Kamis 19 November 2020, 13:25 WIB

Mempersiapkan Diri Berkendara Saat Musim Hujan

RO | Otomotif
Mempersiapkan Diri Berkendara Saat Musim Hujan

MMKSI
.

 

MEMPERSIAPKAN diri berkendara di musim hujan tidak sekadar membawa payung di dalam mobil, namun kondisi kendaraan juga harus diperhatikan dan dipersiapkan. Pasalnya kondisi jalan saat hujan berbeda dengan kondisi jalan kering.

Persiapan kendaraan untuk musim hujan dilakukan dengan memeriksa komponen di mobil yang memiliki fungsi penting untuk digunakan pada kondisi hujan agar dapat digunakan secara optimal.

“Setiap komponen yang ada pada kendaraan Mitsubishi Motors ditujukan untuk memudahkan dan memastikan pengguna dapat berkendara secara aman dan nyaman dalam berbagai kondisi, tidak terkecuali pada kondisi hujan," tutur Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto, Rabu (18/11).

Untuk memastikan seluruh fungsi komponen bekerja secara normal dibutuhkan pengecekan baik melalui perawatan berkala di bengkel resmi maupun secara mandiri. "Bila pengguna menemukan kendala pada kendaraan tidak perlu ragu untuk menghubungi dan mengunjuni bengkel resmi Mitsubishi Motors terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," papar Boediarto. 

Berikut beberapa komponen mobil yang dapat dicek sebagai persiapan berkendara di musim hujan.

Cek kondisi wiper

Karet wiper merupakan perangat yang wajib diperiksa karena berfungsi untuk menyapu air dari kaca mobil agar visibilitas pengemudi tetap terjaga saat hujan. Jika kondisinya sudah keras segera lakukan penggantian.

Pastikan wiper berfungsi normal. Umumnya wiper mobil dilengkapi dengan 3 mode kecepatan: intermittent, LO dan HI. Gunakan mode intermittent pada kondisi gerimis. Bila kondisi hujan agak deras gunakan mode LO. Mode HI hanya untuk kondisi hujan sangat deras pada kecepatan tinggi.

Selain itu, lakukan perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.

Kondisi ban mobil

Perhatikan kondisi ban terutama bagian alurnya. Jika permukaan dan alur ban sudah 'gundul', segera ganti ban Anda dengan yang baru. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan standar dan petunjuk pabrikan.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara serta memudahkan konsumen Mitsubishi dalam melakukan persiapan berkendara di musim hujan, MMKSI menyelenggarakan 'Tire Campaign', sebuah program penawaran servis menarik yang bertujuan untuk mempermudah konsumen yang ingin melakukan pergantian ban kendaraannya. 

Pastikan rem berfungsi dengan baik

Rem merupakan komponen vital yang wajib dicek secara berkala untuk memastikan keamanan berkendara, terlebih pada musim hujan. Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi kampas rem untuk menentukan perlu tidaknya dilakukan penggantian. Jangan lupa memeriksa cairan rem.

Cek kelistrikan dan lampu-lampu di mobil

Pastikan seluruh lampu mobil, baik depan maupun belakang berfungsi dengan baik. Peranan lampu saat hujan deras sangat penting bagi pengendara, juga pengendara lain untuk mengetahui posisi kendaraan anda.

Pastikan sistem kelistrikan berfungsi dengan baik. Mulai dari meter cluster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, lampu senja, dan lainnya.

Untuk memastikan fungsi seluruh perangkat mobil berjalan baik, Anda dapat datang ke bengkel resmi Mitsubishi terdekat dan melakukan pengecekan lebih lanjut secara menyeluruh untuk menambah rasa tenang dan aman berkendara saat kondisi hujan.

Baca Juga

MMKSI

Mitsubishi Protect untuk Melindungi Kendaraan dan Pemiliknya

👤RO 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:02 WIB
Dengan tagline Protect Your Car, Protect Your Family, MMKSI ingin menegaskan komitmen untuk memberikan layanan purnajual...
DFSK Indonesia

DFSK Luncurkan Program Promo Akhir Tahun

👤RO 🕔Selasa 01 Desember 2020, 14:32 WIB
Promo akhir tahun ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam kepemilikan kendaraan untuk membantu konsumen memenuhi seluruh...
MGMI

MG Hadir di Makassar

👤RO 🕔Selasa 01 Desember 2020, 13:13 WIB
Diler baru berstatus 3S (sales, service, spareparts) ini berlokasi di Jl AP Pettarani no 45-47, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Sulawesi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya