Sabtu 06 Agustus 2022, 13:31 WIB

Penyelenggaraan ASEAN Paragames Solo 2022 Akan Dicontoh Negara-negara Lain 

Mediaindonesia.com | Olahraga
Penyelenggaraan ASEAN Paragames Solo 2022 Akan Dicontoh Negara-negara Lain 

Ist
Penyelenggaraan ASEAN Paragames Solo 2022 Akan Dicontoh Negara-negara Lain 

 

KERJA keras Indonesia menyelenggarakan ASEAN Paragames Solo 2022 membuahkan apresiasi dari 11 negara peserta. Mereka puas mengikuti event olahraga penyandang disabilitas dua tahunan yang kali ini dipusatkan di Solo. Kamboja yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan berikutnya pun ingin belajar dari kesuksesan Indonesia.

"Kita akan menuntaskan event ini. Kita memberikan kepuasan luar biasa kepada negara peserta," ujar Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto dalam konferensi pers di Media Center ASEAN Paragames Solo 2022, di Hotel Swissbelinn, Saripetojo, Surakarta, Jumat malam (5/8).

Baca juga: Batal Berangkat ke ISG Konya, Timnas Basket 3x3 Putri Kecewa

Konferensi pers menghadirkan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, dan Ketua Bidang Litbang National Paralympic Commmitee (NPC) Indonesia Sapta Kunta Purnama, Kementerian Pemuda dan Olahraga Chandra Bhakti, dan Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Andi Herman.

Menurut Rima, pihak Indonesia ASEAN Paragames Organizing Committee (INASPOC) telah berkeliling untuk mengetahui pandangan para atlet, ofisial negara-negara peserta juga APSF (ASEAN Parasports Federation) tetang ASEAN Paragames Solo 2022 dan umumnya memberikan apresiasi. 

Rima bercerita bahwa salah satu atlet senior dari Filipina yang pernah menjadi bagian di ASEAN Paragames 2011 lalu, membagi pengalamannya. Dia takjub dengan perubahan signifikan fasilitas yang diberikan kepada atlet. Ketika penyelenggaraan 2011, akomodasi yang diberikan adalah kampung atlet di Donohudan dan fasilitas yang seadanya. Namun, untuk penyelenggaraan kali ini, panitia menyediakan hotel sehingga para atlet merasakan kenyamanan mengikuti event.

"Mereka takjub melihat perkembangan di Kota Solo ini. Dulu di ASEAN Paragames ke-6 pada 2011 seperti apa, kemudian di 2022 seperti apa. Perubahannya signifikan. Mereka bilang luar biasa. Mereka tidak percaya bahwa persiapan kita empat bulan," ujar Rima.

Pernyataan Rima selaras dengan cerita salah satu andalan Vietnam di cabang olahraga para-atetik Vuong Chau. Ia menyatakan pernah menjadi bagian kontingen Vietnam di ASEAN Paragames Solo 2011 lalu, dan membandingkan dengan fasilitas yang ia terima sekarang. 

Ia merasa happy. "Saya sangat senang. Terima kasih Indonesia," ujarnya. Ia senang di event kali ini mendapat fasilitas hotel yang nyaman.

Di balik jadwal yang mepet setelah ditunjuk menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri, menurut Rima, Indonesia memang telah siap sejak lama.

"Itu mungkin kenyataan yang mereka tidak tahu. Intinya mereka senang. Mereka tidak mempermasalahkan medali, yang mereka rasakan adalah mendapatkan kesempatan bertanding setelah lima tahun tanpa aktivitas di ajang multievent olahraga disabilitas se-Asia Tenggara. Jadi kesempatan bertanding ini lah yang mereka apresiasi," ujarnya.

Dari sisi broadcast, ASEAN Paragames Solo 2022 mencatatkan sejarah baru. Untuk pertama kali event ASEAN Paragames ini menyiarkan siaran langsung dari 14 cabang olahraga. Sebelumnya, cabang olahraga yang terliput tidak sampai 50 persen cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Kita berharap ajang ASEAN Paragames 2022 benar-bener memberikan warisan kepada Kota Solo sehingga dikenal sebagai kota yang ramah disabilitas dan menjadi pusat pembinaan atlet disabilitas yang berprestasi di Indonesia," ujarnya.

Menurut Ketua Bidang Litbang National Paralympic Commmitee (NPC) Indonesia Sapta Kunta Purnama, pemberian fasilitas kepada atlet yang dinilai baik ini membuat negara peserta ingin menjadikan penyelenggaraan ASEAN Paragames kali ini menjadi role model.

"Ini disampaikan para Chef de Mission (CdM), ini akan menjadi contoh beberapa negara. Kamboja dan Malaysia ingin belajar dalam penyelenggaraan kegiatan ini maupun dalam pelatihan karena prestasi Indonesia melesat sangat tinggi," jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Ketua Umum National Paralympic Commmitee (NPC) Indonesia Senny Marbun menyampaikan terima kasih atas perjuangan kesetaraan yang ditunjukkan untuk atlet disabilitas sehingga bisa ikut mengangkat harkat dan martabat negara melalui olahraga.

Dalam ASEAN Paragames 2022, Indonesia dipastikan menjadi juara umum dengan raihan total 419 medali. Rinciannya 171 emas, 138 perak, dan 110 perunggu. Target sebelumnya, adalah 104 medali.

Sementara itu, Andi Herman memastikan bahwa atlet akan menerima bonus setara yang didapat oleh para atlet ASEAN Games. 

"Setara berarti sama. Baik untuk peraih emas, perak dan perunggu. Itu keputusan Bapak Presiden," kata Herman.

Upacara penutupan ASEAN Paragames Solo 2022 
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan hadir dalam acara penutupan ASEAN Paragames Solo 2022, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. Hal ini diungkapkan secara langsung Chandra Bhakti.

“Kita sudah memenuhi target kesuksesan baik itu sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi dan pemulihan ekonomi. Ini saya sampaikan karena melihat persiapan oleh INASPOC bahwa besok malam akan dilakukan upacara penutupan, yang insya Allah secara resmi ditutup oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” jelas Chandra Bhakti.

“Dari segi prestasi juga luar biasa. Pencapaian atlet-atlet Indonesia yang targetnya 104 emas, kurang lebih kita mendapatkan 400 medali. Jika dibandingkan dengan jumlah atlet, 323, maka artinya semua atlet yang bertanding mendapat satu medali,” paparnya. 

Hal lain yang menjadi atensi dari penyelenggaraan ASEAN Paragames Solo 2022 ini adalah memiliki dampak domino ke sektor lain, seperti ekonomi dan pariwisata. Ajang multi event sekelas APG ini dimanfaatkan Kota Surakarta untuk kembali memulihkan ekonomi setelah terdampak pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Selama gelaran APG, hotel-hotel di kawasan Surakarta hampir semuanya penuh. Belum lagi panitia pelaksana yang memberdayakan UMKM lokal untuk pengadaan konsumsi di setiap venue cabang olahraga. 

“Hal lain yang dapat kita lihat adalah dari sisi ekonomi, semua hotel penuh, banyak pengunjung. Selain itu teman-teman UKM juga berpartisipasi, setelah panitia pelaksana melibatkan UKM lokal untuk pengadaan snack. Nanti bisa kita cek berapa kira-kira impak ASEAN Paragames ke-11 di Solo ini.” tandasnya.

Sementara itu, Chandra Bhakti juga menegaskan keinginan Indonesia menggelar ASEAN Paragames tidak lepas dari peran Presiden Jokowi. Ini merupakan gelaran APG pertama setelah lima tahun vakum. Terakhir kali Indonesia bertanding adalah di ASEAN Paragames di Malaysia 2017 tahun lalu.

APG sedianya digelar pada 2019 di Filipina, namun batal digelar, dan sebelumnya juga ada Vietnam sebagai tuan rumah pada 2021. Namun masalah Covid-19 membuat mereka juga batal menyelenggarakan multi-event dua tahuan ini. 

“Semua ini terselenggara karena kebijakan presiden. ASEAN Paragames Solo 2022 adalah kebijakan untuk memberikan kesempatan kepada atlet penyandang disabilitas dalam multi event untuk ikut berkompetisi. Tapi yang lebih luas lagi, bagaimana presiden memberi kesempatan kepada seluruh atlet disabilitas se-Asia Tenggara agak dapat kesempatan untuk berkompetisi.”

“Ini yang menjadi apresiasi dari negara-negara peserta, artinya dari NPC dan negara Asia Tenggara. Kebijakan presiden untuk menerima penyelenggarakan APG 2022 adalah sebuah sikap, keputusan yang sangat bijak dalam melihat kesetaraan antara atlet penyandang disabilitas dan non-disabilitas dalam konteks universal, tapi juga internasional yaitu memberi kesempatan kepada semua atlet tidak hanya lokal, tapi juga internasional.” pungkasnya. (RO/OL-6)

Baca Juga

AFP/Vaughn Ridley / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Serena Williams Mengaku Ingin Berkembang di Luar Tenis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 11:15 WIB
Selain ingin fokus menjadi ibu dari putrinya, Olympia, peraih 23 gelar Grand Slam itu juga mengatakan ingin mengembangkan hal lain yang...
AFP/Glyn KIRK

Gauff Sebut Serena Williams Inspirasi Bagi Banyak Petenis Muda

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 10:45 WIB
Gauff, yang kini berperingkat 11 dunia, mengatakan Williams telah meninggalkan warisan yang akan menjadi inspirasi bagi para petenis muda...
AFP/Al Bello/Getty Images

Diultimatum Durant, Pemilik Nets Tegaskan Dukungan untuk Nash

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 09:15 WIB
"Manajemen dan pelatih kami mendapatkan dukungan penuh dari saya. Kami akan membuat keputusan yang terbaik bagi Brooklyn...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya