Selasa 22 Maret 2022, 19:35 WIB

Harga Minyak Dunia Naik, Bardahl Siapkan Aditif BBM Kendaraan

RO | Otomotif
Harga Minyak Dunia Naik, Bardahl Siapkan Aditif BBM Kendaraan

Bardahl Indonesia
.

 

TREN kenaikan harga minyak mentah dunia yang menembus level US$ 100 per barel sejak awal Maret 2022 berdampak pada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Semakin tinggi angka oktan bensin (research octane number/RON) dan cetane number (CN) pada solar, semakin tinggi juga harganya.

Padahal para pembuat kendaraan saat ini dituntut untuk dapat menciptakan mesin yang lebih ramah lingkungan dengan diterapkannya standar emisi gas buang yang semakin ketat. Sementara untuk memenuhi persyaratan itu, harus didukung oleh bahan bakar berkualitas.

Vice President Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto menjelaskan, BBM dengan angka octane dan cetane rendah dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin kendaraan, emisi gas buang tinggi, knocking, bahkan dapat merusak mesin untuk pemakaian yang lama, dan dapat mengganggu emission control system yang membuat kadar emisi gas buang menjadi tinggi. 

"Sebagai merek yang sudah berusia lebih dari 80 tahun dengan kekuatan teknologi dan inovasi, Bardahl Octane Booster diformulasikan untuk meningkatkan oktan pada BBM hingga 3 poin dan memaksimalkan performa mesin kendaraan. Fuel additives Bardahl terbukti menjadi solusi untuk menjaga keawetan sekaligus meningkatkan performa mesin kendaraan," ungkap Pudjijarto melalui siaran resminya, Senin (21/3).

Menurut Pudjijarto, jenis BBM bensin di Indonesia cukup beragam, yaitu RON 88, RON 89, RON 90, RON 92, dan RON 98. Misalnya BBM RON 90 (sekelas Pertalite), kemudian ditambah dengan Bardahl Octane Booster, maka angka RON akan meningkat menjadi 93 (di atas Pertamax tapi masih di bawah Pertamax Plus),  

Aditif BBM Bardahl sendiri tersedia dalam dua pilihan. Bardahl Octane Booster untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan Bardahl DFC with Cetane untuk kendaraan berbahan bakar solar. Penggunaannya pun cukup mudah. Satu botol cukup untuk dicampur dengan 60 liter BBM.

"Peningkatan kadar oktan dan cetane dalam BBM melalui fuel additives ini, turut berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon dari kendaraan, seperti hidrokarbon, CO, dan NO2," tutupnya.

Bardahl Additives & Lubricants merupakan merek asal Amerika Serikat yang sudah hadir sejak 1939. Produk Bardahl menggunakan teknologi tinggi berstandar militer dan menjadi mitra resmi tim balap internasional. Diantaranya dengan mendukung tim balap internasional di kelas MotoGP dan Moto2, yaitu Mooney VR46 Racing Team milik Valentino Rossi. (S-4)

Baca Juga

Antara

Honda Tegaskan tidak Suntik Mati Mobilio

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:00 WIB
Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menegaskan perusahaan tidak "menyuntik...
NMAA

Gelaran Road to Series IMX 2022 ke-4 SIap Menyapa Warga Medan

👤RO 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:39 WIB
Gelaran Road to Series IMX 2022 ke-4 ini diproyeksikan untuk menjalin kembali sinergitas para car enthusiast di Kota Medan dan sekitarnya...
OLX Autos

Pasar Mobkas Membaik, OLX Autos Beri Jaminan Lewat Kampanye #PilihYangPasti 

👤RO 🕔Rabu 25 Mei 2022, 22:37 WIB
Melalui campaign #PilihYangPasti, OLX Autos memberikan jaminan kepastian bagi pelanggan yang membutuhkan layanan yang aman, nyaman, cepat,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya