Kamis 27 Juli 2017, 00:31 WIB

Sensasi Mendaki Bromo dengan CR-V Turbo

Victor Nababan | Otomotif
Sensasi Mendaki Bromo dengan CR-V Turbo

MI/M SOLEH
Sensasi Mendaki Bromo dengan CR-V Turbo

 

PERJALANAN test drive All New Honda CR-V Turbo dimulai dari Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Rabu (19/7). Selama dua hari, 60 jurnalis termasuk Media Indonesia merasakan ketangguhan dan kenyamanan sport utility vehicle (SUV) yang diluncurkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 pada 27 April lalu itu. Rute yang dilalui ialah Malang-Bromo-Surabaya sepanjang 260 km, melintasi jalan aspal yang nyaman, berlubang, bergelombang, hingga ekstrem berdebu di gurun pasir Gunung Bromo. CRV Turbo memiliki bagasi belakang yang lega dan dapat lebih luas lagi dengan melipat kursi ke depan di baris ketiga hingga baris kedua.

Rombongan test drive mobil tujuh penumpang bermesin 1,5L VTEC Turbo itu, dari bandara langsung menuju Djati Lounge, untuk makan siang sekaligus mendengar penjelasan singkat terkait dengan kegiatan yang melibatkan 20 All New CR-V Prestige, varian tertinggi dari SUV andalan Honda ini. Setelah itu, rombongan menuju tempat wisata Coban Rondo. Selama perjalanan, kami mengeksplorasi fitur-fitur yang ada, seperti panoramic sunroof yang membuat kabin lebih terang. Lalu di sektor Intertainment, ada monitor LCD yang mewah dan bisa berfungsi sebagai mirroring dari ponsel pintar.

"Kami sengaja memberikan sesi test drive khusus dengan trek beragam dan menantang seperti ini. Tujuannya agar media dapat melakukan eksplorasi sepenuhnya dan merasakan sensasi berkendara terbaik ala Honda," ujar Predir PT Honda Prospect Motor (HPM) Takehiro Watanabe yang didampingi Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Jonfis Fandy. Perjalanan dilanjutkan ke penginapan di Bromo Cottage Hotel di Desa Tosari, Pasuruan, yang harus melalui jalan yang cukup menantang. Jalan sempit yang terjal dengan mudah dilalui tanpa perlu mengganti posisi transmisi dari 'D' ke 'S'.

Tarikan paling terasa ketika putaran mesin mencapai angka 3.000 rpm akibat komponen turbo yang mulai bekerja. Yang lebih menarik ialah kekedapan suara di dalam mobil. Raungan mesin berkapasitas kecil dari CR-V Turbo tak terdengar di dalam kabin. Keesokan harinya rombongan berkendara mendaki Gunung Bromo. Perjalanan dimulai pukul 04.00 WIB. Tanjakan dan tikungan tajam menuju puncak Gunung Bromo yang biasa dilalui kendaraan berpenggerak roda empat (4WD) kami lalap habis.
Fitur brake hold pun menjadi penyelamat dari rasa lelah menahan pedal rem ketika kendaraan rombongan tertahan di tanjakan.

Fitur tersebut secara otomatis akan menahan pengereman meski kaki telah diangkat dari pedal. Kami juga berkesempatan menjajal kendaraan ini di Pasir Berbisik dan Bukit Teletabis. Lagi-lagi, kami bisa merasakan kenikmatan berkendara yang ditawarkan Honda ini sehingga tak terasa hari sudah menjelang sore dan kami harus melanjutkan perjalanan ke Surabaya sebagai akhir perjalanan test drive.

New Honda Jazz
Kemarin, HPM juga memperkenalkan New Honda Jazz. Kendaraan generasi kelima Honda Jazz tersebut tampil lebih sporty dan stylish. Sejak diluncurkan pada 2004 di Indonesia, Honda Jazz telah terjual hingga 287.240 unit yang menjadikannya sebagai hatchback dengan penjualan tertinggi di Tanah Air. "New Honda Jazz tampil dengan lebih sporty dan stylish untuk mendukung ambisi tersebut," kata Watanabe kepada pers saat peluncuran New Honda Jazz di Jakarta, kemarin. New Honda Jazz dipasarkan dengan harga terendah Rp232,5 juta untuk tipe MT, tipe CVT Rp242,5 juta, RS MT Rp262,5 juta, dan tipe termahal New Jazz RS CVT Rp272,5 juta.

Jonfis Fandy mengaku optimistis kepopuleran Honda Jazz akan terus bertahan di kalangan anak muda, ajang balap, dan komunitas modifikasi. "Selama 10 tahun terakhir, Honda Jazz selalu memimpin di kelasnya dengan market share hingga 47%. Kami menargetkan bisa terus mempertahankan market share tersebut hingga akhir tahun ini. Untuk semester kedua ini kami menargetkan bisa menjual hingga 8.000 Honda Jazz," kata Jonfis. (Gnr/S-1)

Baca Juga

Royal Enfield

Royal Enfield Hunter 350 Debut di Thailand

👤RO 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:24 WIB
Royal Enfield Hunter 350 mengusung desain old school dan tetap mempertahankan DNA esensial Royal Enfield yang memancarkan gaya...
Auto2000

Hindari Penggunaan Shampo Rambut untuk Air Pembersih Kaca Mobil

👤RO 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 20:13 WIB
Kita tidak dapat mengetahui kandungan zat lain di dalam shampo yang juga dikhawatirkan dapat bermasalah kalau terkena kaca mobil atau karet...
kia.com

Kia Corp di Rusia Tarik 105 Ribu Mobil Rio

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 07:10 WIB
Kia Rio ditarik karena kemungkinan kerusakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya