Senin 08 Agustus 2022, 20:53 WIB

Sumut Tuan Rumah Seri APRC 2022

Yoseph Pencawan | Olahraga
Sumut Tuan Rumah Seri APRC 2022

ANTARA/Ferdy Siregar
Ilustrasi

 

FIA telah memastikan bahwa Sumutera Utara (Sumut) akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan salah satu seri Asian Pasific Rally Championship (APRC) pada tahun ini.

Wagub Sumut Musa Rajekshah mengatakan keputusan itu diambi FIA setelah menilai pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 yang digelar di Danau Toba berjalan sukses. "Dengan begitu, Sumut dinyatakan lulus menjadi tuan rumah APRC 23-25 September 2022 mendatang," ungkap Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Senin (8/8).

APRC merupakan kejuaraan reli internasional yang diselenggarakan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA). Putaran Asia dan Oseania adalah cakupan dari reli ini. Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah salah satu putaran APRC pada 2019. Pada 2021 seluruh gelaran reli ini dibatalkan karena merebaknya pandemi Covid-19.

Menurut Wagub, sebelum Kejurnas Rally Danau Toba diadakan pada 5-7 Agustus 2022, Sumut masih berstatus sebagai kandidat tuan rumah APRC 2022. Namun tidak lama setelah kejurnas usai, Sumut sudah dipastikan menjadi ruan rumah. "Ini juga menjadi titik awal kita untuk menjadi (tuan rumah) kejuaraan reli dunia," imbuhnya.

Dia pun berterima kasih atas dukungan semua pihak yang telah mendukung
suksesnya penyelenggaraan Kejurnas Rally 2022 di Danau Toba. Dalam gelaran reli tersebut juara kategori M1 diraih Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia, juara kategori M2, Bintang Bartean, dari BRM
Motorsport dan juara M3 disabet Benny Lautan dari RFT Motorsport.

Kemudian juara kategori F1 adalah Sunny Boy, juara F2 Andrew Hutabarat dan juara F3 Yoseph Suryanto. Berikutnya juara kategori R3  Ronny JS dan terakhir juara kategori J2 Achmad Aldio Oekon.

Di sisi lain, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut Harun Mustafa Nasution mengatakan, beberapa pereli dunia sudah mengonfirmasi keikutsertaannya pada Danau Toba Rally APRC 2022 seperti pereli India dan Jepang. Menurut dia, dalam APRC nanti pihak pelaksana berencana menambah lintasan balap lebih panjang dari yang dibuat saat kejurnas. "Dibuat lebih panjang agar masyarakat dari berbagai daerah bisa ikut menyaksikan," ujarnya. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA/Sigid Kurniawan

Di Tengah Konflik Kevin dan Pelatih, PBSI Klaim Suasana Pelatnas Kondusif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 04:15 WIB
"PBSI berupaya membangun suasana pelatihan yang kondusif, yang menerapkan disiplin secara tegas dalam kerangka kebersamaan dan dengan...
DOK.PERBASI

Timnas Basket Putri Persiapan SEA Games 2023 di Liga ASEAN

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 28 September 2022, 19:31 WIB
Liga untuk putri itu disetujui FIBA untuk digelar merespons permintaan atas minimnya kompetisi dan pamor jika dibandingkan dengan sektor...
ANTARA/Fikri Yusuf

Peselancar Rio Waida Pimpin Klasemen Challenger Series WSL

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 19:13 WIB
Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu berpotensi masuk World Championship Tour (WCT) karena Top 10 Challenger Series akan dipromosikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya