Sabtu 25 Juni 2022, 10:00 WIB

Meski Bali Jadi Tuan Rumah World Beach Game, Indonesia Tetap Harus Ikut Kualifikasi

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Meski Bali Jadi Tuan Rumah World Beach Game, Indonesia Tetap Harus Ikut Kualifikasi

AFP/MARVIN RECINOS
Selancar salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di World Beach Games.

 

SEKRETARIS Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J Kono mengingatkan induk cabang olahraga tuan rumah Indonesia untuk menyiapkan diri mengikuti kejuaraan kualifikasi menuju ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali.

Ferry, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (25/6), menyampaikan berdasarkan edisi perdana AWBG di Doha, tuan rumah Qatar tetap harus melewati turnamen kualifikasi untuk beberapa cabang olahraga. Demikian juga dengan edisi di Bali yang dijadwalkan digelar pada 5-12 Agustus 2023.

"Kami saat ini tengah berkoordinasi dengan ANOC (Asosiasi Komite Olimpiade Nasional), khususnya terkait kualifikasi cabang olahraga yang harus diikuti tuan rumah," kata Ferry.

Baca juga: Lepas dari Sanksi WADA, KOI Berusaha Wujudkan Jadi Tuan Rumah ANOC World Beach Games 2023

"Kami berharap federasi nasional juga dapat cermat dalam mengikuti single event yang menjadi kualifikasi menuju Bali 2023," tambahnya.

ANOC telah merilis sistem kualifikasi untuk tujuh cabang olahraga wajib yang akan dipertandingkan di Bali 2023. Ketujuh cabang olahraga tersebut adalah aquathlon, bola tangan pantai, sepak bola pantai, tenis pantai, gulat pantai, karate, dan renang perairan terbuka 5 km.

Sistem kualifikasi akan mengacu kepada ranking dunia serta kuota yang akan diberikan melalui dua jalur, yakni hasil di Kejuaraan Dunia serta kualifikasi kontinental.

Cabang bola tangan pantai akan memulai kualifikasi di Kejuaraan Dunia di Crete, Yunani. Ada 10 tiket yang tersedia, yakni 5 tim putra serta 5 tim putri, sedangkan sisanya diperebutkan di kejuaraan kontinental.

Sementara renang perairan terbuka 5 km, kualifikasi telah digelar di Kejuaraan Dunia FINA 2022 di Budapest, yang juga merupakan kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

Untuk aquathlon, atlet-atlet memiliki kesempatan hingga 15 Mei 2023 untuk merebut posisi 20 besar dunia. Satu NOC juga hanya diperbolehkan mendapat satu kuota atlet.

Di cabang olahraga sepak bola pantai akan diperebutkan pada turnamen kualifikasi kontinental yang akan diselenggarakan pada 1-2 Juli 2023.

Untuk cabang tenis pantai, tiket kualifikasi akan diberikan melalui peringkat dunia yang akan ditutup pada 5 Juni 2023. Sedangkan proses kualifikasi karate disiplin kata (seni), kuota atlet akan diberikan kepada atlet pemilik ranking terbaik di Kejuaraan Dunia, kejuaraan kontinental 2022, serta WKF Kata Ranking yang akan ditutup pada 12 Juni 2023. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Dok. BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Pentingnya Jaminan Sosial Bagi Pesepakbola dan Atlet Profesional

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 13:09 WIB
Menurut data BPJAMSOSTEK hingga Juni 2022, jumlah atlet yang sudah terlindungi ke dalam program Jamsostek sebanyak 64,6 ribu...
AFP/Mandel NGAN

NBA akan Pensiunkan Jersey Nomor 6 Milik Bill Russell

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 12:45 WIB
Russell mengenakan jersey nomor 6 sepanjang 13 musim bermain di NBA antara 1956 dan...
AFP/Vaughn Ridley

Menanti Taji Petenis Nomor Satu Dunia Iga Swiatek

👤Rifaldi Putra I 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 12:32 WIB
Iga Swiatek kalah dari petenis Brasil Beatriz Haddad Maia dalam pertarungan sengit tiga set, Jumat (12/8)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya