Kamis 10 November 2022, 11:14 WIB

Rafael Nadal Hingga Iga Swiatek Bakal Tampil di United Cup

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Rafael Nadal Hingga Iga Swiatek Bakal Tampil di United Cup

AFP/Elsa
Petenis Iga Swiatek

 

Pihak penyelenggara turnamen tenis beregu campuran United Cup, mengumumkan 14 dari 16 negara yang bakal berpartisipasi di edisi pertama turnamen tersebut, yang dijadwalkan bergulir pada 29 Desember mendatang.

Dikutip dari keterangan resmi pihak penyelenggara, Yunani bakal menjadi tim unggulan pertama dalam United Cup. Yunani bakal diperkuat dua bintang tenis andalan mereka, yakni petenis putra peringkat 3 dunia Stefanos Tsitsipas dan petenis putri Maria Sakkari (peringkat 6 dunia).

Polandia yang bakal diperkuat petenis putri nomor satu dunia Iga Swiatek serta petenis putra Hubert Hurkacsz, akan menjadi unggulan kedua di United Cup. Sedangkan Spanyol tampil sebagai unggulan ketiga dengan Rafael Nadal dan Paula Badosa tampil sebagai andalan.

Selain ketiga negara tersebut, negara lainnya yaitu Italia, Prancis, Australia, Kroasia, Swiss, Jerman, Brasil, Belgium, Republik Ceko, Inggirs, Argentina dan Norwegia juga akan ikut bagian dalam turnamen yang akan bergulir di tiga tempat itu yakni Brisbane, Perth dan Sydney.

"Tim yang telah dipastikan bertanding sangat bersemangat tentang United Cup, itu dikonfirmasi dalam komitmen tinggi para pemain untuk acara tersebut. Kami senang dengan komposisi pemain yang akan diturunkan tim. Kami sangat menantikan pertandingan menarik dan menghibur dalam turnamen ini," kata Direktur Turnamen Piala United Stephen Farrow, dikutip dari ATP, Kamis (10/11).

Adapun turnamen ini tercipta berkat kolaborasi antara asosiasi tenis profesional (ATP) dan Asosiasi tenis putri (WTA) serta Tennis Australia. Kompetisi yang juga akan menjadi turnamen pembuka musim itu, menawarkan hadiah total sebesar US$15 juta (sekitar Rp235 miliar) serta 500 poin peringkat ATP dan WTA.

"United Cup juga menandai kembalinya tenis internasional ke Brisbane dan Perth dan kami tahu para penggemar tidak sabar untuk menikmati semua aksi. Ketiga kota tersebut akan menikmati kesempatan untuk melihat para pemain terbaik dunia bersatu dan bersaing secara berdampingan saat kami meluncurkan musim tenis secara global di Brisbane, Perth, dan Sydney." ucap Farroe.

Adapun nantinya, Brisbane, Perth dan Sydney masing-masing akan menjadi tuan rumah dua grup yang terdiri dari tiga negara yang akan bersaing dalam format round-robin dari 29 Desember hingga 4 Januari.

Selanjutnya, Pemenang dari setiap grup akan bermain di babak play-off, dengan pemenang kota maju ke Final Four di Sydney yang akan dimainkan pada 6 - 8 Januari. Tim dengan kinerja terbaik di fase grup bakal melangkapi komposisi final four.

Setiap pertandingan di United Cup nantinya bakal terdiri dari dua pertandingan tunggal putra dan dua pertandingan tunggal putri serta satu pertandingan ganda campuran. Sementara untuk Dua negara terakhir yang tersisa akan diumumkan pada 21 November mendatang. (ATP/OL-12)

Baca Juga

AFP/Ben Stansall

Akan Kembali Saling Berhadapan, Fury Lupakan Pertemanan dengan Chisora

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 30 November 2022, 11:15 WIB
Kedua petinju, yang terakhir bertemu pada 2014, telah menjalin hubungan persahabatan selama beberapa tahun...
AFP/Rob Carr/Getty Images

Cedera, Towns Harus Absen Bela Timberwolves Selama Beberapa Pekan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 30 November 2022, 10:00 WIB
Towns terjatuh dengan keras di kuarrter ketiga kala Timberwolves kalah dari Washington Wizards, Selasa (29/11)...
AFP

Turnamen Indonesian Masters Siap Sajikan Persaingan Ketat

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 29 November 2022, 21:02 WIB
Sejumlah pegolf top dunia akan memanaskan persaingan pada turnamen berhadiah total US$1,5 juta. Seperti, Lee Westwood, Jazz...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya