Jumat 05 Maret 2021, 19:45 WIB

Sandiaga Uno Apresiasi Konsep Pameran IMX

RO | Otomotif
Sandiaga Uno Apresiasi Konsep Pameran IMX

NMAA
.

 

PANDEMI yang telah melanda Indonesia setahun belakangan ini memaksa dunia usaha memasuki masa-masa sulit, tak terkecuali industri otomotif dan modifikasi. 

Pandemi juga memaksa kita untuk beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru, salah satunya adalah pemanfaatan dunia digital secara maksimal. Karena itulah Indonesia Modification Expo (IMX) tahun lalu memanfaatkan konsep daring dan mendapat apresiasi positif dari para pecinta otomotif dan modifikasi. 

National Modification & Aftermarket Association selaku penggagas IMX pun mengubah cara pendekatan dengan para pelaku modifikasi dan aftermarket melalui kegiatan online. Sehingga industri modifikasi dan aftermarket dapat tetap bergairah.

NMAA melakukan Forum Group Discussion (FGD) pada Rabu, (3/3) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beserta segenap jajaran Kemenparekraf/Baparekraf melalui aplikasi pertemuan daring. 

FGD bertajuk 'Industri Aftermarket & Lifestyle', dengan sub topik 'Industri Modifikasi Indonesia di tengah Pandemi Covid-19' ini juga diikuti puluhan perwakilan komunitas mobil dalam wadah Indonesia Community (IC), para pemilik merek aftermarket lokal, influencer, dan juga media.

“Potensi industri otomotif dan aftermarket di Indonesia saat ini harus mampu menjawab tuntutan zaman. Sebab bagi khalayak Indonesia, expo modifikasi dianggap sebagai pengalaman baru. Sementara di Amerika Serikat atau Jepang, industri yang sama memiliki kegiatan eksebisi berusia kurang lebih 50 tahun,” kata Founder NMAA sekaligus IMX Project Director Andre Mulyadi selaku saat membuka diskusi.

Dengan diadakannya IMX sejak 2018 lalu, Indonesia memiliki expo modifikasi sendiri. Bahkan pada 2020 lalu gelaran IMX yang diadakan secara virtual mampu menghadirkan terobosan event otomotif virtual pertama di Indonesia. 

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku bangga terhadap pelaku industri otomotif dan modifikasi tanah air yang tidak pernah kehabisan ide untuk terus berkreasi menelurkan karya-karya terbaik meski dalam kondisi pandemi.

“Kita berupaya ke depan dapat menggelar event hybrid. Sebelumnya sudah ada diskusi dengan pihak terkait supaya dapat menggerakkan industri kreatif yang belakangan ini sedang dalam masa sulit. Lebih lanjut Kemenparekraf/Baparekraf mendorong pelaku event dalam menggelar acara dengan persentase 70% event murni dan sisanya hybrid. Langkah ini merupakan bagian dari adaptasi di masa pandemi,” jelas Sandiaga Uno.

Kondisi tersebut, diakui Sandi akan mulai digelar pada kuartal 3 atau 4 secara terbuka. Apalagi promosi sejumlah destinasi wisata super prioritas juga akan menggandeng penyelenggara event terutama di tempat wisata ikonik. Tidak menutup kemungkinan dari segi event akan berkolaborasi dengan gelaran IMX.  

“Saya pribadi terkesan cerita positif dan harapan kawan-kawan di industri otomotif dan modifikasi yang terdiri dari pelaku UKM kreatif. Karena itu, kami terus memotivasi para pelakunya sebagai pandemic winner di masa sulit saat ini,” tutur Sandiga. 

Supaya dapat saling mendukung, Sandiaga Uno juga terus mengupayakan keberlangsungan industri otomotif dan aftermarket usai menjawab tawaran para pegiat modifikasi dalam program automotive lifestyle tourism. Nantinya skema modifikasi dan aftermarket akan turut mempopulerkan  kelima destinasi super prioritas akan dengan menciptakan magnet modifikasi lifestyle dan heritage.

“Untuk mewujudkan kolaborasi ini, meliputi  industri otomotif,  aftermarket hingga lifestyle harus terus berinovasi. Selain itu mendorong kolaborasi dengan Kementerian Perindustrian supaya dapat meneruskan misi besar di industri ini,” tutup Sandi  (S-4)

Baca Juga

Innova Community

Komunitas Innova Gelar Kopdar Akbar di Padang Panjang

👤RO 🕔Minggu 11 April 2021, 23:30 WIB
Kopdar Akbar Sumatra ini adalah ajang silaturahmi IC setelah hampir satu tahun minim kegiatan karena...
toyota.astra.co.id

Kijang Innova Limited Edition Dibanderol Hampir Rp0,5 MiliarĀ 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 01:11 WIB
Toyota Kijang Innova Limited Edition edidi 50 tahun Toyota ini dibangun dari basis Kijang Innova Reborn varian V Luxury Gasoline AT...
Dok Joko Dolok

Silaturahmi MACI Jelang Ramadan

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 10 April 2021, 22:55 WIB
Ajang yang dihelat di Jak Food Container, Sunter, Jakarta Utara itu, memang dimaksudkan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi sesama...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya