Rabu 23 Maret 2022, 13:27 WIB

Barty Gantung Raket, Para Petenis Hingga PM Australia Beri Komentar

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Barty Gantung Raket, Para Petenis Hingga PM Australia Beri Komentar

BRENTON EDWARDS / AFP
Di tengah prestasinya yang masih gemilang. petenis Australian berusia 25 tahun, Ashleigh Barty, memutuskan pensiun dari dunia tenis.

 

PENGUNDURAN diri petenis nomor satu dunia, Ashleigh Barty, dari tenis profesional disambut dengan kejutan dan ucapan harapan baik dari petenis lainnya seperti Karolina Pliskova hingga Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison.

Pengumunam pensiunnya Barty dari olahraga tenis profesional memang mengejutkan dunia olahraga, terlebih saat ini Barty tengah dalam performa terbaiknya termasuk saat dia merebut gelar juara grand slam Australia Terbuka bulan Februari 2022 lalu.

Mantan petenis nomor satu dunia asal Republik Ceko Karolina Pliskova, yang dikalahkan Barty di final untuk memenangi Wimbledon tahun lalu, memberi selamat kepada petenis Australia itu atas "karier yang luar biasa".

"Merupakan hak istimewa untuk berbagi lapangan dengan Anda," cuit Pliskova di kaun twitternya. "Kamu akan dirindukan," ucapnya.

Juara grand slam tiga kali Inggris yang juga mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray mengatakan di Twitter "Senang untuk @ashbarty. Putus asa untuk tenis. Pemain yang luar biasa," cuitnya.

Baca juga: Bungkam Bulls, Bucks Bertahan di Posisi Kedua Klasemen Wilayah Timur

Petenis Simona Halep dari Romania yang diketahui melakukan perbincangan langsung dengan Barty mengaku menangis saat mengetahui kabar tersebut. Seperti dikethui kedua petenis wanita itu memang pernah bersaing ketat untuk memperebutkan peringkat nomor satu dunia.

"Ash, apa yang bisa saya katakan, Anda tahu saya menangis kan? Teman saya, saya akan merindukanmu dalam tur. Anda berbeda, dan istimewa, dan kami berbagi beberapa momen luar biasa," kata Halep.

"Apa selanjutnya untuk Anda? Juara Grand Slam di golf?! Berbahagialah dan nikmati hidup Anda secara maksimal," imbuhnya.

PM Australia Scott Morrison juga memberikan penghormatan kepada petenis berusia 25 tahun itu, dia pun mengucapkan terima kasih kepada Barty yang telah menjadi inspirasi bagi masyarakat Australia.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih, Ash, karena telah menginspirasi sebuah negara, menginspirasi sebuah bangsa, pada saat negara ini benar-benar membutuhkan pukulan yang bagus," kata Morrison.

Barty telah menjadi petenis nomor satu dunia selama lebih dari dua tahun dan mengatakan setelah kemenangannya di Australia Terbuka bahwa dia membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya, yang membuatnya mundur dari turnamen lapangan keras di Indian Wells dan Miami.

Akhir tahun lalu dia bertunangan dengan pacar lamanya Garry Kissick, yang selalu hadir di tepi lapangan saat dia bermain dan sering memposting pesan dukungan di media sosial. (Rif/AFP/OL-09)

Baca Juga

AFP/Joe TOTH

Raducanu Bantah Tersingkir Cepat dari Wimbledon karena Tekanan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 10:15 WIB
Unggulan kesepuluh itu tersingkir setelah kalah 6-3 dan 6-3 dari Caroline Garcia dalam laga di Centre...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Murray Tersingkir di Putaran Kedua Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 06:11 WIB
Juara Wimbledon dua kali asal Inggris itu kesulitan menghadapi petenis jangkung asal Amerika Serikat (AS). Murray bahkan gagal sama sekali...
AFP/Adrian DENNIS

Jabeur Melaju ke Putaran Ketiga Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 05:48 WIB
Petenis Tunisia berusia 27 tahun, yang menjadi juara di turnamen lapangan rumput di Berlin, awal bulan ini, sempat dua kali dipatahkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya