Senin 21 November 2022, 10:30 WIB

Djokovic Akhiri Musim 2022 Dengan Trofi ATP Finals

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Djokovic Akhiri Musim 2022 Dengan Trofi ATP Finals

AFP/Martin Bureau
Novak Djokovic

 

Mantan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic, berhasil mengakhiri musim 2022 dengan mengangkat trofi juara ATP Finals, usai menang dari petenis Norwegia Casper Ruud dengan dua set langsung 7-5 dan 6-3.

Ini menjadi gelar keenam untuk Djokovic pada turnamen penutup musim yang mempertemukan delapan petenis putra terbaik dunia itu, lima trofi lainnya dia rebut pada gelaran 2008, 2012, 2013, 2014 dan 2015.

Kemenangan ini sekaligus menjadi pembuktian ketangguhan Djokovic ditengah musimnya yang menjegkelkan, di mana pada musim ini Djokovic cukup terganggu dengan peraturan vaksinasi covid-19 yang membuatnya absen di beberapa turnamen.

Seperti diketahui, petenis Serbia itu merupakan salah satu petenis yang menolak melakukan vaksinasi covid-19. Hal itu yang membuat Djokovic absen di beberapa turnamen termasuk grand slam Australia Terbuka dan Amerika Serikat Terbuka.

Djokovic tercatat hanya mengikuti 12 turnamen sepanjang musim ini, dengan sebagian besar digelar di wilayah Eropa yang cukup renggang dengan peraturan vaksinasi. Akibat Djokovic tidak menjalani musim 2022 dengan maksimal, dia pun terlempar dari peringkat satu dunia dan menduduki peringkat kedelapan.

"Rasanya sangat memuaskan dan pada saat yang sama sangat melegakan dengan keadaan yang saya alami tahun ini, terlebih situasi awal tahun ini, tentu saja dengan Australia," kata Djokovic dalam pidato kemenangannya, dikutip dari AFP, Senin (21/11).

"Saya selalu melihat diri saya sebagai pemain terbaik di dunia, saya memiliki mentalitas dan pendekatan seperti itu. Terlepas dari musim apa sekarang, berapa banyak musim profesional dalam karir saya. Ambisinya selalu setinggi mungkin," tegasnya.

Dituturkan Djokovic, kemenangannnya di ATP Finals tidak lepas dari dukungan istri dan anak-anaknya yang hadir langsung di Turin, Italia. Juara grand slam 21 kali itu menyebut kehadiran keluarga kecilnya membuat perjalanannya di ATP Finals berjalan lebih mudah.

"Mereka membuat hidup saya di Tour lebih mudah. Tekanan, ekspektasi, ketegangan yang biasanya Anda alami di turnamen besar seperti ini, ketika mereka ada, itu sedikit menurun sehingga saya dapat memiliki waktu istirahat, waktu berkualitas dengan keluarga saya," jelasnya.

Dengan musim 2022 yang telah berakhir, Djokovic berharap dirinya dapat memiliki musim yang lebih baik untuk musim depan. Petenis berusia 35 tahun itu pun menegaskan dirinya masih sangat lapar dengan trofi juara.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi saya tahu bahwa yang ada di benak saya adalah rasa lapar yang sangat besar untuk memenangkan trofi," tukasnya.

Dengan kemenagan ini, Djokovic berhak atas hadiah uang sebesar USD4,7 juta atau sekitar Rp73 miliar. Dia juga diperkirakan akan memulai musim 2023 sebagi petenis peringkat lima dunia, naik tiga tingkat dari posisinya saat ini. (AFP/OL-12)

Baca Juga

medcom.id/pexels

Manfaat Sit Up dan Gerakan Teknik Dasar yang Benar

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 26 November 2022, 14:52 WIB
Salah satu manfaat yang bisa didapatkan yakni membuat otot tubuh, terutama bagian perut menjadi semakin...
AFP/JORGE GUERRERO

Australia Tembus Final Piala Davis

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:29 WIB
Max Purcell/Jordan Thompson tampil mengejutkan dengan kemenangan atas juara Wimbledon 2021 Nikola Mektic/Mate Pavic 6-7 (3/7), 7-5,...
MI/BAYU ANGGORO

Daud Achmad Dinilai Berintegritas, Layak Pimpin KONI Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 25 November 2022, 22:25 WIB
Daud dinilai memiliki berbagai kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi ketua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya