Kamis 21 Oktober 2021, 20:26 WIB

Bercanda dengan G-Force Bersama Toyota GR Yaris

mediaindonesia.com | Otomotif
 

PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada Kamis (21/10) mengajak sejumlah jurnalis ke Edutown BSD, Tangerang Banten untuk memberikan kesempatan merasakan langsung dua mobil sport Toyota Gazoo Racing (GR), yaitu GR Yaris dan GR Supra. Bagi awak media, ini merupakan kesempatan emas, terutama untuk model GR Yaris.

Secara teori, GR Yaris sejatinya bukan mobil reguler. Ia 'terpaksa' hadir sebagai syarat untuk memenuhi homologasi FIA World Rally Championship (WRC), dimana mobil-mobil yang digunakan berkompetisi harus merupakan mobil produksi massal dalam jumlah tertentu. 

Untuk memenuhi syarat itu, mobil hatchback dua pintu ini pun 'terpaksa' dibuat massal sebanyak 25 ribu unit secara global, dan Toyota Indonesia sendiri hanya mendapat 'kuota' sebanyak 126 unit dalam dua pilihan warna yaitu merah dan putih.

Bercanda dengan G-force

Tahap awal, setiap awak media diajak menikmati aksi slalom dan drifting di dalam GR Yaris sebagai penumpang dipiloti oleh pembalap Toyota Team Indonesia (TTI). Aksi zig-zag lalu berputar lebih dari 360 derajat tak ayal membuat awak media merasakan kuatnya candaan G-force diwarnai sensasi derasnya adrenalin di pembuluh darah.

"Bagaimana?" tanya Demas Agil kepada Media usai melakukan aksinya. Pembalap TTI yang juga merupakan drifter nasional kebanggan Indonesia itu pun memberikan beberapa instruksi sebelum menyerahkan roda kemudi kepada Media.

"Ini mobil pure Toyota dari segala aspek," imbuh Demas. Ia juga mengaku sangat terkesan dengan GR Yaris dan ia sangat gembira bisa menjadi salah satu pemilik mobil istimewa tersebut. Ia pun memberi aba-aba untuk bersiap.

Ketegangan pun dimulai. Saat melepas pedal kopling, mobil bertransmisi manual 6 percepatan itu beringsut cepat. Masuk ke gigi dua, dan sebuah rubber cone yang tidak bersalah pun kami hajar saat roda setir ditekuk ke kiri akibat terlalu kencang. Kami tidak menyangka performa mesin tiga silinder G16E-GTS 1.600 cc turbocharger ini begitu beringasnya.

Di atas kertas, mesinnya memiliki output 268 hp dikombinasi torsi 370 Nm. Mungkin ini tidak masuk kategori tenaga monster. Tapi saat disandingkan dengan bodi GR Yaris yang kompak, menjadi lain ceritanya.

Sebelum sempat terbiasa, Media merasakan dua keistimewaan yang tidak bisa didebat. Pertama, kemampuan dan karakter handling-nya yang luar biasa. Pasalnya GR Yaris dilengkapi sistem penggerak all-wheel-drive (AWD) GR-Four yang memungkinkan pengemudi memperbesar pendistribusian tenaga di roda depan, roda belakang, atau membaginya dengan seimbang.

Kedua, performa remnya yang tak kalah asyik, bermodalkan cakram depan berdiameter 356 mm yang dijepit oleh 4 pot fixed calliper, dan caram belakang 297 mm dikombinasi 2 pot fixed calliper, yang membuat pengemudi tidak khawatir mengendalikan tenaga mesinnya yang brutal.

Selain spesifikasinya yang ''tidak umum', keterbatasan produksinya juga membuat kendaraan ini begitu istimewa. Wajar jika mobil ini menjadi rebutan di Indonesia oleh beberapa golongan masyarakat, mulai dari pembalap/pereli, pejabat, kolektor maupun penghobi otomotif.

Menurut Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, GR Yaris sendiri dibanderol dengan harga on the road di angka Rp850 jutaan, dan unitnya sudah ludes terjual. Diharapkan seluruh pemesan sudah bisa menerima kendaraannya di akhir tahun ini. "Pengiriman akan dilakukan secara bertahap hingga seluruh unit tiba di tangan konsumen," tutupnya.

Baca Juga

Mercedes-Benz

Truk Mercedes-Benz Axor Bogor Siap Penuhi Standar Emisi Euro 4

👤RO 🕔Rabu 08 Desember 2021, 22:06 WIB
Mercedes-Benz Axor berstandar Euro 4 rakitan pabrik Wanaherang  memperkenalkan beberapa pembaharuan dari segi eksterior, interior,...
MI/NURTJAHYADI

Penjualan All New Veloz Kini Lebih Laris dari All New Avanza

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:56 WIB
Toyota Veloz tidak lagi berada di bawah lini Avanza, melainkan telah menjadi model yang terpisah dan lebih...
MI/NURTJAHYADI

GIIAS Surabaya 2021 Dibuka Rabu 8 Desember

👤RO 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:54 WIB
Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya selalu menjadi agenda industri otomotif Indonesia untuk memperkenalkan model dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya