Minggu 14 Februari 2021, 21:08 WIB

Hyundai Ciptakan Platform Mobil Robot Berkaki TIGER

mediaindonesia.com | Otomotif
 

Hyundai membuat banyak orang terbelalak saat perusahaan otomotif Korea itu mengumumkan mobil robot berjalan, Elevate yang memiliki roda yang terpasang pada keempat kakinya, yang memungkinkan kendaraan ini bergulir, melangkah, dan memanjat. Elevate juga mampu berjalan seperti mamalia dan laba-laba melewati berbagai jenis medan.

Tidak hanya dibuat untuk sebatas kendaraan konsep, Hyundai juga menegaskan keseriusannya dalam menggarap kendaraan ajaib ini dengan mengumumkan rencana untuk menciptakan sebuah divisi yang sama sekali baru New Horizons Studios. Divisi ini didirikan untuk fokus pada kombinasi pengembangan antara otomotif, robotika, kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI) dan industri penerbangan.

Saat ini New Horizons mengeluarkan detail proyek terbarunya, TIGER (Transforming Intelligent Ground Excursion Robot), yang menggunakan platform dari Elevate dan menggunakannya untuk dapat digunakan untuk misi jarak jauh maupun swakemudi. 

Jadi TIGER mengadaptasi sasis skateboard Elevate untuk tujuan misi tak berawak, dan berbobot ringan dengan struktur karbon komposit yang dirancang untuk dicetak 3D. 

Seperti pada Elevate, TIGER mempertahankan roda-roda pada kaki-kakinya, masing-masing kaki menawarkan enam derajat kebebasan dalam bergerak berkat kemampuan pinggul yang dapat berputar dan menekuk, lutut yang dapat menekuk, lutut yang dapat menekuk, sebuah roda yang dapat berbelok secara bebas.

Masing-masing roda juga dibekali dengan hub motor listrik yang mampu berputar pada dua arah. Ditambah adanya sensor dan komputasi on-board yang diperlukan untuk mengetahui kontur permukaan jalan.

Tidak seperti Elevate, TIGER tidak memiliki kabin di bagian atasnya. Sebagai gantinya, dipasanglah dudukan yang dirancang siap untuk ditumpangi oleh modul untuk misi apapun, seperti modul kargo, paket bantuan bencana, dan tandu. Atau bisa juga dipasang peralatan untuk keperluan pemetaan, hingga penyemaian.

Bahkan TIGER bisa dimanfaatkan untuk tugas-tugas atau misi berbahaya yang riskan untuk ditangani oleh manusia, seperti misi pada kebocoran nuklir, hingga misi luar angkasa di planet yang lingkungannya tidak bersahabat layaknya sebuah kendaraan rover luar angkasa.   

Hyundai juga dapat membuat perangkat ini dalam berbagai ukuran, sesuai dengan rencana misi atau tujuan kargo. Bahkan bisa juga dibangun agar dapat di'cantolkan' dengan platform drone listrik (electric Vertical Take Off & Landing/eVTOL drone) yang dapat membawa TIGER dan mendaratkannya di lokasi terdekat yang aman dengan target, lalu melepasnya dalam sebuah misi. Untuk hal ini menjadi sangat mudah bagi Hyundai karena divisi ini juga mendedikasikan diri untuk menangani mobilitas udara perkotaan eVTOL.

Seperti apa nanti implementasinya dalam dunia nyata? Yuk kita tunggu saja informasi dari produsen mobil asal Kore Selatan ini selanjutnya.

Sumber: Hyundai New Horizons Studio (S-4)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

KTB

Capai Pangsa Pasar 46,7% di 2021, Mitsubishi Fuso Patok target 48% di 2022

👤RO 🕔Rabu 26 Januari 2022, 23:55 WIB
KTB juga mengumumkan agenda terbaru terkait Electric...
BOSCH Indonesia

Kampanye Bosch Spark All the Way, Dukung Gerakan Rendah Emisi

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:54 WIB
Selain mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya merawat kendaraan secara berkala, Bosch juga membagikan 6.000 busi kepada sekitar 1.500...
ROYAL ENFIELD

Royal Enfield 650 Twin dengan Colorways Baru Hadir di Indonesia

👤RO 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:33 WIB
Royal Enfield Interceptor INT 650 Twin dan Continental GT 650 Twin tersebut akan memenuhi persyaratan Euro V serta hadir dalam lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya