Selasa 08 Februari 2022, 10:42 WIB

Aplikasi Natural Reader untuk Mengecek Pronunciation

Dedi Hendriyanto, S.Pd Guru SMPN 21 Batang Hari, Jambi dan Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation  | Opini
 Aplikasi Natural Reader untuk Mengecek Pronunciation

Ist
Dedi Hendriyanto, S.Pd Guru SMPN 21 Batang Hari, Jambi dan Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation.

 

PRONUNCIATION merupakan salah satu aspek penting dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam Oxford Advanced Learner’s dictionary dinyatakan bahwa pronunciation adalah cara dimana sebuah bahasa atau kata diucapkan, dan atau cara dimana seseorang mengatakan kata-kata dari sebuah bahasa. 

Sebelum seorang berbicara dalam bahasa Inggris, mereka terlebih dahulu harus mengetahui cara mengucapkan sebuah kata ataupun ungkapan tertentu. Itu artinya bahwa pronunciation merupakan dasar dalam speaking karena hal tersebut merupakan elemen pertama dalam berbicara dalam bahasa Inggris.

Siswa sedang berlatih mendengarkan cara pengucapan kata menggunakan aplikasi Natural Reader menggunakan smartphone.

Pronunciation sangat penting dipelajari karena kesalahan dalam mengucapkan sebuah kata akan berpengaruh terhadap pemahaman dari sebuah kata tersebut. Kesalahan pengucapan dapat menimbulkan kesalahpahaman antara pembicara dan pendengar ketika mereka saling berkomunikasi sehingga isi pesan yang ingin disampaikan tidak dapat diterima dengan baik. 

Misalnya ketika siswa ingin mengatakan “I love beach”, tetapi cara mengucapkannya kedengaran seperti kalimat “I love bitch”. Tentu lawan berbicara bisa salah paham, mereka akan beranggapan bahwa siswa adalah pecinta menggerutu.

Konsep Pronunciation

Pronunciation merupakan salah satu komponen penting yang harus diketahui oleh seorang pelajar yang ingin menguasai keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris. Menurut Lynch and Anderson dalam Effective English Learning (2012) setiap orang belajar bahasa asing dimulai dengan mempelajari cara pengucapan kata (pronunciation).

Pronunciation atau pengucapan kata dalam bahasa Inggris tidak dapat diprediksi. Tulisan atau ejaannya berbeda dengan bagaimana cara mengucapkannya. Contohnya kata yang tertulis adalah “but”,  sedangkan cara pengucapannya adalah /bᴧt/. 

Pronunciation yang bagus membutuhkan waktu yang lama untuk bisa terbangun, itu artinya bahwa seorang harus melihat proses dari bahasa itu sendiri seperti seseorang harus mendengar orang yang bahasa aslinya bahasa Inggris mengucapkan kata itu terlebih dahulu. Kemudian mereka menirukan dan mempraktikkannya supaya dapat mengucapkan bunyi kata yang sama seperti yang diucapkan oleh native speaker. Setelah itu mereka baru bisa untuk memproduksi bunyi atau suara kata dalam komunikasi.

Strategi Membelajarkan Pronunciation

Beberapa strategi yang dapat digunakan guru dalam membelajarkan pronunciation adalah: 

1.menanamkan sikap positif; dimana guru harus menciptakan atmosfer yang bagus di dalam kelas sehingga siswa dapat mempraktikkan pronunciation;

2.mengidentifikasi pronunciation kata tertentu yang menjadi kendala bagi siswa. Guru bisa membuat daftar kata-kata sulit yang sering siswa ucapkan dengan tidak benar;

3.membuat siswa mengerti tentang ciri-ciri dari bahasa yang mereka pelajari; guru bisa meminta siswa untuk mendengarkan tekanan dan intonasi yang baik ketika native speaker berbicara;

4.fokus pada peningkatan kompetensi siswa dalam berkomunikasi; guru harus fokus dengan feature pronunciation (consonants, diphthongs, vowels, stress and intonation).

Belajar pronunciation dengan Aplikasi Natural Reader

Perkembangan dunia teknologi dan komunikasi sangat pesat baru baru ini. Salah satu teknologi muktahir yang lagi nge-hits saat ini adalah smartphone. Hampir semua kalangan mahir dalam menggunakan smartphone dan aplikasi yang terdapat di dalamnya. 

Untuk mengecek pengucapan kata ataupun kalimat dalam bahasa inggris, kita bisa memanfaatkan aplikasi smartphone Natural Reader.
Natural reader merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan dalam mengetahui cara pengucapan kata dalam bahasa inggris. Ikon dan fitur yang terdapat dalam aplikasi Natural Reader dapat dilihat pada gambar berikut:

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam mengecek pronunciation dengan menggunakan Aplikasi Natural Reader adalah sebagai berikut:

Inventaris beberapa kosakata terkait dengan topik pembelajaran yang dirasa sulit untuk diucapkan;

Buka aplikasi Natural Reader, kemudian klik ikon + untuk menginput kata atau kalimat yang ingin didengarkan cara pengucapannya.
Atur jenis suara native speaker, volume dan kecepatan pronunciation pada aplikasi tersebut sebelum diputar atau didengarkan hasil pengucapannya dari suara native speaker yang ada di dalam aplikasi Natural Reader.

Ketika semua pengaturan sudah dilakukan, klik ikon play untuk mendengarkan suara native speaker mengucapkan kata sulit yang sudah diinput.

Dengarkan cara pengucapan kata tersebut sebanyak yang diinginkan. Kemudian ikuti native speaker mengucapkan kata atau kalimat yang sudah diinput kedalam aplikasi tersebut sehingga siswa dapat mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri. (OL-09)

Baca Juga

MI/Seno

Tragedi Kanjuruhan: Fanatisme dan Situasi Anonimitas

👤Bagong Suyanto Guru Besar Sosiologi FISIP Universitas Airlangga 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 05:05 WIB
KERUSUHAN dan aksi anarkhisme supporter di tanah air sebetulnya bukan hal baru. Aksi kerusuhan dan perkelahian antarsuporter sudah...
MI/Seno

Anies: Pilihan Terbaik dalam Melanjutkan Kemajuan Bangsa

👤O-2 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 05:00 WIB
ASSALAMUALAIKUM warahmatullahi...
Dok. Pribadi

Akhlak Mulia

👤Dody Wibowo Direktur Advokasi dan Pemberdayaan Masyarakat Yayasan Sukma, dosen Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik UGM 🕔Senin 03 Oktober 2022, 05:10 WIB
AKHLAK mulia ialah dua kata yang sangat sering ditemukan dalam kalimat visi sekolah-sekolah di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya