Selasa 09 November 2021, 11:45 WIB

Ini Tips Agar tidak Mengantuk Selama Berkendara

Sofia | Otomotif
Ini Tips Agar tidak Mengantuk Selama Berkendara

freepik.com
Ilustrasi mengantuk

 

MENGANTUK saat berkendara bisa berakibat fatal. Anda bisa mengalami kecelakaan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan ngantuk yang dapat Anda coba lakukan. Dengan demikian, aktivitas Anda sehari-hari tidak akan terganggu. 

Baca juga: Perhatikan Kecepatan Mobil saat Bersama Keluarga

Rasa ngantuk bisa muncul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja, atau bahkan saat mengendarai kendaraan. Kondisi ini sering kali disertai dengan gejala sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi.

Nah ada beberapa cara agar tidak mengantuk saat berkendara 

1. Minum kopi

Kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, minuman ini dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat.

Sehingga, jangan heran jika setelah minum kopi, banyak orang yang akan merasa fokus serta kemampuan berpikirnya meningkat. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

2. Tidak menyantap makan siang yang terlalu berat 

Makan terlalu banyak dan berat saat makan siang juga bisa membuat mengantuk. Jadi, saat makan siang, dibanding nasi padang, sebaiknya pilih asupan yang lebih ringan yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan.

3. Mendengarkan musik yang ceria

Salah satu hal yang membuat rasa kantuk menyerang adalah sunyinya suasana ruang kerja. Sehingga, salah satu cara mengusir rasa ngantuk yang efektif adalah dengan mendengarkan musik yang ceria dan bertempo cepat. Musik tersebut bisa membangunkan otak.

4.Mencuci muka 

Apabila sudah benar-benar mengantuk, kita bisa menyiramkan sedikit air ke wajah, terutama air dingin. Suhu dingin yang menyentuh wajah, efektif menghilangkan rasa ngantuk.

5.Minum air putih

Agar tidak mengantuk, kita perlu mencukupi kebutuhan cairan. Sebab, dehidrasi bisa membuat otak kehilangan fokusnya dan membuat mengantuk. 

Minum air putih yang banyak juga akan menimbulkan keinginan buang air kecil, sehingga kita mau tidak mau bangkit dari kursi dan berjalan ke kamar kecil. Dengan demikian, kantuk pun akan hilang. (OL-1)

Baca Juga

MI/NURTJAHYADI

Toyota Kembali Dukung Seminar Nasional 100 Tahun Industri Otomotif Indonesia di ITB

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 19:58 WIB
Toyota Indonesia berkomitmen untuk menyediakan semua teknologi elektrifikasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan menyediakan beragam...
dok. Hyundai Motors

Hyundai Motors Indonesia Raih Penghargaan Car of The Year dari GridOto Award 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 18:06 WIB
Hyundai Motors Indonesia mendapat penghargaan untuk Hyundai STARGAZER sebagai Car of The Year dan The Best Small...
DOK.HPM

PT HPM Mulai Produksi Massal Honda WR-V di Indonesia

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 01 Desember 2022, 18:40 WIB
Honda WR-V hadir melengkapi lini SUV Honda yang sebelumnya telah sukses dengan model seperti New Honda CR-V, All New Honda HR-V, dan All...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya