Kamis 23 April 2020, 08:15 WIB

Tips Merawat Kendaraan saat #Dirumahaja

NURTJAHYADI | Otomotif
Tips Merawat Kendaraan saat #Dirumahaja

Dok. MERCEDES-BENZ
Bagian Penting yang harus dirawat pada Mobil Mercedes-Benz.

 

PENERAPAN kebijakan #dirumahaja dalam upaya mencegah penyebaran covid- 19 menjadikan kendaraan tidak sering digunakan seperti pada saat normal. Padahal, kendaraan yang biasa di operasikan lalu ‘diistirahatkan’ dalam jangka waktu lama tidak membuat kondisi kendaraan itu menjadi lebih baik jika terus dijalankan.

Oleh karena itu, Mercedes Benz membagi beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar kendaraan tetap dalam kondisi prima dan selalu siap pakai.

Pertama, yang harus diperhatikan ialah bagian yang paling sering mendapatkan sentuhan tangan karena area inilah yang bisa dibilang paling kotor sehingga perlu dibersihkan segera.

Sisa bekas lemak, keringat, dan kotoran lain dari tangan akan lebih mudah dibersihkan daripada saat dibiarkan lama. Kotoran yang sudah lama, selain sulit dibersih kan, juga berpotensi merusak permukaan yang dilapisinya.

Selain itu, kotoran yang lama juga berpotensi menjadi sumber berkembang biaknya bakteri dan kuman yang tentu tidak diharapkan menjadi bagian dari mobil Anda. *Adapun wilayah yang perlu mendapat perhatian di antaranya roda kemudi, tombol-tombol dan tuas pengoperasian, pegan gan pintu eksterior maupun interior, konsol tengah, touch pad dan media display (bila ada), serta tombol pembuka dan penutup jendela.

Dengan #dirumahaja membuat banyak waktu yang dapat dimanfaatkan di sela-sela kesibuk an sehari-hari Anda agar tetap produktif. Antara lain, mengecek kendaraan agar tetap bersih dan aman, serta siap digunakan saat dibutuhkan. Misalnya, dengan menyalakan mesin setidaknya dua kali sepekan selama 10 menit agar kondisi baterai (aki) tetap terisi.

Selain menyalakan mesin untuk mengisi ulang aki, cucilah kendaraan secara ter atur untuk menghilangkan debu dan menjaga kebersihan nya. Jangan lupa periksa bagian kolong kendaraan dan kompartemen mesin.

Mobil yang lama tidak digunakan menjadi tempat yang nyaman bagi hewan untuk bersarang. Mulai tikus, ular, atau serangga. Waspadalah terhadap tikus yang gemar menggigit kabel sehingga merusak sistem kelistrikan.

Mercedes-Benz juga berpesan untuk secara rutin memindahkan posisi parkir kendaraan untuk mencegah flat spots pada ban akibat tidak pernah dijalankan.

Jika tidak memungkinkan memindahkan parkir, Anda bisa menjalankan kendaraan di sekitar rumah dan kembali memarkirkan mobil di tempat semula, minimal sekali dalam seminggu. Cara ini juga cukup efektif untuk menjaga kelenturan karet ban.

Tips terakhir, sebisa mungkin menjaga kondisi udara di dalam kabin kendaraan dengan membuat sirkulasi udara secara teratur, membuka seluruh jendela agar udara dalam kabin berganti dengan udara segar. (Cdx/S-2)

Baca Juga

Mercedes-Benz AG

Mercedes-Benz Kembali Raih Penghargaan Best Global Brands 2021

👤RO 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 21:24 WIB
Mercedes-Benz berhasil mempertahankan posisi teratasnya sebagai satu-satunya brand Eropa yang termasuk dalam daftar sepuluh besar 'Best...
mediaindonesia.com

Diretas Hacker Gelap Pabrik Suzuki Indonesia Off Dua Hari 

👤RO 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 19:55 WIB
Akibatnya, sebagian sistem produksi berhenti sehingga menyebabkan terhentinya aktivitas di sebagian pabrik mobil Suzuki selama dua hari...
HPM

Brio Virtual Drift Challenge 2 Seri Perdana Dimulai

👤RO 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 18:29 WIB
Trek yang digunakan pada setiap kompetisi menggunakan n latar belakang dari berbagai landmark kota besar di Indonesia yang telah didesain...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya