Senin 04 Januari 2021, 19:33 WIB

Celana Airbag Pelindung Kaki Riders

mediaindonesia.com | Otomotif
 

SETIAP pengendara motor pasti pernah merasakan jatuh. Oleh karena itu sejak tahun 2000 sejumlah perusahaan telah memasukkan teknologi airbag ke dalam dunia roda dua.

Kita ambil contoh Honda, yang mulai mecoba teknologi ini untuk dipasang pada sepeda motor mereka pada 1990. Kemudian produsen kelengkapan bermotor Spidi dengan jaket airbag yang dipasarkan awal 2004 dan beberapa yang lainnya. 

Diantaranya adalah Dainese dan Alpinestars yang saat ini menawarkan perlindungan airbag untuk tubuh bagian atas dengan cara yang lebih baik tanpa Anda harus menambatkan diri ke motor Anda. Caranya dengan menyematkan sensor pada jaket dan rompi. 

Kecelakaan serius itu sebagian besar diakibatkan oleh cedera di tubuh bagian atas. Namun setiap kecelakaan sepeda motor, dipastikan selalu menyebabkan cedera di bagian kaki. Dengan latar belakang itu muncul perusahaan yang mulai membuat celana yang dilengkapi airbag untuk para biker.

Setidaknya ada dua perusahaan yang menggarap produk ini. Pertama Airbag Inside Sweden AB yang tengah mengerjakan satu set celana jeans dilengkapi airbag dalam format prototipe menggunakan sistem theter-deploy. Persahaan tersebut bekerja sama dengan para peneliti di Unversitas Uppsala untuk pengembangan perangkat sensornya.

Cara kerjanya dapat disaksikan melalui tayangan video, dimana CEO Airbag Inside Sweden AB menjatuhkan diri ke lantai untuk menunjukkan efektivitas sistem ini bekerja yang dapat dilihat pada https://www.youtube.com/watch?v=FFNULWG22MI&feature=emb_logo

Sang CEO juga menyatakan bahwa perusahaanya berencana untuk memasarkan celana berkantung udara itu di Amerika Serikat dan Eropa dalam berbagai tren gaya dengan nama Mo'Cycle setelah menerima 1.000 pesanan via email agar masuk dalam skala produksi. Mungkin Anda juga berminat memiliki sekaligus mendukung kampanye ini melalui airbagjeans.com.

Yang kedua adalah adalah CX Air Dynamics dari Prancis. Nyaris serupa dengan airbag jeans, jika airbag jeans Mo'Cycle dikenakan layaknya celana panjang biasa, maka produk CX Air Dynamic merupakan 'lapisan celana panjang' yang dapat dikenakan untuk melapisi celana panjang Anda lalu dikancing dengan retsleting di sepanjang bagian dalam kaki celana airbag.

Airbag 'portabel' yang cocok untuk riding sehari hari maupun turing ini mengharuskan Anda membawa tabung seukuran botol hairspray mini seperti juga Mo'Cycle jeans. Bisa tonton di https://www.youtube.com/watch?v=WyQWBb8OoN0&feature=emb_logo

Bedanya, produk CX Prancis ini sudah ditawarkan di sebuah situs Kiss Kiss Bank Bank di Prancis. CX juga menawarkan diskon pemesanan awal 25% dari harga eceran resmi yang dibanderol senilai 500 Euro (sekitar US$612) dan akan dikirim langsung ke konsumen pada Maret mendatang.

Sumber: Airbag Jeans, CX Air Dynamics Kiss Kiss Bank Bank via NewAtlas

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

DFSK Indonesia.

DFSK Gelora Minibus Dijual Mulai Rp185 Juta

👤RO 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:14 WIB
DFSK Gelora Minibus sudah bisa dipesan di 90 jaringan resmi DFSK yang tersebar di berbagai wilayah di...
ADM

Virtual Daihatsu Festival Kembali Hadir

👤RO 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:39 WIB
Selain program promo penjualan, Sahabat juga dapat menikmati beragam acara hiburan menarik dari Daihatsu di akhir...
Nio via Newatlas

Nio EP7 Pesaing Berat Tesla dari Tiongkok

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:00 WIB
Mobil dengan NAD ini tentu akan memiliki potensi kemampuan yang jauh lebih baik dari Tesla. Mulai dari mengemudi otomatis di jalan raya,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya