Senin 24 Agustus 2020, 17:31 WIB

Tips Merawat Jaket untuk Para Biker

RO | Otomotif
Tips Merawat Jaket untuk Para Biker

Astra Honda Motor
Ikuti instruksi cara mencuci pada label yang tertera di balik jaket.

 

SELAIN helm, jaket menjadi salah satu perlengkapan yang tak kalah pentingnya bagi pengendara sepeda motor. Selain melindungi dari sengatan matahari saat siang dan udara dingin saat malam, serta melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan, jaket juga telah menjadi bagian dari fashion.

Berbagai jenis jaket sepeda motor baik yang fungsional hingga premium tentu memiliki tata cara perawatannya tersendiri. Apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk merawat jaket motor favoritmu?

Berikut tips dari PT Astra Honda Motor (AHM) dalam merawat jaket agar tetap awet dan prima:

1. Jika Anda berniat membersihkan dengan cara mencuci, ikuti instruksi sesuai tanda pada label yang terdapat dibalik Jaket. Bahan jaket memiliki jenis yang berbeda-beda sehingga petunjuk dalam melakukan pencucian menjadi kunci agar jaket lebih awet.

2. Pada jaket khusus sepeda motor umumnya memiliki pelindung, seperti pada bagian bahu, siku dan punggung. Sebelum melakukan pencucian, keluarkan pelindung dari kantongnya agar tidak merusak sisi-sisi jaket saat dicuci.

3. Untuk perawatan yang lebih detail, dapat menyikat bagian-bagian yang kotor terlebih dahulu sebelum mencuci jaket. Gunakan sikat yang lembut beserta sabun cuci yang sudah dilarutkan dengan air. 

Khusus jaket berbahan kulit, hindari membersihkan dengan menyikat, cukup bersihkan dengan kain microfiber.

4. Mencuci dengan tangan merupakan cara yang paling aman untuk menjaga keawetan jaket, terutama bila jaket berbahan kulit. Namun untuk kepraktisan tetap diperbolehkan menggunakan mesin cuci untuk jaket selain berbahan kulit.

5. Setelah dicuci gantunglah jaket menggunakan gantungan baju namun tidak disarankan dijemur di bawah terik sinar matahari. Gunakan  kipas angin untuk mempercepat waktu pengeringan.

6. Simpan jaket di suhu ruangan menggunakan gantungan baju. Penyimpanan jaket sebaiknya tidak dengan cara dilipat agar lebih awet dan tempatkan di lokasi penyimpanan tidak terkena sinar matahari langsung.

Prosdur perawatan jaket di atas bertujuan untuk mencegah kerusakan jaket yang disebabkan oleh jamur karena kondisi yang lembab serta penurunan kualitas bahan dari jaket.

“Kondisi jaket yang prima tidak hanya mendukung tampilan dalam berkendara, namun juga mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara baik untuk perjalanan commuter maupun touring.,” jelas Parts Accesoris & Apparel Manager PT Astra Honda Motor Tony Kurniawan. (S-4)

Baca Juga

Mercedes-Benz AG

Mercedes-Benz Kembali Raih Penghargaan Best Global Brands 2021

👤RO 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 21:24 WIB
Mercedes-Benz berhasil mempertahankan posisi teratasnya sebagai satu-satunya brand Eropa yang termasuk dalam daftar sepuluh besar 'Best...
mediaindonesia.com

Diretas Hacker Gelap Pabrik Suzuki Indonesia Off Dua Hari 

👤RO 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 19:55 WIB
Akibatnya, sebagian sistem produksi berhenti sehingga menyebabkan terhentinya aktivitas di sebagian pabrik mobil Suzuki selama dua hari...
HPM

Brio Virtual Drift Challenge 2 Seri Perdana Dimulai

👤RO 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 18:29 WIB
Trek yang digunakan pada setiap kompetisi menggunakan n latar belakang dari berbagai landmark kota besar di Indonesia yang telah didesain...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya