Selasa 02 Agustus 2022, 09:58 WIB

GIIAS Talk Kampanyekan Elektrifikasi Kendaraan kepada Komunitas  

RO | Otomotif
GIIAS Talk Kampanyekan Elektrifikasi Kendaraan kepada Komunitas  

MI/NURTJAHYADI
.

 

MENYONGSONG penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada 11-21 Agustus di ICE – BSD City, Tangerang, GIIAS mengadakan rangkaian kegiatan pre-event bertajuk GIIAS Educare dan GIIAS Talk.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (30/7) kali itu mengusung tema 'New Era of Electric Vehicles Experience' yang membahas elektrifikasi pada kendaraan. Talkshow yang didukung penuh oleh ALVA sebagai salah satu sponsor GIIAS 2022 ini mengajak para komunitas roda empat dan roda dua untuk mengenal elektrifikasi pada kendaraan lebih jauh dan dari berbagai sudut pandang.

Aries Aditya Putra dari channel Electric Mobility (Elmo) mengatakan bahwa kendaraan listrik memiliki banyak keuntungan, mulai dari konsumsi energi yang lebih murah, pajak kendaraan, bebas emisi serta program ganjil genap dan juga perawatan pada kendaraan listrik yang lebih murah.

“Bisa dibayangkan pada mobil listrik yang harganya 800 jutaan, pajak tahunannya hanya sekitar 1,1 jutaan karena masih mendapatkan insentif dari pemerintah. Begitu juga dengan motor listrik, pajaknya hanya sekitar Rp50.000 dalam satu tahun,” tutur Aries yang menjadi salah satu narasumber di GIIAS Talk yang digelar di Cibis Park, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (30/7).

Hal senada diungkapkan oleh narasumber lainnya, yaitu Managing Director Ilectra Motor Group Rainier Haryanto. Menurutnya, penggunaan motor listrik dapat menghemat Rp400 – 500 ribu per bulan dibandingkan dengan menggunakan motor ICE (Internal Combustion Engine). Ilectra Motor Group sebagai pemegang merek Alva, menyatakan siap dan berkomitmen untuk mulai mencoba di dunia elektirifikasi. 

“Kami ingin berkontribusi dalam upaya penurunan emisi gas buang di Indonesia. Oleh sebab itu, pada tahap pertama ini fokus kami adalah dengan memasarkan kendaraan listrik roda dua,” ungkap Rainier. “Dibentuknya Ilectra Motor Group berfokus untuk menjaga solusi mobilitas dengan produk pertamanya adalah di kendaraan roda dua. Nanti di GIIAS dapat dilihat kendaraan motor listrik yang lebih mirip seperti maxi scooter dengan torsi mendekati 44,5 Nm atau setara dengan motor berkapasitas 150 cc,” imbuhnya.

Di ajang yang diadakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) nanti, diikuti 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang diantaranya akan membawa kendaraan listrik mereka, yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Fuso dan UD Trucks. 

Di segmen roda dua ada Alva, Honda, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto. Selain itu, ada lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir; Adiputro, Laksana, dan Tentrem. 

Rangkaian GIIAS 2022 the Series akan dimulai pada 11-21 Agustus 2022 di BSD City, Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan penyelenggaraan GIIAS Surabaya pada 14 – 18 September 2022 di Grand City Convex, lalu GIIAS Medan pada 5 – 9 Oktober 2022 di Santika Premier Hotel and Convention, serta GIIAS Makassar pada 16 – 20 November 2022 di Celebes Convention Center. (S-4)

Baca Juga

Royal Enfield

Royal Enfield Hunter 350 Debut di Thailand

👤RO 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:24 WIB
Royal Enfield Hunter 350 mengusung desain old school dan tetap mempertahankan DNA esensial Royal Enfield yang memancarkan gaya...
Auto2000

Hindari Penggunaan Shampo Rambut untuk Air Pembersih Kaca Mobil

👤RO 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 20:13 WIB
Kita tidak dapat mengetahui kandungan zat lain di dalam shampo yang juga dikhawatirkan dapat bermasalah kalau terkena kaca mobil atau karet...
kia.com

Kia Corp di Rusia Tarik 105 Ribu Mobil Rio

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 07:10 WIB
Kia Rio ditarik karena kemungkinan kerusakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya