Senin 02 Januari 2023, 16:46 WIB

Bertone GB110 Monster Beringas Bertenaga 1.100 bhp

Mediaindonesia.com | Otomotif
 

RUMAH desain Italia, Bertone, mengumumkan kreasi hypercar terbaru GB110 yang hanya akan diproduksi sebanyak 33 unit. Sesuai namanya, Bertone 110 menandai perayaan hari jadi perusahaan yang ke-110 dan merupakan mobil pertama yang diluncurkan di bawah kepemimpinan baru dari Mauro dan Jean-Franck Ricci.

Meskipun pihak Bertone belum mengungkapkan spesifikasi GB110, namun telah dikonfirmasi bahwa mesin mobil tersebut mampu menghasilkan 1.100 bhp dengan torsi maksimal nyaris menyundul 1.100 Nm. Kerennya lagi, hypercar ini dijalankan dengan bahan bakar yang terbuat dari daur ulang limbah plastik dan mampu memenuhi standar emisi Euro 6. Sayangnya, perusahaan tidak menjelaskan lebih jauh seputar bahan bakar baru yang digunakannya itu.

Dengan tenaga dan torsi beringas yang tersalur pada keempat roda via transmisi 7-speed-nya, Bertone GB110 mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam hitungan 2,79 detik, dan meraih 200 km/jam dalam 6,79 detik, hingga mencapai kecepatan tertinggi 380 km/jam, atau masih lebih lambat dibanding Bugatti Chiron 420 km/jam.

“Yang kami cari adalah akselerasi yang kuat dan bobot yang rendah untuk kesenangan maksimal. Tetapi pada saat yang sama itu dirancang untuk penggunaan sehari-hari dan dibangun dengan mempertimbangkan ergonomi dan kenyamanan,” kilah CEO Bertone Jean-Franck Ricci.

Mobil ini memiliki desain yang terinspirasi dari gaya rancangan Bertone era 50-an dan 70-an. Hal ini terlihat dari ventilasi samping segitiga yang mengingatkan pada konsep Lancia Stratos Zero 1970, sementara ujung depan yang rendah mengingatkan pada Lamborghini Countach.

Bertone GB110 sekaligus menjadi penanda kembalinya rumah desain itu setelah dinyatakan bangkrut pada 2014 usai melewati masa sulit pada 2007 dan 2011. Pada 2016, Bertone dibeli oleh Mauro dan Jean-Franck Ricci – yang mengoperasikan konsultan teknologi Akka.

Dua tahun kemudian, Akka meluncurkan Smart Bertone, revisi menyeluruh dari Smart Fortwo Electric Drive. Tenaganya ditingkatkan dari 79 bhp menjadi 276 bhp berkat motor tambahan dan sistem pemulihan energi kinetik (Kinetic Energy Recovery Sistem/KERS) yang menghasilkan torsi 2.300 Nm melalui keempat rodanya.

Hingga saat ini Bertone belum mengungkapkan terkait harga dan kapan mobil tersebut akan dijual. yang pasti, mobil ini tidak akan dijual di bawah  di angka 2,5 juta poundsterling. (S-4)

Baca Juga

MI/GANA BUANA

Tren Belanja Online Pengaruhi Permintaan Kendaraan Isuzu

👤Gana Buana 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:14 WIB
Peningkatan harga batu bara dan crude palm oil (CPO) juga berkontribusi dalam banyaknya permintaan kendaraan niaga...
Dok. Alun Indah

Mercedes Benz Indonesia-Alun Indah-Dunex Kolaborasi Salurkan Truk Ramah Lingkungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:59 WIB
Mercedes-Benz AXOR adalah salah satu model Euro 4 yang diluncurkan oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia...
Dok. Green Tech

Green Tech Ramaikan Pasar Motor Listrik Tanah Air

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:50 WIB
Green Tech merupakan satu-satunya motor listrik yang akan menggunakan baterai buatan Tanah Air yaitu KK...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya