Minggu 22 Januari 2023, 13:34 WIB

Rybakina Pupuskan Mimpi Swiatek Untuk Rebut Trofi Australia Terbuka

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Rybakina Pupuskan Mimpi Swiatek Untuk Rebut Trofi Australia Terbuka

AFP/MANAN VATSYAYANA
Elena Rybakina

 

Petenis Kazakhstan Elena Rybakina memupuskan mimpi petenis putri nomor satu dunia Iga Swiatek, untuk merebut trofi grand slam Australia Terbuka pertamanya. Rybakina tampil tangguh untuk menyingkirkan Swiatek di putaran keempat Australia Terbuka 2023 pada Minggu (22/1).

Melakoni pertandingan di Rod Laver Arena, Rybakina yang merupakan juara Wimbledon 2022, tampil agresif sepanjang 1 jam 29 detik pertandingan. Dia mampu melumpuhkan Swiatek dengan dua set langsung 6-4 dan 6-4.

"Itu pertandingan yang sangat sulit. Tapi saya pikir melawan Iga (Swiatek) selalu menjadi pertarungan yang sulit, tidak peduli apakah saya menang atau kalah. Saya pikir secara alami kami menyukai pertarungan yang sulit ini," kata Rybakina usai pertandingan dikutip dari WTA, Minggu (22/1).

"Saya sangat menghormati Iga karena rekor yang dia miliki dan Grand Slam-nya. Dia adalah pemain muda dan saya pikir dia bermain dengan sangat baik," imbuhnya.

Pertarungan langsung berjalan sengit sejak set pertama dimulai. Swiatek yang tertinggal 0-2 di awal set pertama, berjuang ketas untuk menahan imbang kedudukan menjadi 2-2.

Sempat unggul 3-2 untuk Swiatek, namun Rybakina tak tinggal diam. Petenis berusia 23 tahun itu bangkit untuk mengambil alih keunggulan menjadi 5-3 sebelum kemudian menyelesaikan set pertama dengan 6-4.

Di set kedua, giliran Swiatek yang memulai pertandingan dengan unggul 3-0, namun Rybakina berhasil bangkit untuk menahan imbang menjadi 3-3.

Pertarungan berjalan kian sengit hingga kedudukan 4-4, tetapi Rybakina berhasil menemukan momentumnya untuk merebut dua gim langsung dan menyelesaikan set kedua dengan 6-4. "Saya melihat dia sedikit kesulitan di satu sisi, tetapi pada saat-saat penting saya bermain sangat baik sehingga itu membuat perbedaan," tutur Rybakina.

"Saya tahu bahwa saya harus agresif sejak bola pertama karena dia memiliki pergerakan yang hebat, dan dia bertahan dengan sangat baik. Jadi saya mencoba menyerangnya dari bola pertama, dan itu benar-benar bekerja dengan baik. Ini adalah kemenangan besar dan saya senang bisa lolos ke babak berikutnya," ucapnya.

Kemenangan ini menjadi yang pertama direbut Rybakina dari Swiatek, sekaligus menjadi revans atas kekalahannya di perempat final Ostrava Terbuka 2021 lalu. Saat itu, Swiatek menumbangkan Rybakina dengan dua set langsung 7(7)-6(5) dan 6-2.

Atas kemenangan ini, Rybakina selanjutnya bakal menantang petenis Latvia Jelena Ostapenko di perempat final pada Selasa (24/1). Di mana Ostapenko berhasil ke perempat final usai mengalahkan Coco Gauff (Amerika Serikat) dengan dua set langsung 7-5 dan 6-3. (WTA/OL-12)

Baca Juga

ANTARA/DOK.PBSI

Lima Wakil Indonesia Lolos ke Babak Kedua Thailand Masters 2023

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:35 WIB
Pada hari ini, sebanyak lima wakil Merah Putih dari sektor ganda putra dan putri memulai perjalanan di turnamen yang bergulir di Negeri...
Antara

Tim Rifle Putri Sumbang Perunggu di Piala Dunia ISSF

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:59 WIB
Khairunnisa Salsabila/Audrey Zahra Dhiyaanisa/Masayyu Putri Fadillah memenangi duel perebutan tempat ketiga nomor air rifle 10 meter beregu...
MI/Ramdani

PBSI Puas dengan Capaian Skuad Merah Putih di Indonesia Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:16 WIB
Awalnya, PP PBSI sempat khawatir dengan performa tim Indonesia jelang bergulirnya Indonesia Masters 2023. Namun, kekhawatiran tersebut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya