Kamis 13 Januari 2022, 22:15 WIB

Jelang Penerapan Euro 4, UD Trucks Siapkan Teknologi SCR dan AdBlue

RO | Otomotif
Jelang Penerapan Euro 4, UD Trucks Siapkan Teknologi SCR dan AdBlue

UD TRUCKS INDONESIA
.

 

UD Trucks memastikan dukungannya dalam kebijakan penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia tahun ini oleh pemerintah. Sebagai salah satu cara untuk mendukung kesiapan penerapannya, UD Trucks mengadakan acara bedah teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) bersama para pakar dari UD Trucks.

Sejak penerapan peraturan baru gas buang jangka panjang yang paling ketat di dunia untuk semua kendaraan diesel setelah tahun 2005 di Jepang, UD Trucks mengembangkan sistem pengolahan gas buang melalui katalis canggih yang dikenal sebagai sistem SCR urea pertama di dunia untuk truk. Sistem ini pertama kali diaplikasikan pada Quon pada 2004 silam.

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun menggunakan SCR, penerapan standar emisi Euro 4 yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4 menjadi ajang pembuktian ketangguhan dan efisiensi mesin UD Trucks serta kemampuannya dalam mengurangi gas buang berbahaya dari hasil pembakaran mesin diesel.

“Kami di UD Trucks berkomitmen untuk selalu mendukung program pemerintah, khususnya dalam pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap keberlanjutan di Indonesia. Seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi kami serta diler dan aftermarket kami telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program pengembangannya”, ujar Vice President UD Trucks Indonesia Aloysius Chrisnoadhi.

Teknologi SCR merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida (NOx) dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran. Dengan meningkatkan tekanan injeksi menciptakan pembakaran yang sempurna sehingga mengurangi partikel sisa secara signifikan. Berikutnya NOx akan diolah dengan menggunakan katalis yang berasal dari urea atau dikenal dengan nama AdBlue.

“Jadi teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue, dimana sistem SCR menyuntikan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. AdBlue sendiri merupakan cairan yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun”, lanjut Chrisnoadhi.

Chrisnoadhi menambahkan bahwa selain mempersiapkan unit baru dengan teknologi SCR dan Adblue, UD Trucks Indonesia juga telah mempersiapkan berbagai sarana pendukung lainnya dalam menyambut kebijakan penerapan Euro 4, khususnya bagi para pelanggan.

Manfaat penggunaan teknologi SCR ini bagi para pelanggan berupa interval servis yang lebih lama, sehingga kendaraan lebih banyak digunakan untuk keperluan bisnis dan tidak ada waktu yang terbuang untuk pemberhentian yang tidak direncanakan. Teknologi SCR dapat mengurasi gas NOx hingga 90% sekaligus mengurangi gas HC dan CO hingga 50-90%.

UD Trucks sebagai salah satu pemain dalam industri transportasi memiliki tanggung jawab untuk menyediakan operasional non-stop yang berkelanjutan menuju hidup yang lebih baik untuk para pelanggan, masyarakat dan lingkungan. (S-4)

Baca Juga

Volkswagen AG

GMM Ungkap Rencana Luncurkan Golf dan 'Baby Tiguan' di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:12 WIB
GMM sejak lama berencana untuk meluncurkan Golf. Namun rencana tersebut selalu terkendala oleh kualitas bahan bakar di...
AHM

Ekspor Motor Honda Indonesia Terus Mencatat Kenaikan

👤RO 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:41 WIB
Sebanyak 392.829 unit sepeda motor Honda berhasil diekspor dalam bentuk Completely Build Up (CBU) sepanjang tahun...
ADM

Daihatsu Terios 7 Wonders Kembali Eksplorasi Keindahan Nusantara

👤RO 🕔Kamis 20 Januari 2022, 15:51 WIB
Petualangan ala Daihatsu kali ini berlangsung di Kalimantan Timur bertajuk 'New Capital Exploration' pada 19 – 21 Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya