Jumat 26 Agustus 2022, 06:00 WIB

Raffi Ahmad Ditunjuk Jadi Duta Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Raffi Ahmad Ditunjuk Jadi Duta Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023

ANTARA/Muhammad Ramdan
Raffi Ahmad saat diperkenalkan sebagai duta Kejuaraan Dunia Bola Basket

 

INDONESIA, yang turut menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 terus mempersiapkan diri, salah satunya dengan menunjuk Raffi Ahmad sebagai duta lokal.

Ketua Joint Management Comittee (JMC) FIBA World Cup 2023 Cahyadi Wanda mengatakan penunjukan Raffi sebagai duta sudah melewati serangkaian proses.

"Awalnya, kami memiliki beberapa nama kandidat. Kami kirimkan ke FIBA, lalu ada proses screening. Dilihat latar belakang dan juga bagaimana sosok ini bisa merangkul masyarakat, termasuk yang bukan penggemar basket," kata Cahyadi dalam konferensi pers di Senayan Park Mall, Jakarta, Kamis (25/8).

Baca juga: Erick Thohir Optimistis pada Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023

"Semuanya tercermin dari sosok Raffi Ahmad yang akhirnya terpilih sebagai local ambasador FIBA World Cup 2023," sambung dia.

Menurut dia, Raffi adalah sosok yang dekat dengan bola basket. Dia adalah pemilik klub pendatang baru IBL, Rans PIK Basketball.

"Raffi memiliki imej yang baik dan punya keterikatan dengan olahraga basket. Selain itu dia juga memiliki penggemar yang banyak," ujar Cahyadi.

Raffi dekat dengan basket karena selain memiliki klub, dia juga pernah menjadi duta FIBA Asia Cup 2022, yang berlangsung 12-24 Juli lalu.

Total akan ada tiga duta lokal, termasuk seorang dari Filipina dan seorang dari Jepang yang juga tuan rumah bersama pada FIBA World Cup 2023 yang akan berlangsung dari 25 Agustus sampai 10 September 2023.

"Satu lagi adalah ambasador dunia yang nanti akan diumumkan oleh FIBA," kata Cahyadi.

Raffi Ahmad sendiri mengaku bangga mendapat kepercayaan sebagai bagian dari sejarah Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023.

"Ini adalah kontribusi saya sebagai warga negara Indonesia karena ini perhelatan dunia. Kapan lagi kita menjadi tuan rumah perhelatan akbar. Piala Dunianya bola basket. Saya sangat tersanjung sekali bisa menjadi bagian dari sejarah dunia. Terima kasih kepada semuanya. Ini merupakan suatu kehormatan buat saya," kata Raffi.

Raffi menyatakan akan berusaha menjalankan tugas dengan baik sebagai perwakilan Indonesia.

"Saya akan mengorbankan waktu dan tenaga. Bukan soal komersialnya, tetapi saya ingin memberikan kontribusi untuk Indonesia demi suksesnya Piala Dunia Bola Basket," kata dia.

"Saya mengajak masyarakat Indonesia harus bisa memberikan apresiasi karena Indonesia memiliki kesempatan menjadi tuan rumah Kapan lagi kita melihat bintang bintang bola basket berkompetisi di Indonesia." 

"Saya akan menyosialisasikan kegiatan FIBA. Saat FIBA World Cup 2023 Indonesia menjadi tuan rumah berarti saatnya Indonesia menjadi langit."

"Bintang-bintang yang datang ke sini kita tempel di langit kita Indonesia. Kita jadi tuan rumah yang baik. Kita kasih langit yang cerah supaya bintang-bintang kita tempel di langit kita dan menjadi kenangan yang indah untuk dunia," pungkas Raffi. (Ant/OL-1)

Baca Juga

DOK.PERBASI

Timnas Basket Putri Persiapan SEA Games 2023 di Liga ASEAN

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 28 September 2022, 19:31 WIB
Liga untuk putri itu disetujui FIBA untuk digelar merespons permintaan atas minimnya kompetisi dan pamor jika dibandingkan dengan sektor...
ANTARA/Fikri Yusuf

Peselancar Rio Waida Pimpin Klasemen Challenger Series WSL

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 19:13 WIB
Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu berpotensi masuk World Championship Tour (WCT) karena Top 10 Challenger Series akan dipromosikan...
DOK ONE CHAMPIONSHIP

One Fight Night 2 Janjikan Lahirnya Sejarah Baru

👤Budi Ernanto 🕔Rabu 28 September 2022, 18:22 WIB
Terdapat 10 laga yang akan tersaji dan setiap laga bisa berimplikasi besar pada peta persaingan selanjutnya di divisi dan disiplin olahraga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya