Kamis 17 Juni 2021, 20:19 WIB

Diskon Pajak Dongkrak Penjualan Daihatsu 37%

RO | Otomotif
Diskon Pajak Dongkrak Penjualan Daihatsu 37%

ADM
.

 

Sebagai upaya menggairahkan kembali pasar otomotif Indonesia di tengah kondisi pandemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, pemerintah telah mengimplementasikan program diskon pajak secara bertahap sejak Maret 2021. Pemerintah juga menambah periode diskon pajak sebesar 100% dari yang sebelumnya hingga Mei 2021, diperpanjang hingga Agustus 2021.

Dukungan dari pemerintah untuk menstimulus penjualan otomotif nasional ini direspons positif oleh pasar dengan kenaikan signifikan. Rata-rata penjualan ritel Januari–Februari 2021 mencapai sekitar 51 ribu unit per-bulan. Angka tersebut naik signifikan sebesar 46% menjadi sekitar 74 ribu per-bulannya setelah diterapkan relaksasi PPnBM pada Maret–Mei 2021.

Dalam jumpa pers yang digelar secara virtual pada Kamis (17/6), diungkapkan bahwa dampak positif tersbut juga dirasakan oleh Daihatsu. Penjualan ritel Daihatsu rata-rata sebelum penerapan diskon pajak (Januari–Februari 2021) sekitar 9 ribu unit per-bulan, naik sekitar 37% menjadi sekitar 12 ribu per-bulan setelah implementasi diskon pajak (Maret–Mei 2021).

Ada lima model Daihatsu yang menikmati diskon pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus, dan Rocky. Hingga Mei 2021, penjualan ritel dari ke-5 model, kecuali Rocky karena emang baru diluncurkan akhir April 2021, mengalami kenaikan total rata-rata sebesar 63% per-bulannya pasca implementasi diskon pajak. Adapun, persentase kenaikan permintaan per-modelnya adalah Luxio 104%, Terios 75%, Gran Max Mini Bus 51%, dan Xenia sebesar 37%.

Dampak positif juga dirasakan pada model non-relaksasi Daihatsu dengan kenaikan penjualan ritel total rata-rata sebesar 26% per-bulannya pasca implementasi diskon pajak. Adapun 5 model Daihatsu non relaksasi yang juga mengalami kenaikan permintaan per-modelnya adalah Sirion 111%, Ayla 42%, Sigra 40%, Gran Max BV (Blind Van) 16%, dan Gran Max PU (Pick Up) 9%.

"Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17%. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungannya berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif," ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso. (S-4)

Baca Juga

AFP/John Macdougall.

Kala Produsen Mobil Dunia Bergegas ke Listrik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 13:13 WIB
Yang terbaru untuk mengungkap rencana ialah grup Jerman, Daimler, pembuat Mercedes Benz dan mobil...
MI/Ramdani.

Evalube Raih kembali Indonesia Original Brand

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 01:55 WIB
Tahap riset ini mengacu beberapa aspek, antara lain tingkat pemberian rekomendasi, loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan terhadap...
Aston Martin

Supercar Hybrid Aston Martin Valhalla 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Juli 2021, 19:42 WIB
Saat ketiga sumber tenaga ini digabungkan, selain total outputnya mencapai 950 PS, juga membuatnya memiliki kemampuan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya