Selasa 31 Mei 2022, 10:23 WIB

Para-Bulu tangkis Indonesia Rebut Enam Gelar Juara di Dubai

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Para-Bulu tangkis Indonesia Rebut Enam Gelar Juara di Dubai

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Pada tunggal putra SL4, Fredy Setiawan meraih gelar juara setelah menumbangkan pemain asal India, Tarun, dengan skor 21-11, 9-21, 23-21.

 

PRESTASI luar biasa ditorehkan tim para-bulu tangkis Indonesia, dalam kejuaraan Fazza Dubai Para Badminton International 2022.

Dalam pertadingan final yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (29/5), para-bulu tangkis Indonesia sukses merebut enam gelar juara. Keenam gelar tersebut berasal dari tiga nomor di kategori tunggal serta tambahan tiga juara lainnya dari ketegori ganda.

Pada tunggal putra SL4, Indonesia memastikan gelar juara melalui Fredy Setiawan. Dalam partai final, Fredy harus melewati permainan tiga game untuk mengalahkan wakil India, Tarun dengan skor 21-11, 9-21, 23-21.

Keberhasilan Fredy, diikuti pada nomor tunggal putri SL4 melalui Khalimatus Sa'diyah yang berhasil menumbangkan Haruka Fujino dari Jepang dua game langsung 21-13 dan 21-18.

Baca juga: Zheng Sebut Keram Menstruasi Akhiri Kiprahnya di Roland Garros

Indonesia menambah satu gelar juara di nomor tunggal putri SH6 atas nama Rina Marlina. Rina tampil konsisten saat berhadapan dengan tunggal putri India, Nithya Sivan. Hasilnya, Rina menang dua game langsung 21-13 dan 21-10.

Di kategori ganda, tiga pasangan Indonesia juga berhasil merebut gelar juara. Pasangan ganda putra SL3-SL4 Fredy Setiawan/Dwiyoko keluar sebagai pemenang setelah di partai puncak mengalahkan rekan senegaranya, Hikmat Ramdani/Ukun Rukaendi dengan skor 21-18 dan 21-16.

Fredy Setiawan dan Khalimatus Sa'diyah menambah koleksi gelar juara mereka setelah keduanya menjadi yang terbaik pada ganda campuran SL3-SU5.

Fredy/Khalimatus harus melewati pertandingan melelahkan sebanyak tiga game untuk menumbangkan pasangan Jepang, Taiyo Imai/Noriko Itoms dengan skor 21-11, 8-21 dan 21-17.

Prestasi ini merupakan gelar juara ketiga bagi Fredy, sedangkan titel kedua bagi Khalimatus di ajang Fazza Dubai Para Badminton International tahun ini.

Gelar keenam bagi para-bulu tangkis Indonesia disumbangkan oleh ganda campuran SH6, Subhan/Rina Marlina yang berhasil mengalahkan pasangan Thailand, Natthapong Meechai/Chai Saeyang, 21-19 dan 22-20.

"Saya bersyukur bisa merebut dua gelar juara di turnamen di Dubai ini. Tentu sangat bangga dan senang karena selama pandemi Covid-19, kami belum mengikuti turneman internasional," kata Khalimatus Sa'diyah dalam ketetangan resmi Komite Paralimpiade Nasiona Indonesia (NPCI), Selasa (31/5).

Keberhasilan merebut enam medali emas di single event Fazza Dubai Para Badminton International ke-4 2022  direspon positif oleh pelatih Jarot Hernowo. Disebutkan oleh Jarot, pencapaian ini sudah sesuai dari target yang telah dicanangkan pihaknya.

"Untuk pencapaian enam medali emas ini sudah sesuai target yang ditetapkan. Dalam turnamen kali ini, selain kami membawa pemain yang sudah memiliki jam terbang internasional, kami juga membawa beberapa pemain muda yang minim ajang internasional," ucap Jarot Hernowo.

Selain merebut enam mahkota juara, para-bulu tangkis Indonesia juga mampu menjadi runner-up sekaligus merebut tiga medali perak dari nomor tunggal putra SH6 atas nama Subhan, ganda putra SL3-SL4 Ukun Rukaendi/Hikmat Ramdani, ganda putra SU5 Suryo Nugroho/Oddie Kurnia.

Tambahan tiga medali perunggu atau posisi ketiga juga diraih oleh tunggal putra SU5 Suryo nugroho, tunggal putra SU5 Oddie Kurnia dan dari ganda campuran SH6 Subhan/McVeigh.

"Keikutisertaan tim para-bulutangkis Indonesia di turnamen di Dubai ini untuk mengukur sejauh mana hasil latihan pemain yang telah menjalani pelatnas sejak bulan Januari lalu. Pemain-pemain ini dipersiapkan untuk tampil di ASEAN Para Games di Solo dan Asian Para Games di China nanti," tambah Jarot.

Secara keseluruhan, tim para-bulutangkis Indonesia keluar sebagai juara umum dengan koleksi enam gelar juara, dua runner-up dan tiga peringkat ketiga, disusul Korea Selatan yang mengantongi empat gelar juara. (Rif/OL-09)

Baca Juga

AFP/Vaughn Ridley / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Serena Williams Mengaku Ingin Berkembang di Luar Tenis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 11:15 WIB
Selain ingin fokus menjadi ibu dari putrinya, Olympia, peraih 23 gelar Grand Slam itu juga mengatakan ingin mengembangkan hal lain yang...
AFP/Glyn KIRK

Gauff Sebut Serena Williams Inspirasi Bagi Banyak Petenis Muda

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 10:45 WIB
Gauff, yang kini berperingkat 11 dunia, mengatakan Williams telah meninggalkan warisan yang akan menjadi inspirasi bagi para petenis muda...
AFP/Al Bello/Getty Images

Diultimatum Durant, Pemilik Nets Tegaskan Dukungan untuk Nash

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 09:15 WIB
"Manajemen dan pelatih kami mendapatkan dukungan penuh dari saya. Kami akan membuat keputusan yang terbaik bagi Brooklyn...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya