Senin 26 September 2022, 09:00 WIB

Mesir Berencana Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Mesir Berencana Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

AFP/LAURENT GILLIERON
Logo Olimpiade terlihat di markas IOC di Laussane, Swiss.

 

MESIR berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036. Hal itu diungkapkan Menteri Olahraga Mesir Ashraf Sobhi, di sela-sela pertemuan dengan presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, di Kairo, akhir pekan lalu.

"Presiden Abdel Fattah al-Sissi telah memberi izin Mesir untuk maju sebagai tuan rumah Olimpiade 2036," kata Sobhi dikutip AFP.

Apabila sukses dengan pengajuan diri itu, Mesir akan menjadi negara Arab atau Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade.

Baca juga: Jokowi Targetkan Panjat Tebing Raih Medali Emas di Olimpiade 2024

"Mesir memiliki infrastruktur olahraga yang solid dan dapat menggelar Olimpiade. Ini akan bersejarah," kata Bach di sesi jumpa pers didampingi Sobhi.

Mesir akan menjadi saingan Indonesia yang sudah terlebih dahulu mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, yang menurut pemerintah bakal digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ofisial Mesir mengumumkan lebih awal, pada bulan ini, bahwa Mesir, Yunani, dan Arab Saudi sedang membahas rencana menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030.

Mesir, pada 2019, menjadi tuan rumah Piala Afrika serta kejuaraan dunia handball pada tahun lalu di kala pandemi. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Instagram @alexzverev123

Zverev Bermain Kembali, Enam Bulan Pascacedera di Prancis Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 08:45 WIB
Zverev, yang merupakan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, meninggalkan lapangan Philippe Chartier di Paris, Juni lalu, menggunakan...
ANTARA/Zabur Karuru

Menpora Minta Lifter Muda Teladani Eko Yuli Irawan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 07:45 WIB
Eko, yang kini berusia 33 tahun, meraih dua medali perak dan satu medali perunggu di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota,...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Veddriq Leonardo, Apriyani Rahayu, Hingga Utut Adianto Raih Penghargaan Golden Awards Siwo

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:31 WIB
Atlet Terbaik Putra dianugrahkan kepada pemanjat tebing Veddriq Leonardo. Veddriq tahun ini berhasil mempertahankan prestasi sebagai juara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya