Rabu 28 Juli 2021, 19:18 WIB

Tips Auto2000 Mencegah Mobil Terbakar Sendiri

mediaindonesia.com | Otomotif
Tips Auto2000 Mencegah Mobil Terbakar Sendiri

Auto2000
.

 

Auto2000 mengungkapkan bahwa kebakaran mobil bisa terjadi bila pemilik mengabaikan beberapa hal. Oleh karena itu Diler Toyota terbesar ini mengimbau pengguna Toyota untuk memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari kejadian yang sangat merugikan tersebut.

1. Tidak melakukan modifikasi kelistrikan

Pabrikan kendaraan telah memperhitungkan kebutuhan daya listrik dan sistem yang digunakan agar dapat tersalur dengan baik dan aman dalam jangka waktu lama. Adanya kebutuhan tertentu, memaksa konsumen mengubah sistem kelistrikan mobil.

Sayangnya, proses modifikasi dilakukan tanpa perhitungan yang matang dan mengabaikan aspek keamanan. Mulai dari penyambungan yang sembarang, penggunaan ukuran kabel yang tidak sesuai, hingga penambahan instalasi tanpa melengkapi sekring pengaman.

Sebelum melakukan modifikasi kelistrikan, pertimbangkan secara matang das sebaiknya diskusikan dengan petugas bengkel Auto2000. Pasalnya, modifikasi pada tingkat tertentu dapat menyebabkan garansi gugur.

2. Hindari menyimpan benda mudah terbakar di dalam mobil

Jangan menyimpan benda yang mudah terbakar di dalam kabin mobil, seperti bensin, tiner, parfum cair, atau korek api gas yang sangat mudah memicu timbulnya kebakaran saat berada di ruang tertutup dalam suhu yang tinggi.

Hal ini berlaku juga untuk ponsel yang sedang di-charge menggunakan power bank lantaran panas yang ditimbulkan bisa memicu permukaan kain atau plastik terbakar.

3. Hindari meninggalkan benda mudah terbakar dalam ruang mesin

Saat usai mencuci atau memebersihkan mobil, periksa kembali ruang mesin untuk memastikan tidak ada kain lap atau tisu yang tertinggal. Benda tersebut mudah sekali terbakar bila terkena sumber panas seperti pipa knalpot.

4. Periksa adanya kebocoran bahan bakar dan oli mesin

Untuk mengetahui kebocoran bahan bakar, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara visual serta indera penciuman, dan segera perbaiki untuk mencegah hal yang lebih buruk.

Seperti bahan bakar, tetesan oli mesin juga dapat terbakar bila mengenai benda panas seperti pipa knalpot. Pastikan rutin memeriksa adanya kebocoran secara visual.
 
5. Jangan parkir dekat sumber api

Tanpa sadar, AutoFamily terkadang parkir di dekat sumber api seperti tempat sampah. Pembakaran sampah menimbulkan bara api sisa pembakaran yang berpotensi terbang dan mengenai bagian mobil yang rentan terhadap panas.

Mesin yang masih panas juga berisiko terbakar bila terkena sampah plastik yang terbang terbawa angin. Oleh sebab itu, saat berhenti pastikan dulu mobil aman dari sumber panas.

6. Jangan abaikan tanda peringatan pada panel indikator

Panel indikator berfungsi sebagai penanda adanya masalah di mobil. Ketika indikator suhu mesin naik, artinya ada masalah pada mesin mobil. Segera hentikan kendaraan dan periksa untuk menghindari masalah yang lebih besar. Hubungi tim Emergency Road Assistance (ERA) atau bengkel Auto2000 untuk penyelesaian masalah

7. Melengkapi mobil dengan Alat Pemadam Api Ringan

Terkait jenis dan penempatan APAR bisa dikonsultasikan dengan petugas bengkel Auto2000, termasuk mempelajari cara mengoperasikannya. Sebagian informasi, mobil-mobil baru Toyota saat ini sudah dilengkapi APAR.

8. Servis berkala di bengkel Auto2000

Saat dilakukan servis berkala, area mesin juga dicek untuk melihat risiko kebocoran dan kerusakan sistem oli, bahan bakar, dan kelistrikan. Termasuk memberikan saran perbaikan jika petugas Auto2000 menemukan adanya potensi masalah yang dapat memicu mobil terbakar.

"Tentu tidak ada yang mau jika mobil kesayangan mengalami kebakaran di jalan. Untuk mencegahnya, lakukan perawatan kendaraan dengan menjalankan servis berkala di bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service dan segera manfaatkan promo spesial hanya di Auto2000 Digiroom,” terang Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Rabu (28/7). (S-4)

Baca Juga

HPM

Jelang Seri III ITC 2021 Alvin dan Avila Bahar Kuasai Klasemen

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 22:01 WIB
Pada hari yang sama, digelar pula putaran ketiga dari One Make Race Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Brio Speed Challenge...
ASTRA

Astra Gelar Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 14:41 WIB
Program ini diinisiasi sebagai wujud kepedulian Astra dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berperilaku aman...
Honda

Fitur Kolaborasi Honda-Google Meluncur Tahun Depan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 13:48 WIB
Honda dan Google telah berkolaborasi sejak 2015 dengan industri otomotif yang lebih luas untuk memperkenalkan platform Android ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya