Senin 14 November 2022, 16:59 WIB

PKBLBB 2022 Menuju Ekosistem Kendaraan Listrik

RO | Otomotif
PKBLBB 2022 Menuju Ekosistem Kendaraan Listrik

DYANDRA PROMOSINDO

 

PAMERAN Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 terus memberikan langkah nyata dalam memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat. Hal ini didukung dengan kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Hendro Sugiatno serta pejabat tinggi Pratama dan Madya Kemenhub ke area pameran PKBLBB 2022 di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua.

Di sisi lain, program edukasi dan sosialisasi kendaraan listrik kepada masyarakat yang hadir dengan tema 'Kendaraan Listrik Transportasi Masa Depan' menghadirkan narasumber yang memberikan informasi menarik setiap harinya. Pada Minggu (13/11), Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi Nizam. Kepala Dinas Perhubungan Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta, Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno. 

"Kami terus mendorong komponen-komponen kendaraan listrik untuk dapat diproduksi dalam negeri, dengan adanya kerjasama yang baik antar pemerintah dengan instansi pendidikan diharapkan hal ini dapat terjadi dalam waktu dekat." ujar Nizam.

Semakin semarak, hadirnya program talkshow dari brand Optima, Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Gesits, dan Zero yang membahas beragam program unggulan dalam mendukung kendaraan listrik di Indonesia.

Selain menyuguhkan program-program menarik, memasuki penyelenggaraan hari ke-3 PKBLBB, Minggu (13/11), terdapat launching Bus Listrik Merah Putih (BLiMP) hasil kolaborasi antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang digunakan sebagai kendaraan operasional pada KTT G20 di Bali. BLiMP yang merupakan karya desain Anak Bangsa dengan menggunakan komponen utama hasil penelitian dan pengembangan yang telah dikuasai oleh Indonesia. 

Hadir dalam peluncurannya Menteri Perhubungan Republik Indonesia serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

PKBLBB dilaksanakan selama 11 – 16 November 2022 di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali dan diikuti 28 Exhibitor yang terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai. (S-4)

Baca Juga

MI/NURTJAHYADI

Mengintip Fasilitas Pembelajaran dan Pengembangan Elektrifikasi xEV Center Toyota

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 00:23 WIB
Untuk mempermudah pengunjung memahami rangkaian informasi terkait elektrifikasi, pemaparannya dibagi dalam beberapa zona yang disusun...
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Komunitas Otomotif: Mudik Nataru, Saatnya Beralih ke BBM RON Tinggi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:09 WIB
Dengan perjalanan jauh, pengguna akan merasakan bahwa Pertamax tidak hanya lebih ekonomis namun juga menjaga performa...
IMG

IMG Serah Terima 10 Unit ALVA One ke 10 Konsumen

👤RO 🕔Rabu 30 November 2022, 19:12 WIB
Serah terima 10 unit motor listrik ALVA ini sekaligus menandai dimulainya pengiriman motor listrik ALVA One kepada konsumen di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya