIB
BMW X7 merupakan model BMW X terbesar dan termewah di jajaran BMW yang juga memiliki kemampuan...
MI/Yoseph

Jadi yang Pertama Berkonsep 4S, MG Operasikan Showroom di Medan

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 02 Februari 2023, 17:57 WIB
Saat ini, showroom mobil di Indonesia umumnya berkonsep 3S, tanpa unsur style. Unsur style yang dimaksud ialah keberadaan kafe di dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya