Sabtu 19 Maret 2022, 19:05 WIB

Raih Pole, Quartararo Percaya Diri Bisa Merajai Mandalika

Budi Ernanto | Olahraga
Raih Pole, Quartararo Percaya Diri Bisa Merajai Mandalika

Antara/Andika Wahyu
Pembalap Minster Enegry Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani sesi kualifikasi di Gp Mandalika

 

FABIO Quartararo akan memimpin balapan Moto-GP pada Minggu (20/3). Pembalap Monster Energy Yamaha itu mendapat pole setelah jadi yang paling cepat di sesi kualifikasi pada Sabtu (19/3) dengan catatan waktu 1 menit 31,067 detik. 

Sementara yang akan start di posisi kedua ialah Jorge Martin dari Pramac Racing dan diikuti oleh rekan setimnya Johann Zarco. 

Usai kualifikasi, Quartararo mengaku puas dengan penampilannya dalam perebutan pole. Terlebih dirinya terakhir kali start paling depan pada Juni tahun lalu di GP Catalunya. 

"Senang sekali bisa kembali (dapat pole), sudah sangat lama kan, jadi saya super senang," ujar pembalap asal Prancis itu. "Kami tidak melakukan banyak kesalahan selama kualifikasi dan terima kasih kepada tim karena tidak gampang menyerah," ujar Quartararo lagi. 

Menurut Quartararo penampilannya juga lebih baik jika dibandingkan saat dia turun di GP Qatar. "Saya merasa potensi saya (untuk menang) ada di sini," tegas dia. 

Quartararo diperkirakan tidak akan mendapat tantangan berat di awal balapan nanti mengingat rival beratnya, yaitu Marc Marquez dari Repsol Honda harus start dari posisi ke-15. Marquez sempat jatuh di kualifikasi sesi pertama. Pembalap asal Spanyol itu juga sempat jatuh di sesi keempat latihan bebas. 

Selain itu, beberapa rival Quartararo juga mengalami masalah dengan motor mereka. Contohnya saja, rider Suzuki Ecstar Alex Rins yang motornya terbakar pada sesi keempat latihan. Rins akan start dari posisi kedelapan saat balapan. 

Baaca juga : Fabio Quartararo Peraih Pole Pertama di Mandalika 

Kemudian juara GP Qatar pada awal bulan ini, yaitu Enea Bastiani dari Gresini Racing, mengalami kecelakaan. Rekan setim Marquez juga mengalami hal serupa. Bastiani akan start dari posisi kelima. 

Sementara di kelas Moto-2, yang mendapat pole ialah pembalap Inde GASGAS Aspar Team Jake Dixon. Dia mencatatkan waktu terbaik pada sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 35,799 detik. 

Sementara, posisi start kedua, ditempati oleh Augusto Fernandez dari Red Bull KTM Ajo. Sedangkan posisi terakhir di barisan start terdepan diisi Sam Lowes dari Elf Marc VDS Racing Team. 

Lalu untuk kelas Moto-3, pembalap tuan rumah Mario Suryo Aji tampil gemilang selama babak kualifikasi. Mario berhak start di barisan terdepan atau tepatnya di posisi ke-3. Rider Honda Team Asia itu di kualifikasi kedua mencetak waktu 1 menit 41,567. 

Mario pada Minggu akan start di belakang pembalap CFMOTO Racing PruestelGP Carlos Tatay yang finis di posisi pertama dan Diogo Moreira, joki MT Helmets-MSI. Tatay mencatatkan waktu 1 menit 41,232 detik dan Moreira 1 menit 41,315 detik. 

"Mohon doa untuk balapan besok dan Mario target bisa finis di posisi (yang bisa kasih) poin," ujar Mario. "Luar biasa, front row pertama untuk Indonesia setelah 25 tahun, saya bisa kasih kejutan untuk Indonesia," kata Mario. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Atlet Junior Limitless Indonesia Taklukan Pantai Muaya Jimbaran, Bali,

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:12 WIB
Terdapat lima anak dalam naungan Limitless Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi Oceanman Bali...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jakarta Gelar Balap Formula-e Dua Kali pada Tahun Depan

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 16:15 WIB
Adapun konfirmasi terakhir terkait pelaksanaan balapan dua hari atau tidak, akan dilakukan sebelum September...
AFP

Zhou Guanyu Puji Pelindung Halo Selamatkannya dari Kecelakaan Horor

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 04 Juli 2022, 16:00 WIB
Meski mobilnya remuk, pembalap asal Tiongkok itu dinyatakan tak mengalami cedera serius dan kondisinya baik-baik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya