Selasa 08 November 2022, 13:36 WIB

Juara WTA Finals 2022, Caroline Garcia: Ambil Positif dari Pengalaman

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Juara WTA Finals 2022, Caroline Garcia: Ambil Positif dari Pengalaman

Tom Pennington/Getty Images/AFP
Aksi selebrasi petenis Prancis Caroline Garcia setelah menumbangkan Aryna Sabalenka dari Belarus pada babak final laga WTA Finals 2022.

 

KEJUTAN diberikan petenis putri asal Prancis Caroline Garcia di WTA Finals 2022, petenis berusia 29 tahun itu sukses keluar sebagai juara WTA Finals musim ini, Selasa (11/8).

Tampil sebagai unggulan keenam, Garcia berhasil menghentikan perlawanan mantan petenis nomor dua dunia Aryna Sabalenka (Belarusia). Melakoni pertarungan selama 1 jam 41 menit, Garcia tercatat memetik kemenangan dua set langsung dengan skor 7(7)-6(4) dan 6-4.

Kemenangan ini mengantarkan Garcia menjadi wanita Prancis kedua yang memenangi WTA Finals, setelah Amelie Mauresmo yang sukses merebut gelar juara pada tahun 2005 lalu, dengan pertandingan yang juga diadakan di Amerika Serikat.

"Hari ini adalah final yang luar biasa, begitu banyak intensitas di setiap poinnya," kata Garcia dalam pidato kemenangannya, dikutip dari WTA, Selasa (8/11).

Baca juga: Kalahkan Sabalenka, Garcia Juara WTA Finals

"Terima kasih kepada para penggemar yang telah memberikan atmosfer luar biasa dalam sepekan terakhir. Amerika Serikat selalu menjadi tempat luar biasa untuk saya dan saya selalu enjoy memainkan pertandingan di sini," imbuhnya.

Tampil kembali di WTA Finals sejak 2017 lalu, Garcia mengatakan telah belajar banyak sepanjang 5 tahun terakhir. Dia berusaha untuk terus meningkatkan performanya agar dapat kembali tampil di turnamen khusus untuk 8 petenis wanita top dunia itu.

Pada gelaran 2017 lalu, perjalanan Garcia terhenti di babak semifinal setelah dijegal petenis Venus Williams (Amerika Serikat). Setelah tidak lolos kualifikasi pada 3 edisi terakhir (2018, 2019 dan 2021) Garcia pun kembali dengan lebih tangguh dan merebut gelar juara.

"Kepada semua orang yang mau berbagi dengan masa lalu saya, trofi ini untuk kalian," katanya Garcia.

"Saya bertemu banyak orang di sepanjang jalan. Beberapa orang ada di sini, beberapa orang yang bertemu dengan saya ketika saya masih seorang gadis kecil berusia 12 tahun," tuturnya.

"Saya memiliki banyak kenangan dalam karier tenis saya, dan saya mengambil hal positif dari semua pengalaman itu dan saya ingin berterima kasih kepada semua pengalaman ini yang telah membuat saya menjadi orang yang lebih baik dan pemain yang lebih baik," tegasnya.

Raihan ini pun mengantarkan Garcia menutup musim 2022 dengan menduduki peringkat keempat dunia. Dia naik dua tingkat dari posisi sebelumnya dan menggeser posisi Coco Gauf (Amerika Serikat) serta Maria Sakkari (Yunani).

Sementara itu di pertandingan ganda, kejutan juga diberikan pasangan gado-gado Veronika Kudermetova (Rusia)/Elise Mertens (Belgia).

Mereka sukses merebut gelar juara dari pasangan juara bertahan Barbora Krejcikova/Katerina Siniakova dengan skor kemenangan 6-2, 4-6, dan 11-9.

Adapun ini adalah gelar WTA Finals pertama untuk Kudermetova/Mertens. Tahun lalu Mertens harus puas keluar sebagai runner-up, saat itu dia berpasangan dengan petenis Taiwan Hsieh Su-wei. Sedangkan ini merupakan debut Kudermetova di WTA Finals.

“Sulit untuk mengatakannya sekarang, karena banyak emosi,” kata Kudermetova. "Tapi saya pikir kami sangat senang dan bangga dengan pencapaian ini serta untuk tim kami," jelasnya. (Rif/WTA/Ol-09)

Baca Juga

AFP

Gregoria Janji Berjuang hingga Akhir

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:19 WIB
Tampil pertama kali di turnamen yang hanya diikuti delapan pebulu tangkis terbaik dunia, Gregoria berjanji akan berjuang maksimal dari awal...
ANTARA

Atlet Wushu Junior Indonesia Sabet Dua Emas di Hari Pertama

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:06 WIB
Dua emas disumbangkan dari nomor Taolu oleh Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy...
HO

Timnas MLBB Indonesia Lolos Ke Grand Final IESF Bali 14Th WEC 2022

👤Widhoroso 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:06 WIB
TIM nasional Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) Indonesia lolos grand final kejuaraan esport dunia IESF Bali 14th World Esports Championship...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya