Jumat 04 November 2022, 22:46 WIB

Mencoba Performa Almaz Hybrid di Lintasan Balap

Mediaindonesia.com | Otomotif
Mencoba Performa Almaz Hybrid di Lintasan Balap

Dok.WULING MOTORS
.

 

SEHARI setelah melaksanakan prosesi peluncuran Almaz Hybrid, Wuling Motors (Wuling) memberikan kesempatan kepada sejumlah media nasional untuk mencoba secara langsung mobil hybrid pertama dari Wuling di Indonesia itu di atas lintasan Jakarta International E-prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Jumat (4/11).  

Kegiatan yang digelar dengan mengusung tema 'Wuling Almaz Hybrid First Impression' ini dibagi dalam beberapa batch mulai dari pagi hingga sore menjelang malam. Media Indonesia mendapat kesempatan pada siang menjelang petang. 

Sebelum menyusri lintasan sepanjang 2,4 kilometer yang dibagi menjadi beberapa sektor untuk menguji keunggulan dan inovasi pada Almaz Hybrid. Rekan media terlebih dahulu mendapat pemaparan teknis dari Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko.

"Almaz Hybrid mengusung mesin bensin 2.000 cc dengan output maksimal 123 hp dan torsi sebesar 168 Nm, yang dikombinasi motor listrik setara 174 hp dan torsi 320 Nm serta baterai Ternary Lithium berkapasitas 1.8 kWh," ujar Danang dalam cuplikan presentasinya, yang dilanjutkan dengan arahan keselamatan dari instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana. Setelah itu, aksipun dimulai.

Usai melakukan 'orientation lap', kami berusaha mencoba seluruh mode hybrid yang tersedia. Mulai dari EV mode (full electric), Series Hybrid (berjalan dengan motor listrik dengan mesin bensin aktif hanya memasok listrik ke baterai) dan Parallel Hybrid (motor listrik dan mesin bensin bersamaan memasok daya ke roda).

Sejak awal dijalankan, Almaz Hybrid sudah menunjukkan 'perbedaannya'. Hanya dengan sentuhan ringan pada pedal akselerator, kendaraan spontan bergerak dengan cekatan. Hamparan lantai sirkuit JIEC yang mulus sangat menggoda untuk dicicipi. Almaz Hybrid berkelir kelabu itu pun kami ajak menari-nari di permukaan aspal yang menurut instruktur pendamping cukup licin akibat adanya pasir dan lepasan krikil yang bertebaran di beberapa titik lintasan.

Banyaknya tikungan patah tanpa adanya gravel pengaman plus concrete barrier yang menunggu di ujung tikungan, membuat hasrat untuk mencoba menggapai limit pun kami kubur dalam-dalam atas nama keselamatan. Hanya di trek lurus panjang saja mobil kami pacu di atas 120 km/jam. 

Yang sangat menonjol dari performa Almaz Hybrid ini adalah limpahan tenaganya yang terasa nyaris tanpa putus dan tanpa jeda. Tak ada sedikitpun terasa perpindahan antara mode EV, Series Hybrid maupun Parallel Hybrid. Karakternya, seperti mesin besar dengan transmisi CVT, atau bahkan seperti mobil listrik murni bertenaga besar.

Dengan performa dan karakter mesinnya yang seperti itu, secara psikologis tentu sangat nyaman dan tidak terlalu melelahkan bagi pengemudi untuk perjalanan jarak jauh sekalipun. Pasalnya, tenaga mesin selalu siap tersaji setiap kali dibutuhkan. Selain itu, tarikannya lembut, namun tetap padat bertenaga.

Akselerasi dari 0 ke 100 km/jam menurut catatan Sony Susmana, ada di kisaran 9,62 detik. Menurut instruktur profesional itu, memang bukan angka yang dahsyat, namun sudah lebih dari cukup untuk sebuah kendaraan harian atau saat diajak membawa keluarga berpetualang ke luar kota.

Selain itu, fitur keamanan dan keselamatan serta kenyamanannya pun sudah sangat lengkap, karena mewarisi semua yang dimiliki oleh seri Almaz RS. Diantaranya adalah Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS). 

IoV atau internet car, dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui gawai pintar dan head unit. Barisan fitur yang bisa diatur via gawai pintar mulai dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, hingga Bluetooth Key. IoV dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ dan head unit yang didukung dengan perintah suara WIND (Wuling Indonesian Command). 

Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang berada di payung inovasi WISE terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama yakni Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). 

Selain itu, masih ada banyak lagi fitur yang disematkan pada SUV flagship Wuling yang ditawarkan dengan harga on the road DKI Jakarta senilai Rp470 juta tersebut.

Baca Juga

MMKSI

MMKSI Resmikan Diler Mitsubishi DIPO Golf Island PIK 

👤RO 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:00 WIB
DIPO Golf Island PIK menjadi diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors ke-167 di Indonesia, dan ke-27 di provinsi...
BMW GROUP INDONESIA

BMW Seri 3 Hadir dengan Sentuhan Baru

👤Gana Buana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 12:42 WIB
BMW Seri 3 sejak pertama diluncurkan pada 1975, bukan sekadar melegenda. Namun, seri ini juga menjadi tulang punggung penjualan BMW di...
SSU

SSU Resmikan Flagship Store Primewell di Semarang

👤RO 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 11:54 WIB
Ban Primewell sendiri sudah cukup populer di Amerika dan sudah terjual lebih dari 60 juta unit di Negeri Paman Sam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya