Sabtu 16 Januari 2021, 09:03 WIB

Tips Cegah Motor Mogok Saat Musim Hujan

RO | Otomotif
Tips Cegah Motor Mogok Saat Musim Hujan

Antara/Nyoman Hendra Wibowo
.

 

Tips Cegah Motor Mogok Saat Musim Hujan

Di musim penghujan yang kerap menyebabkan banjir, kita harus lebih hati-hati dalam bekendara karena sangat riskan memicu gangguan pada kendaraan, khususnya sepeda motor. Dalam situasi seperti ini, motor bisasaja mogok seketika bila pengendara mencoba-coba untuk menerjang banjir. 

Untuk menghindari motor mogok di musim hujan, simak tips dari PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) berikut ini.

Yang pertama, pastikan air tidak merendam filter udara mesin. Apabila filter udara terendam banjir bisa dipastikan mesin akan rusak total akibat air yang ikut terhisap dalam mesin (water hammer). Carilah jalan alternatif lainnya.

Kedua, memperhatikaan kondisi busi. Busi bermasalah bisa mengakibatkan motor mogok. Perhatikan kondisi busi, terutama bagian karet penutupnya. Pastikan bagian dalam kop busi dalam kondisi kering. Lapisi busi dengan grease/gemuk untuk mencegah air mencapai elektroda busi. 

Ketiga, memeriksa kabel kelistrikan. Untuk menghindari mogok, cek kabel dan kelistrikan. Pastikan dalam keadaan baik. Jika sempat terendam banjir, segera bersihkan dari sisa air dan bawa ke bengkel untuk bisa dilakukan pengecekan.

Kerusakan pada motor bisa terjadi kapan pun. Untuk menambah rasa aman dan nyaman, pengendara motor bisa menggunakan asuransi motor T RIDE dari Tugu Insurance. Mulai dari Rp 10.000 per bulan, pengendara motor bisa mendapatkan perlindungan untuk kerusakan hingga kehilangan motor Anda. (S-4)

Baca Juga

ADM

Bedah Ulang Fitur Daihatsu Terios

👤RO 🕔Selasa 02 Maret 2021, 16:01 WIB
Diproduksi langsung oleh pabrikan tanah air, PT Astra Daihatsu Motor, mobil ini memiliki berbagai fitur...
MI/Vicky Gustiawan

Ada Insentif PPnBM, Harga Wuling Confero Turun Hingga Rp11 Jutaan

👤Ahmad Garuda 🕔Selasa 02 Maret 2021, 05:40 WIB
Produk low MPV andalannya itu masuk ke dalam daftar produk yang mendapatkan relaksasi dan kini mengalami pengurangan harga jual mulai dari...
Dok. IRC

IRC Raih Penghargaan TOP Digital PR Award 2021

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 02 Maret 2021, 04:14 WIB
Kondisi pandemi di tengah era digitalisasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi PT Gajah Tunggal Tbk untuk terus melakukan inovasi agar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya