Jumat 13 Januari 2023, 23:34 WIB

Perbasi Yakin Piala Dunia FIBA di GBK Jakarta Bakal Sukses

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Perbasi Yakin Piala Dunia FIBA di GBK Jakarta Bakal Sukses

Antara
Sekjen Perbasi Nirmala Dewi

 

PP Perbasi yakin gelaran Piala Dunia FIBA 2023 bakal sukses dari sisi penyelenggaraan meski timnas Indonesia tak bisa berpartisipasi. Stadion multifungsi tertutup baru yang dibangun di GBK Jakarta berkapasitas 16 ribu penonton pun disambut positif oleh FIBA.

"Perwakilan FIBA juga datang mereka sangat excited sekali melihat venue-nya, sedemikian tepat waktu selesainya. Jadi untuk kita optimistis melihatnya," kata Sekjen Perbasi Nirmala Dewi.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri topping off Indoor Multifunction Stadium tersebut oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (13/1). Turut hadir antara lain Menteri BUMN yang juga Board Member FIBA Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih.

Stadion yang dibangun Kementerian PUPR sejak April 2021 itu kini posisinya 74% dan ditargetkan bakal rampung 100% pada Juni mendatang. Stadion setinggi 31 meter itu mampu menampung 16.250 penonton tak hanya untuk gelaran olahraga namun juga festival budaya maupun konser musik.

Perbasi membidik ajang Piala Dunia FIBA 2023 akan sukses melebihi Piala Asia FIBA 2022 lalu. Pasalnya, para pemain NBA bakal mentas di stadion baru tersebut.

"Kita tahu pada saat FIBA Asia 2022 kemarin kita sukses bahkan dengan viewers secara online itu kita dapat 183 juta viewers. Jadi FIBA sangat menaruh harapan besar dan ini akan menjadi cikal bakal kebangkitan industri olahraga basket," imbuh Nirmala.

Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang. Sejauh ini, sudah dipastikan tim Kanada akan melakoni babak grup di Jakarta sedangkan Amerika Serikat tampil di Manila adapun Slovenia bermain di Okinawa.

"Ini bakal pecah. Pemain-pemain NBA bakal datang ke sini, bakal main. Kanada itu rata-rata pemain NBA. Masih akan ada tim besar yang main di sini dan kita masih menunggu drawing April nanti," ujar Nirmala.

Ia menambahkan stadion di GBK serupa dengan yang di Okinawa. Jepang, ujarnya, juga membangun stadion baru karena FIBA merekomendasikan kapasitas minimal 16 ribu untuk menghelat kejuaraan dunia itu.

"Ini hampir sama dengan Stadion Okinawa di Jepang. Mereka juga membangun baru begini, kapasitasnya kurang lebih mirip. Kalau di Manila karena basket olahraga nomor satu, di sana sudah yang kapasitas 50 ribu," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

dok.Proliga

Jakarta BIN Tekuk Juara Bertahan Bandung BJB Tandamata 3-0

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:59 WIB
TIM voli putri Jakarta BIN sukses menumbangkan Bandung BJB Tandamata tiga set langsung di laga pekan pertama putaran kedua Proliga 2023...
Antara

Tim Senam Putra Harus Kerja Keras Demi Tampil di SEA Games Kamboja

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:31 WIB
Ketatnya persyaratan dari tim review untuk SEA Games Kamboja, memaksa mereka harus lebih dulu menunjukkan keterampilan di Piala Dunia Senam...
DOK IST

Sirkuit Tenis Meja Sediakan Hadiah dengan Total Rp2,5 Miliar 

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:04 WIB
Event tenis meja tidak boleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya