Senin 17 Mei 2021, 20:43 WIB

Honda Ajak Konsumen Cek Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

RO | Otomotif
Honda Ajak Konsumen Cek Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

HPM
.

 

Situasi pandemi yang masih belum bersahabat memaksa kita harus menahan diri untuk tidak keluar rumah. Meskipun demikian, bukan berarti mobil tidak butuh perhatian akibat jarang digunakan.

PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan tips ringan perawatan kendaraan untuk memanfaatkan waktu luang di rumah agar kendaraan selalu siap bila suatu saat dibutuhkan, tanpa harus ke bengkel. 

Radiator

Radiator menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat melakukan pemeriksaan kendaraan. Air radiator pada mobil harus dipastikan selalu dalam kondisi penuh sampai batas level. Air radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal dan mencegah terjadinya overheat. Selain itu, periksa bagian selang radiator dan selang penghubung ke reservoir, pastikan selang dalam kondisi tidak ada retak dan menggelembung.

Oli Mesin

Oli mesin juga menjadi salah satu bagian yang harus secara rutin dilakukan penggantian karena berfungsi untuk meringankan kinerja mesin mobil, dengan memberi pelumasan yang cukup untuk mengurangi gaya gesek antar komponen. Untuk mengecek kondisi oli, keluarkan stik oli (dipstick) dari wadahnya dan periksa level ketinggian oli di ujung stik. 

Pastikan level oli mesin berada diantara batas low dan full, dan juga perhatikan warnanya. Oli mesin yang masih bagus memiliki warna kecoklatan, sedangkan oli yang sudah lama digunakan cenderung berwarna agak hitam pekat. Penggantian oli mesin harus dipastikan sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.

Ban Mobil

Keempat ban mobil juga harus dipastikan kondisinya, pastikan bahwa permukaannya tidak gundul dan tidak retak atau pun benjol. Tread Wear Indicator (TWI) berupa garis pembatas yang ada di sela-sela ulir ban pun juga harus diperhatikan. Apabila permukaan ban sudah sejajar ketebalannya dengan garis TWI, berarti ban sudah harus diganti. Tekanan angin juga harus dijaga agar sesuai anjuran.

Wiper

Selanjutnya adalah pemeriksaan kondisi wiper mobil. Pastikan permukaan karet wiper dalam kondisi tidak retak, sobek dan masih mampu membersihkan kaca mobil secara optimal. Tabung air wiper di dalam kap mesin juga dapat diisi dengan cairan khusus pembersih wiper. Kondisi wiper yang baik dapat membuat pengendara semakin merasa nyaman dan aman untuk berkendara dalam cuaca apapun. (S-4)

Baca Juga

Auto2000

Mengoptimalkan Penggunaan Peta Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 20:01 WIB
Agar tidak menemui kejadian tersebut, Auto2000 mengingatkan beberapa langkah yang harus dijalankan ketika menggunakan peta...
ADM

Periode Januari-Mei 2021 Daihatsu Jual 54 Ribu Mobil

👤RO 🕔Selasa 15 Juni 2021, 18:56 WIB
Pencapaian tersebut membuat Daihatsu tetap berada di peringkat kedua penjualan otomotif nasional dengan market share sebesar 17% untuk...
NGK Busi Indonesia

NGK Indonesia Jadi Distributor Resmi Rantai DID

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 18:38 WIB
NGK Busi Indonesia ingin terus mengembangkan sayap untuk dapat menjadi spesialis aftermarket automotive brands supplier berkualitas di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya