Rabu 19 Oktober 2022, 19:10 WIB

Rolls-Royce Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya

Mediaindonesia.com | Otomotif
 

ROLLS-ROYCE mengumumkan diluncurkannya mobil listrik pertamanya Spectre 2024 pada Selasa (18/10). Mobil listrik merupakan ide sang pendiri, Charles Rolls, yang pertama kali memperdebatkan ide 'Roller listrik' lebih dari 120 tahun lalu.

Chief Executive Officer Rolls-Royce Motor Cars Torsten Müller-Ötvös menyampaikan, Spectre memiliki semua kualitas yang telah mengamankan legenda Rolls-Royce yang dirancang sejak awal sebagai model full-electric pertama perusahaan yang senyap, bertenaga dan menunjukkan betapa sempurnanya Rolls-Royce cocok untuk elektrifikasi.

“Ini adalah permulaan dari babak baru yang berani untuk brand kami, klien kami yang luar biasa, dan industri mewah. Untuk alasan ini, saya percaya Spectre adalah produk paling sempurna yang pernah dihasilkan oleh Rolls-Royce,” ujar Müller-Ötvös, di Goodwood, Sussex, Inggris, Selasa (18/10).

Kendaraan dua pintu empat tempat duduk ini memiliki dimensi panjang 5.453 mm, lebar 2.080 mm dan tinggi 1.559 mm. Dengan jarak sumbu rodanya (wheelbase) 3.210 mm, Spectre memiliki radius putar mencapai 12,7 meter.

Mobil ini dibangun menggunakan aluminium spaceframe yang mengintegrassikan baterai raksasa yang membuat coupe ini 30% lebih kaku dari Rolls-Royce generasi sebelumnya. Ia juga dibekali baterai seberat 700 kg yang dapat membuat Spectre diklaim mampu menempuh jarak 520 km.

Rolls-Royce Spectre memiliki output maksimal sebesar 577 hp dengan torsi maksimum 900 Nm yang mampu membuat 'mahluk halus' ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 4,5 detik! Sangat cekatan mengingat bobotnya yang hampir mencapai tiga ton, yaitu 2.975 kg. 

Untuk menghasilkan cita rasa 'berkendara dengan karpet terbang' Rolls-Royce Spectre dibekali sistem suspensi Planar berteknologi peredaman aktif yang dapat menonaktifkan fungsi batang anti-roll saat meluncur di jalan lurus, dan mengaktifkan kembali saat kendaraan mendekati tikungan. Selain itu sistem four-wheel steering juga termasuk dalam paket.

Khas Rolls-Royce

Sepintas, sosok Spectre sangat akrab di mata karena memang terinspirasi dari desain Rolls-Royce Wraith dua pintu dan Phantom coupe, namun tampak lebih lebar dan lebih rendah dari keduanya. Hal itu merupakan efek dari penggunaan low profile grille paling lebar yang pernah disematkan pada Rolls-Royce dan diterangi oleh 11 pasang LED yang tersembunyi. Sepasang lampu utama berteknologi canggih juga disematkan di bawah DRL super tipis yang mengapit bagian gril yang membuatnya lebih modis. 

Bahkan maskot legendaris 'Spirit of Ectstasy' telah mendapatkan sentuhan ulang dari sisi aerodinamikanya untuk menghasilkan tampilan Rolls-Royce yang lebih sporty. Sementara desain kaca belakang fastback-nya menyiratkan dari sebuah yacht mewah. Selain itu,  Rolls-Royce juga dibekali pelek terbesar untuk pertama kalinya dengan ukuran 23 inci.

Di bagian interior, kita tidak asing dengan dasbor khas Rolls-Royce, namun dengan tambahan tampilan digital di sisi penumpang. Sedangkan headliner starlight bak langit malam bertabur bintang, kini meluas merambah bagian pelapis pintu. 

Rolls-Royce Spectre merupakan kendaraan coupe mewah diperkirakan akan dipasarkan dengan harga dikisaran antara US$350 ribu hingga US$460 ribu. Sementara harga pastinya baru akan kita ketahui setelah mendekati akhir 2023, saat kendaraan ini dijadwalkan tiba di garasi para pemiliknya. (S-4)

Baca Juga

TAM

New Hilux GR Sport bukan Sekadar Tempel Emblem

👤RO 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:00 WIB
Performanya ditingkatkan melalui penyematan mesin diesel 1GD-FTV 3.000 cc 4-silinder yang sanggup menghasilkan tenaga 204 PS pada...
MI/NURTJAHYADI

Mercedes-Benz Indonesia Luncurkan Mobil Listrik Perdana EQS dan EQE 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 01:32 WIB
The new EQS menjadi kendaraan listrik pertama dalam kelas mobil mewah sejajar dengan Mercedes-Benz...
DOK.WCC

White Car Community Rayakan Satu Dekade 

👤RO 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:23 WIB
WWC menyempatkan diri melakukan kegiatan charity berupa penggalangan dana santunan yang akan diserahkan kepada YPAC (Yayasan Pembinaan Anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya