Senin 24 Oktober 2022, 19:14 WIB

Pertamina Lubricants Berbagi Tips ke Komunitas Mobil

RO | Otomotif
Pertamina Lubricants Berbagi Tips ke Komunitas Mobil

Dok.PTPL
.

 

PT Pertamina Lubricants (PTPL), melalui salah satu brand unggulannya, Fastron berkolaborasi dengan merek ban premium BFGoodrich dari Michelin untuk mendukung kegiatan BFGoodrich Advantage Touring - Build Your Adventure yang diselenggarakan pada Minggu (23/10). Kegiatan ini diikuti oleh puluhan komunitas mobil, khususnya para pengguna ban BFGoodrich. 

Dalam kesempatan sharing session, PTPL memberikan berbagai kiat seputar penggantian oli dan cara memilih oli yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. 

Junior Tech Spe HSD Eng. Oil PTPL Brahma Putra Mahayana menyampaikan, sebagai pelumas, oli sangat penting dan berkontribusi terhadap perfoma mesin kendaraan sehingga harus diganti secara rutin, umumnya setiap 10.000 km untuk kendaraan roda empat. Ia juga menegaskan bahwa pemilihan pelumas yang tidak sesuai juga dapat berdamp[ak buruk bagi mesin.

"Maka pilihlah oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil yang tertera pada manual book, dan pastikan selalu membeli oli di outlet-outlet resmi dan terpercaya agar terhindar dari penggunaan oli palsu,” imbau Brahma.

Brahma juga mengingatkan penggunaan oli antara mobil lama dan mobil baru dimana mobil lama cenderung membutuhkan viskositas yang lebih kental. Pasalnya, seiring usia pemakaian membuat celah antar komponen mesin cenderung akan berubah menjadi lebih renggang. 

“Karena terjadinya gesekan mekanikal ketika kendaraan digunakan, maka celah tidak lagi rapat seperti mobil baru. Jika menggunakan oli dengan viskositas yang rendah atau encer pada mobil lama maka akan terdengar suara kasar pada mesin karena oli tidak dapat melumasi dengan baik dan berisiko mengganggu sirkulasi pelumas,” tambahnya. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PTPL menciptakan berbagai pilihan pelumas Fastron tersedia untuk beragam jenis kendaraan, mulai dari mobil kecil seperti LCGC atau city car, sampai ke mobil hobi untuk off-road dan juga balap. 

"Fastron Series dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan mesin mobil. Bukan saja memenuhi standardisasi API SN, Fastron juga dilengkapi dengan teknologi NanoGuard yang dapat melindungi mesin mobil secara maksimal," tutup Brahma. (S-4)

Baca Juga

MMKSI

Komentar Konsumen Seputar L300 Euro 4

👤RO 🕔Minggu 27 November 2022, 14:05 WIB
Setiap konsumen memiliki ceritanya masing-masing akan keandalan dan ketangguhan Mitsubishi...
Dok. TAF

Meriahkan Peluncurkan Innova Zenix, TAF Gelar Customer Gathering di PIK hingga 4 Desember

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 01:11 WIB
Selama acara berlangsung pengunjung dan tamu undangan dapat langsung melihat produk display dari Toyota Innova...
Dok. BMWCCI

Pemilik BMW Kumpul di Yogyakarta Gelar Munas BMWCCI dan Indonesian Bimmerfest 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 00:45 WIB
Munas diadiri oleh 29 Chapter & 2 Register (E30 Register & Classic Registe ) damn dilaksanakan pada Jumat , 25 November 2022...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya