Minggu 09 Mei 2021, 19:34 WIB

Cara Meredam Bising Blower Atas Toyota Calya  

mediaindonesia.com | Otomotif
 

Tidak sedikit para pemilik Toyota Calya generasi pertama yang mengeluhkan bisingnya suara blower atas yang membuat penumpang di bagian depan terganggu. Pasalnya posisi blower ini memang berada dekat dengan telinga.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang anggota Klub Toyota Calya Indonesia (KTCI) yang akrab disapa om Aliem. Karena deru angin tersebut menurutnya sangat mengganggu kenyamanan terutama ketika sedang menikmati musik di perjalanan.

Blower ini fungsinya seperti exhaust fan yang berfungsi menghisap udara dari depan untuk kemudian dialirkan ke bagian belakang. Gunanya agar udara sejuk AC di bagian depan menyebar merata ke bagian belakang dengan lebih cepat.

Setelah dianalisa, suara bising yang dihasilkan itu akibat oleh desain blower  yang sangat 'terbuka'. Setelah melakukan berbagai cara, akhirnya Aliem menemukan cara yang cukup jitu, dan ia dengan antusias ingin membagikan tips & trick untuk menghilangkan masalah tersebut.

Sebelum mempraktikan, om Aliem menyarankan untuk mempersiapkan bahan yang akan digunakan yaitu, lakban/selotip transparan, dan spons. Untuk spons menurut Aliem, usahakan yang memiliki pori-pori kasar yang tujuannya agar udara lebih mudah mengalir dengan lancar karena spons tersebut berfungsi seperti filter udara. Sebaiknya, gunakan spons pencuci piring atau spons untuk mencuci mobil yang banyak dijual di toko-toko swalayan dan aksesoris kendaraan.   

Langkah selanjutnya adalah mencabut cover blower bagian belakang yang posisinya sejajar dengan jok depan, lalu bersihkan. Setelah itu tutup sebagian sisinya dengan selotip transparan yang sudah disiapkan. "ingat ya, ditutupnya hanya sebagian, jagan ditutup seluruhnya," wanti Aliem. Penggunaan selotip transparan dimaksudkan agar keberadaan selotip tersebut tersamarkan sehingga tidak mengganggu pemandangan.

Mumpung sudah kadung dibongkar, bersihkan juga kipas bagian dalam menggunakan lap basah/chamois lalu keringkan.

Setelah itu ambil spons lalu potong sesuai dengan pola lubang blower lalu letakkan di dalam lubang, kemudian kembalikan/pasang cover blower tersebut pada tempatnya. Nyalakan blower tersebut dan nikmati hasilnya.

Menurut Aliem, cara ini memang tidak 100% menghilangkan kebisingan yang ditimbulkan oleh blower, tapi setidaknya mampu mengurangi kebisingan secara signifikan. Kiat ini juga bisa diterapkan pada Toyota Calya facelift, sementara pada Calya generasi kedua desainnya sudah diubah untuk mengurangi kebisingan tersebut. (S-4)
 

Baca Juga

DFSK Indonesia

BBM DFSK Super Cab Mencapai 15,4 Km/Liter

👤RO 🕔Senin 21 Juni 2021, 19:14 WIB
Metode pengukurannya sendiri menggunakan teknik full to full, dan saat dilakukan penghitungan, konsumsi BBM DFSK Super 1.5L Gasoline ini...
NMAA

NMAA Siapkan Hadiah Mobil Modif IMX Pekanbaru

👤RO 🕔Senin 21 Juni 2021, 18:50 WIB
Kali ini IMX menggandeng salah satu YouTuber otomotif MotoMobi dalam memodifikasi Honda...
BMW Group Indonesia

BMW Luncurkan 430i Coupé dan Convertible

👤RO 🕔Minggu 20 Juni 2021, 22:00 WIB
New BMW 430i Coupe M Sports Pro ditawarkan dengan harga off the road Rp1,399 miliar, sedangkan New BMW 430i Convertible M Sport dibanderol...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya