Jumat 30 September 2022, 14:27 WIB

Nyaman dan Lega, Ini Rekomendasi 7 Mobil Bekas untuk Keluarga yang Irit BBM

mediaindonesia.com | Otomotif
Nyaman dan Lega, Ini Rekomendasi 7 Mobil Bekas untuk Keluarga yang Irit BBM

Ist
Mobilio tetap menyenangkan untuk dikendarai layaknya Honda Brio yang menggunakan sasis yang sama.

 

Harga mobil baru yang semakin tinggi ditambah dengan masa inden yang lama memang membuat konsumen tidak bisa langsung mendapatkan mobil impiannya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan mobil keluarga yang irit BBM, 7 rekomendasi mobil bekas yang nyaman sekaligus lega ini bisa menjadi pertimbangan.

1. Honda Mobilio

Meski mobil ini berada di segmen Low MPV yang mampu menampung hingga 7 orang penumpang, tapi Mobilio tetap menyenangkan untuk dikendarai layaknya Honda Brio yang menggunakan sasis yang sama. Keunggulan lainnya terdapat pada ruang bagasi yang lega, bisa dibilang yang terlapang di antara pesaingnya.

Sementara itu untuk urusan konsumsi BBM, Mobilio masih menjadi salah satu model Honda yang terbilang irit bahan bakar. Catatan Mobilio mengungkapkan bahwa mobil ini bisa dipacu hingga mendapatkan efisiensi 21 km/liter. Sudah cukup impresif untuk sebuah MPV mengingat bobot dan kapasitas penumpang yang dimilikinya.

Sayang pamor Mobilio seakan tergerus jaman. Bahkan hanya ada satu tipe saja yang tersisa dan dipasarkan di Indonesia saat ini. Sementara ada banyak pilihan tipe yang tersedia jika Anda membeli versi bekasnya. Khusus untuk Mobilio generasi awal di Indonesia saat ini tersedia dengan harga mulai dari Rp95 jutaan.

2. Hyundai Santa Fe 

Untuk urusan kenyamanan, Santa Fe yang menawarkan pengendaraan tangguh 7-seater ini mampu menghadirkan perjalanan yang menyenangkan. Baik bagi pengemudi maupun penumpang dengan segala kelebihan teknologi dan suspensinya, mesin Santa Fe disebut menghadirkan tenaga besar untuk menjajal berbagai kondisi jalan.

Nah, bagi Anda yang menginginkan model ramah di kantong untuk urusan BBM, Hyundai Santa Fe bermesin diesel bisa dipertimbangkan. Pasalnya perjalanan menggunakan Santa Fe Diesel menorehkan efisiensi hingga 20 km/liter.

Meski populer, tapi mobil ini memiliki harga jual kembali yang tak begitu stabil dibandingkan dengan pesaingnya asal Jepang atau Eropa. Bagi Anda yang ingin mendapatkan Santa Fe Diesel bisa mengumpulkan mahar mulai dari Rp250 jutaan untuk model keluaran tahun 2014.

3. Isuzu Panther

Tagline ‘Si Jago Diesel’ memang bukan isapan jempol belaka. Bagi pemilik Isuzu Panther tentunya mengetahui keunggulan mobil legendaris ini; mesin yang tak masalah jika diberi solar berkualitas rendah, suspensi yang nyaman, dan ketangguhan mobil yang siap dibawa ke berbagai medan.

Ada banyak versi mengenai konsumsi BBM Isuzu Panther. Yang paling irit, Panther mampu mencatatkan efisiensi hingga angka 14 km/liter. Karena sering digunakan untuk perjalanan yang menantang, jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin dan transmisi sebelum membelinya.

Sayangnya mobil barunya sudah tidak dipasarkan lagi. Teknologinya pun masih kalah dibandingkan dengan model lain di daftar ini. Tapi harganya bisa dibilang terjangkau untuk sebuah mobil keluarga. Panther keluaran tahun 2000 sudah tersedia dengan harga mulai dari Rp50 jutaan.

4. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga akan selalu menjadi salah satu rekomendasi mobil keluarga yang sangat menjanjikan. Low MPV andalan Suzuki ini menghadirkan beragam keunggulan untuk membawa penumpang dalam jumlah banyak, seperti ruang kabin yang lega hingga ke kursi baris kedua, bagasi yang lapang, dan kenyamanan duduk dengan kursi berlapis fabric.

Dan bukan rahasia lagi jika Ertiga merupakan salah satu mobil paling irit BBM untuk segmen 7-seater. Bahkan dalam satu percobaan yang dilakukan oleh media, Ertiga mampu mencatatkan efisiensi bahan bakar hingga 25 km/jam.

Harga jual kembali Ertiga pun masih tetap stabil di pasar mobil bekas. Misalnya Ertiga keluaran tahun 2012 tersedia dengan harga mulai dari Rp80 jutaan.

Namun ketika membeli mobil ini, perhatikan beberapa masalah yang sering dikeluhkan, seperti suspensi belakang yang sering ambles ketika membawa penumpang penuh.

5. Toyota Fortuner

Mungkin banyak yang menganggap Fortuner sebagai SUV tangguh yang siap melahap jalanan dengan kontur kasar seperti area pertambangan atau perkebunan.

Tapi jangan salah, Fortuner pun menawarkan konsumsi BBM yang tak kalah irit dibandingkan pesaingnya. Misalnya saja Fortuner Diesel yang disebut mampu mencatatkan efisiensi hingga 17 km/liter.

Keunggulan lainnya dari mobil ini memang sudah banyak diketahui. Seperti mesinnya yang tangguh dan bertenaga didukung oleh ground clearance yang tinggi untuk membantu Anda berkendara di berbagai medan jalan sampai dengan kelengkapan teknologi demi kenyamanan selama perjalanan.

Sayangnya harga Toyota Fortuner masih cukup tinggi. Namun tentu saja pilihan lainnya adalah dengan membeli mobil bekasnya. Untuk model keluaran tahun 2010, Fortuner sendiri bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp135 jutaan.

6. Toyota Kijang

Jangan salah, meskipun Toyota Kijang Innova berbahan bakar bensin memiliki konsumsi BBM yang tergolong boros, tapi Innova diesel tak bisa dipungkiri menawarkan konsumsi yang jauh lebih efisien dibandingkan saudaranya. Bahkan beberapa pengetesan menyebutkan bahwa mobil ini mampu melaju dengan efisiensi 18 km/liter.

Sementara untuk urusan tampilan dan kenyamanan, Kijang Innova tak perlu dipertanyakan lagi. Menjelma sebagai salah satu mobil keluarga perkotaan yang mengandalkan kesan premium, Innova menawarkan ruang kabin yang lega sekaligus kedap. Teknologi di dalamnya pun akan membantu perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Namun yang patut menjadi perhatian adalah harga Toyota Innova bekas, khususnya untuk model diesel jauh lebih tinggi dibandingkan varian bermesin bensin. Tapi bagi Anda yang ingin membeli mobil bekasnya, tentu harganya sudah lebih terjangkau. Misalnya saja Innova diesel keluaran tahun 2006 bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp125 jutaan saja.

7. Toyota Kijang Kapsul

Walaupun mobil ini merupakan model yang tak jauh berbeda dibandingkan dengan Kijang Innova, tapi Kijang Kapsul hanya dipasarkan hingga tahun 2004.

Jadi bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, siap-siap untuk mengecek kondisi mesin, transmisi, dan kelengkapan mobil. Mengingat umurnya hampir dua dekade.

Tapi jangan salah, Kijang Kapsul masih dianggap sebagai salah satu mobil keluarga ternyaman hingga saat ini. Dengan suspensi yang empuk, keunggulannya terlihat dari konsumsi BBM yang lebih irit, apalagi untuk mobil bermesin diesel. Bahkan dengan solar berkualitas rendah, Kijang Kapsul bisa berjalan hingga 16-18 km/liter.

Tapi seperti yang disebutkan sebelumnya, teknologi yang disematkan pada Kijang Kapsul memang tidak secanggih model keluaran tahun 2010 ke atas. Tapi harganya sangat terjangkau. Dimana mobil ini sudah bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp50 jutaan saja.

Pastikan untuk mengecek kondisi mobil dengan teliti, apalagi untuk model berumur lebih dari 10 tahun. Jangan lupa lakukan test drive untuk mengetahui apakah ada masalah yang tak terlihat, seperti mesin dan transmisi dengan bunyi aneh atau suspensi yang tak lagi empuk.

Selain itu, pastikan untuk beli mobil bekas di dealer maupun website terpercaya guna menghindari penipuan yang tak diinginkan. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK.WCC

White Car Community Rayakan Satu Dekade 

👤RO 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:23 WIB
WWC menyempatkan diri melakukan kegiatan charity berupa penggalangan dana santunan yang akan diserahkan kepada YPAC (Yayasan Pembinaan Anak...
Dok. The Biker Shop

Gelar Community Gathering, The Biker Shop Hadiahkan Motor SYM GTs 250i

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:00 WIB
Risa mengaku tidak menyangka akan mendapatkan hadiah sepeda motor pada acara yang dihadiri oleh komunitas motor se-Jakarta, Bogor, Depok,...
SIS

Manfaat Penambahan Coating Cat Mobil

👤RO 🕔Rabu 07 Desember 2022, 21:50 WIB
Bahan yang digunakan merupakan lapisan khusus berupa ceramic coating yang terdiri dari campuran silikon dioksida, polysilazane dan bahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya