Rabu 21 September 2022, 19:41 WIB

Livoli Mulai Digulirkan Lagi

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Livoli Mulai Digulirkan Lagi

ANTARA FOTO/Fauzan
Pertandingan Livoli

 

SETELAH vakum selama dua tahun lantaran pandemi, Liga Voli Indonesia (Livoli) kembali digelar. Divisi Utama Livoli 2022 akan digulirkan di tiga seri yakni di Banyuwangi, Solo dan Magetan. PP PBVSI menggelar Livoli tahun ini lebih banyak dibandingkan biasanya yang hanya satu seri.

"Tahun ini ada gebrakan, biasanya hanya satu seri (satu kota) kita bikin tiga seri plus (kejurnas) antarklub. Hadiahnya juga yang biasanya Rp200 juta ditambah menjadi Rp500 juta," kata Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan PBVSI Hanny S Surkatty di Jakarta, Rabu (21/9).

Livoli 2022 akan dimulai dengan Divisi Satu yang merupakan kejurnas antarklub diikuti tim-tim dari 16 provinsi. Divisi Satu mulai digulirkan pada 25 September-2 Oktober di GOR Debes Tabanan, Bali. Peringkat pertama dan kedua dari divisi ini kemudian akan promosi ke Divisi Utama.

Babak reguler Divisi Utama berlangsung di GOR Tawangalun, Banyuwangi, mulai 11-16 Oktober dilanjutkan di GOR Sritex Arena, Solo, pada 18-23 Oktober.

Adapun fase final four hingga final akan dihelat di GOR Kimageti, Magetan, pada 4-13 November.

Baca juga:  Vita Solo Kembali ke Divisi Utama Livoli

Selain trofi dan hadiah untik pembinaan, PBVSI untuk Livoli tahun ini juga memberikan subisidi bagi setiap klub di Divisi 1 senilai Rp10 juta dan untuk klub Divisi Utama Rp15 juta. Mereka yang lolos ke final four juga akan diguyur tambahan Rp25 juta.

"Kita kasih subsidi karena klub-klub ini melakukan pembinaan dan kebanyakan klub murni bukan disokong perusahaan. Mereka menyumbang pemain-pemain di nasional. Mudah-mudahan menghasilkan bibit-bibit baru untuk Proliga nantinya," imbuh Hanny.

Selama satu tahun ke depan ini, PBVSI bakal menggulirkan enam kompetisi. Selain Proliga dan Livoli, ada pula kejuaraan usia muda U-17 dan U-19. Di voli pasir, sirkuit nasional akan kembali digelar dan PBVSI juga berencana menggulirkan liga untuk voli pasir.

"Kompetisi lebih banyak dari sebelum-sebelumnya dan diharapkan mengembangkan voli kita. Karena pemain kita juga mulai dilirik di luar negeri. Seperti Livoli ini juga menjadi ajang talent scouting," ucap Hanny.(OL-5)

Baca Juga

AFP/Eric Espada

Nash Pastikan Sudah tidak Ada Masalah dengan Durant

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 11:00 WIB
Permasalah antara Durant dan Nets tampaknya telah diselesaikan pada bulan lalu ketika klub NBA itu merilis pernyataan bahwa Durant sepakat...
AFP/JOE KLAMAR

Formula 1 akan Gandakan Jumlah Sprint Race pada Musim 2023

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 10:15 WIB
"Sesi sprint race membawa dinamik mengasikan pada balapan akhir pekan dan terbukti populer selama dua musim...
Antara/Dok PB WI

Tim Wushu Indonesia Raih Lima Emas di University World Cup Combat Sports

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 04:30 WIB
University World Cup Combat Sports di Turki merupakan ajang uji coba tim wushu Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja dan Asian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya