Senin 31 Oktober 2022, 12:55 WIB

Indonesia Raih 2 Perak Dan 1 Perunggu Dari Kejuaraan Dunia Karate Junior Turki

Akmal Fauzi | Olahraga
Indonesia Raih 2 Perak Dan 1 Perunggu Dari Kejuaraan Dunia Karate Junior Turki

dok.PB Forki
TIM karate Indonesia berhasil meraih dua medali perak dan satu perunggu dari World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 yang digel

 

TIM karate Indonesia berhasil meraih dua medali perak dan satu perunggu dari World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 yang digelar di Konya, Turki.

Manajer Tim karate Indonesia, Harmen Saputra mengatakan hasil ini menjadi catatan peningkatan prestasi dari karateka Merah Putih junior di level dunia. Dua tahun lalu, Indonesia hanya mampu membawa pulang satu medali perak dari event yang sama yang digelar di Chille.

"Alhamdulillah kali ini kami berhasil memperbaiki raihan di World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 dengan raihan 2 perak dan 1 perunggu. Raihan ini lebih baik dari dua tahun lalu pada event yang sama di Chille di mana Indonesia hanya berhasil meraih 1 medali perak," kata Harmen Saputra dalam keterngan tertulis, Senin (31/10).

Tim Indonesia yang dipimpin Harmen Saputra dan Abdullah Kadir wakil manager didampingi Pelatih Yuni Adi Putra Warang, Jintar Simanjuntak dan Aswar itu menurunkan 17 atlet di World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 yang digelar 26-30 Oktober di Konya, Turki. Kejuaraan dunia ini diikuti 1850 peserta dari 105 negara di dunia.

Medali perak pertama dipersembahkan Nadlima Layla yang turun di nomor kata perorangan cadet putri. Nadlima harus mengakui kekuatan karateka Jepang, Takata Azusa di partai final.

Begitu juga dengan Marzella Sekar Damayanti yang dikalahkan karateka Jepang lainnya, Ohuchi Mirisa di final kata perseorangan putri U-21.

"Untuk di nomor kata, kami masih harus mengakui kekuatan Jepang. Semua medali emas di kategori kata diborong Jepang, baik di nomor perorangan maupun beregu putra dan putri," ujar Harmen.

Di kategori kata beregu junior cadet Putri, Tim Indonesia yang diperkuat Nadlima Layla, Baeatrix Helena Pangemanan, Syifa Amalia Akhmad berhasil meraih medali perunggu. Indonesia berhasil menang dari wakil Italia dalam perebutan medali perunggu.

"Hasil ini merupakan buah dari perjuangan dan kerja keras yang luar biasa yang ditunjukkan para karateka kita. Ini juga sekaligus sebagai pelajaran berharga supaya ke depannya kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di level dunia," jelas Harmen.

Sementara itu, Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate Do Indonesia (PB FORKI) juga mengirimkan delegasinya ke Konya, Turki untuk mengikuti kongres World Karate Federation (WKF) pada 25 Oktober lalu. Delegasi Indonesia yakni Darly Siregar dan Ricky muchtar.

Hasil dari kongres tersebut adalah kembali terpilihnya Antonio Espinos sebagai Presiden WKF untuk periode lima tahun ke depan. (OL-13)

 

Baca Juga

Dok. Aice

Konsisten Dukung Olahraga Nasional, Aice Diganjar Penghargaan dari Kemenpora

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:52 WIB
“Penghargaan Kemenpora ini membuktikan kekompakan stakeholders dalam menyukseskan prestasi dunia olahraga...
ANTARA/Zabur Karuru

Tidak Buru Medali, Eko Yuli Fokus Cari Poin Olimpiade di Kejuaraan Dunia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:30 WIB
"Target di Kejuaraan Dunia ini adalah mencari total angkatan, jadi fokus di sini adalah total angkatan karena itu menentukan poinnya...
Twitter @celtics

Tatum Pimpin Celtics Menang di Kandang Raptors

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:33 WIB
Celtics, saat ini, memimpin klasemen Wilayah Timur dengan keunggulan dua gim atas Milwaukee Bucks, yang mengalahkan Orlando Magic...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya