Selasa 15 Maret 2022, 12:15 WIB

Timnas Basket 3×3 Bidik Emas di Hanoi

Dhika kusuma winata | Olahraga
Timnas Basket 3×3 Bidik Emas di Hanoi

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi. Pebasket Bali United Lutfi Alfian Eka Koswara (tengah) berusaha memasukkan bola saat menghadapi Pelita Jaya Bakrie pada IBL.

 

TIM nasional Bolabasket 3×3 Indonesia membidik medali emas pada SEA Games XXXI Hanoi, Vietnam, yang digelar 12-23 Mei mendatang. Optimisme itu berkaca dari hasil sebelumnya yang mampu menyumbang perak. Timnas Indonesia percaya diri bisa lebih baik dari Filipina sebagai pesaing utama di SEA Games Vietnam nanti

"Ini tantangan bagi saya. Dengan persiapan sebulan harus bisa lebih baik dari kemarin apalagi mempersembahkan emas di Hanoi masih terbuka," kata pelatih Timnas Bolabasket 3×3 Ali Budimansyah melalui keterangan federasi, Selasa (15/3).

Baca juga: PP Perbasi Ingin Bangkitkan Lagi Liga Bola Basket Putri

Menurutnya, peta persaingan di Hanoi nanti akan berpengaruh karena kekuatan Filipina tidak sama dengan SEA Games sebelumnya saat menjadi tuan rumah. Kala itu, Filipina memakai pemain terbaik dari liga PBA dan memaksa Indonesia harus puas memperoleh perak.

Ali mengatakan Filipina akan menurunkan pemain yang berbeda pada SEA Games Vietnam nanti yang kualitasnya di bawah SEA Games 2019. "Saya tertantang karena kondisi pemain sedang bagus, mereka masih berkompetisi di IBL 2022. Artinya, secara fisik dan skill individu terasah. Tinggal nanti diperkuat mindset permainan saja karena 5x5 dan 3x3 ada perbedaan," ucapnya.

Timnas basket 3x3 akan mulai latihan bersama pada 4 April. Pemusatan latihan (TC) nantinya akan diikuti 10 pemain yang komposisinya kombinasi antara pemain senior dan junior di bawah 23 tahun sebagai bagian dari regenerasi.

Komposisinya ada beberapa pemain yang turun pada SEA Games 2019 lalu yakni Surliyadin, dan Sandy Ibrahim Azis, dan Oki Wira Sanjaya. Kemudian ada Jamarr Andre Johnson dan tiga pemain muda bagian regenerasi seperti Julian Chalias, Serigne Modou Kane, Dame Diagne.

Dia pun berharap timnas bisa melakukan uji coba ke luar negeri untuk mematangkan permainan. (Perbasi/Dhk/A-1)

Baca Juga

AFP

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:48 WIB
Skuad Merah Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada...
AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya