Senin 12 Desember 2022, 10:45 WIB

Alcaraz Ingin Seperti Swiatek

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Alcaraz Ingin Seperti Swiatek

AFP/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT
Petenis Carlos Alcaraz

 

PETENIS Spanyol Carlos Alcaraz bakal memulai musim 2023 sebagai petenis peringkat satu dunia. Tampil sebagai pemimpin klasemen peringkat untuk sektor tunggal putra, Alcaraz berharap perjalananya bakal segemilang petenis putri Iga Swiatek.

Disebut Alcaraz, Swiatek memiliki karier yang luar biasa saat wanita Polandia itu memulai musimnya sebagai petenis putri nomor satu dunia pada awal 2022. Swiatek tercatat telah mengangkat 8 trofi juara selama tahun 2022. Pun tercatat hanya kalah dalam 9 pertandingan dari 76 laga yang dilakoni.

"Saya melihat tahunnya luar biasa, dia memecahkan rekor yang saya pikir untuk kemenangan beruntun terlama (abad ini). Luar biasa," kata Alcaraz dikutip dari Eurosport, Senin (12/12).

"Saya ingin menjadi seperti dia, tidak kehilangan peringkat pertama. Tapi saya pikir itu hampir tidak mungkin, saya mungkin akan kehilangannya. Tetapi intinya adalah memulihkannya dan tetap di posisi nomor satu selama yang saya bisa," tuturnya.

Alcaraz dinobatkan sebagai petenis nomor satu dunia pada September lalu, tepatnya saat dia berhasil merebut gelar juara grand slam AS Terbuka 2022.

Sejak menduduki peringkat satu dunia, Alcaraz tercatat telah kalah empat kali, termasuk dua kekalahan dari Felix Auger-Aliassime, tersingkir di babak pembukaan dari David Goffin di Astana dan mundur di perempat final Paris Masters.

Petenis berusia 19 tahun itu saat ini bahkan belum kembali ke lapangan tenis profesional sejak menderita cedera otot perut, kondisi itu tentu membahayakan peringkatnya yang hanya berjarak 800 poin dari Rafael Nadal (Spanyol) yang menduduki peringkat kedua.

"Saya bisa merasakan ssetelah Amerika Serikat Terbuka semua orang memiliki target pada saya dan semua orang ingin mengalahkan saya di lapangan. Itulah yang harus saya persiapkan," terangnya.

Baca juga: Tanpa Nadal dan Alcaraz, Spanyol Tersingkir dari Piala Davis

Dengan Alcaraz yang memastikan sudah pulih dari cedera otot perut, petenis Spanyol itu tentu diharapkan dapat kembali ke performa terbaiknya untuk mempertahankan posisinya di peringkat satu dunia.

Turnamen besar pertama yang akan diikuti Alcaraz pada 2023 adalah Australia Terbuka, yang dijadwalkan berlangsung pada Januari. Di Australia, Alcaraz akan bersaing bersana petenis tangguh lainnya seperti Novak Djokovic (Serbia) hingga Nadal.(Eurosport/OL-5)

Baca Juga

DOK MAYBANK INDONESIA

Maybank Indonesia Umumkan Penyelenggaraan Elite Label Road Race Maybank Marathon 2023 di Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Maret 2023, 21:54 WIB
Menginjak tahun ke-12 penyelenggaraan Maybank Marathon di Tanah Air, Maybank Indonesia kali ini mengambil langkah strategis untuk...
AFP/Patrick Smith

Kalah dari Wizards, Boston Celtics Gagal Gusur Milwaukee Bucks

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 29 Maret 2023, 16:48 WIB
Celtics bermain lesu di lini pertahanan dan tidak mampu menghentikan Wizards yang kehilangan dua pemain kunci Bradley Beal dan Kyle...
ANTARA/FIKRI YUSUF

Maybank Marathon Digelar lagi di Bali

👤Antara 🕔Rabu 29 Maret 2023, 16:42 WIB
Total hadiah race lebih dari Rp2,7...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya