Kamis 05 Mei 2022, 16:16 WIB

Tim Thomas Indonesia Lakoni Latihan Teknik Perdana di Thailand

 Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Tim Thomas Indonesia Lakoni Latihan Teknik Perdana di Thailand

Dok.PBSI
Pemain tunggal putra Jonatan Christie menjadi bagian tim Piala Thomas 'Merah Putih' yang digelar di Bangkok, Thailand.

 

TIM Piala Thomas Indonesia telah memuai latihan teknik perdana mereka di Bangkok, Thailand.

Tiga hari jelang kejuaraan bulu tangkis Piala Thomas dan Uber 2022, Hendra Setiawan dkk melahap porsi latihan dengan semangat.

Selama dua jam, sejak pukul 09.00 waktu setempat, para pemain berlatih bersama di arena bulu tangkis di Gedung Serbaguna Kantor Sekretaris Tetap Departemen Pertahanan Sri Saman, Bangkok.

Di arena ini panitia menyediakan 8 lapangan. Pada sesi pagi, tim Thomas Indonesia berlatih bersama tim putra-putri Taiwan.

Mengawali latihan, manajer tim Hendro Santoso meminta pemain agar bisa menikmati latihan perdana. Pemain juga diminta terus menjaga semangat dan kebersamaan tim, terlebih hari ini PBSI tepat merayakan hari jadinya ke-71.

Baca juga: Perkuat Fisik, Tim Piala Thomas-Uber RI Latihan Ringan

"Hari ini, PBSI tepat merayakan ulang tahun ke-71. Semangat para pendahulu saat mendirikan organisasi ini harus menjadi inspirasi dan semangat para pemain. Kami meminta para pemain bersemangat dan gembira menjalani latihan ini," kata Hendro dalam keterangan resmi PBSI, Kamis (5/5).

"Dengan bersatu dan kompak, mari kita bersama-sama berjuang mengharumkan nama PBSI dengan mempertahankan Piala Thomas dan berusaha mengukir prestasi bagus di tim Uber," imbuhnya.

Dalam latihan, tim ganda putra menggelar latihan gim 3 lawan 3. Kemudian oleh pelatih Herry Iman Pierngadi, format latihan gim diubah menjadi 2 lawan 2 dengan pasangan tetap.

Bahkan, di sesi berikutnya, pemain berpasangan dengan rekan lain digilir secara berputar.

Ada juga latihan sesi 3 lawan 2. Hendra Setiawan, bersama Bagas Maulana dan M. Shohibul Fikri bertanding seru melawan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto.

Menurut pelatih Herry IP, latihan teknik perdana ini harus bisa dimanfaatkan pemain sebaik mungkin untuk menghadapi pertandingan besar demi mempertahankan Piala Thomas.

Latihan ini bisa dipakai untuk mengembalikan kondisi dan feeling pemain dengan lapangan dan shuttlecock.

"Latihan ini harus semaksimal mungkin dimanfaatkan untuk mengembalikan kondisi feeling pukulan pemain. Juga harus beradaptasi dengan shuttlecock yang akan digunakan dalam pertandingan nanti. Apalagi dalam beberapa hari mereka tidak latihan bermain sama sekali," papar Herry.

Sementara itu, tim tunggal, berlatih satu lawan satu. Kemudian diteruskan dengan latihan stroke yang dipimpin pelatih Irwansyah.

Mulai dari Anthony Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Tegar Sulistio, dan Syabda Perkasa Belawa semua berlatih.

Sempat pula Ginting berlatih bersama Jojo yang berduet dengan Syabda. Bahkan, Vito pun sempat dikeroyok Ginting, Jojo, dan Syabda.

"Kondisi semua pemain juga bagus. Latihan teknik juga untuk mengembalikan kondisi mereka. Yang menggembirakan, saya lihat semua pemain menikmati latihan dan suasananya juga kondusif," sebut Irwansyah.

Vito pun menyambut positif latihan teknik perdana mereka di Thailand. Apalagi kebersamaan dan kekompakan tim juga tidak berubah.

"Latihan ini sangat bagus bagi pemain untuk mengembalikan kondisi. Kami harus beradaptasi lagi dengan lapangan dan shuttlecock. Juga kekompakannya tidak berubah," ujar Vito, sapaan akrab Shesar.

Sebelum memulai latihan, Hendra Setiawan akhirnya secara aklamasi kembali ditunjuk sebagai kapten tim. Para anggota tim Thomas, satu persatu menunjuk Hendra sebagai pemimpin tim Indonesia.

"Hendra jadi kapten usai dipilih para pemain. Dia memang pantas, selain paling senior, prestasinya juga paling komplet," ujar Herry. (Rif/PBSI/OL-09)

Baca Juga

Antara

Cabor Evaluasi Hasil SEA Games Vietnam

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 22 Mei 2022, 19:05 WIB
Cabang atletik menjadi salah satu yang meleset dari...
Antara

Apriyani/Fadia Raih Medali Emas SEA Games

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 22 Mei 2022, 18:13 WIB
Apriyani/Fadia berhasil mengalahkan pasangan Thailand, yakni Benyapa/Nuntakarn, dengan dua gim langsung 21-17, 21-14 di final SEA...
AFP

Djokovic akan Hadapi Tantangan Berat di Roland Garros

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 22 Mei 2022, 17:32 WIB
Sebab, dari hasil undian di Prancis Terbuka Rolan Garros, Novak Djokovic ditempatkan satu blok dengan petenis juara 13 kali, yakni...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya