Kamis 12 Mei 2022, 18:43 WIB

Tips Pemeriksaan Komponen Mobil Usai Mudik dari Suzuki 

RO | Otomotif
Tips Pemeriksaan Komponen Mobil Usai Mudik dari Suzuki 

SIS
.

 

SETELAH mudik di kampung halaman maupun liburan lebaran, pemilik kendaraan disarankan melakukan pemeriksaan mobil secara keseluruhan. Pemeriksaan mobil usai perjalanan jauh tentu akan berbeda dengan yang digunakan sehari-hari. 

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa agar mobil tetap optimal digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Pemeriksaan dapat dilakukan secara mandiri atau datang ke bengkel-bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Menurut Sparepart Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Christiana Yuwantie, khusus kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jauh, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kondisi mobil agar kinerjanya tetap optimal. Bagian suku cadang yang perlu diperiksa diantaranya adalah:

Filter Oli dan Oli Mesin
Pengendara harus memperhatikan jadwal rutin pengecekan oli mesin dan filter oli. Lihat kekentalan oli melalui stik oli untuk meyakinkan kondisi oli mesin. Penggantian oli mesin dan filter oli dianjurkan dilakukan pada 1.000  km pertama, dan melakukan pemeriksaan rutin setiap 10.000 km. 

Busi
Busi memiliki peran penting sehingga pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan kondisinya. Penggantian busi dianjurkan setiap 20.000 kilometer untuk memberikan pembakaran yang sempurna sehingga mobil dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Filter Udara
Pemilik kendaraan juga harus memeriksa filter udara dan menggantinya bila sudah mencapai batas waktu pemakaian. Kondisi lingkungan dan jalan saat perjalan jauh akan berbeda dengan jalur mobilitas sehari-hari.  Lakukan pembersihan filter udara setiap 10.000 km. Penggantian filter udara dapat dilakukan setiap 40.000 km.

Kampas Rem
Usai menempuh perjalanan jauh yang disertai kemacetan maupun kecepatan tinggi dalam waktu lama, atau melakukan braking dengan frekuensi lebih sering, pemeriksaan kampas rem menjadi suatu keharusan. Penggantian kampas rem umumnya dilakukan pada 50.000 sampai 105.000 kilometer atau periode pemakaian sekitar selama 3 tahun. 

Ban
Perjalanan jauh disertai muatan penuh membuat kerja ban lebih berat. Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Sesuaikan kondisi tekanan angin ban. Segera ganti ban apabila kondisinya sudah aus. Selain itu, ada baiknya memeriksa keselarasan roda (spooring) dan balancing.

Aki
Pemilik mobil dianjurkan untuk selalu melakukan pemeriksaan dan penggantian aki secara rutin setiap 1 sampai 2 tahun sekali. Jangan tunggu sampai aki habis dan mobil mogok. 

Karet Wiper
Setelah melakukan perjalanan jauh, mobil mungkin saja sering terkena hujan dan terik matahari. Untuk itu, pemilik kendaraan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian karet wiper setiap 2 tahun sekali.

“Mengganti suku cadang resmi yang dirancang khusus untuk kendaraan Suzuki merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan pemilik kendaraan agar umur pakai kendaraan lama, kinerja mesin baik, dan terhindar dari potensi kerusakan di tengah jalan. Selain pembelian langsung di bengkel resmi Suzuki, konsumen juga dapat membeli suku cadang secara daring di aplikasi MySuzuki,” tutup Christiana Yuwantie, Kamis (12/5). (S-4)

Baca Juga

EMLI

Pembalap Federal Oil Enea Bastianini Rebut Podium Utama di GP Prancis

👤RO 🕔Senin 16 Mei 2022, 17:20 WIB
Enea Bastianini berhasil memenangkan balapan di MotoGP Prancis 2022, Minggu, (15/5), setelah start dari posisi...
SIS

Mengenal Teknologi Suzuki Smart Hybrid

👤RO 🕔Minggu 15 Mei 2022, 23:18 WIB
Dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid juga menandakan langkah awal Suzuki di Indonesia untuk membantu Pemerintah mewujudkan target...
AHM

AHM OIL Hadir dengan Kemasan Baru

👤RO 🕔Minggu 15 Mei 2022, 22:43 WIB
Keamanan juga menjadi poin utama. Tutup botol hanya bisa dipakai satu kali dan rusak ketika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya