Rabu 26 Januari 2022, 11:45 WIB

Pembenahan Sirkuit Mandalika Ditargetkan Rampung 14 Maret

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Pembenahan Sirkuit Mandalika Ditargetkan Rampung 14 Maret

MI/Yusuf
Foto udara Sirkuit Mandalika

 

KOMANDAN Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto menargetkan pembenahan sirkuit dan seluruh infrastruktur penunjang lainnya akan rampung pada 14 Maret 2022.

Sehingga, seluruh rangkaian balapan dunia yang akan dimulai pada 18 hingga 20 Maret 2022 bisa terlaksana dengan sukses.

"Termasuk observation gate, yang dibangun di bukit 360 derajat, dan Insya Allah, pada 14 Maret 2022, sebelum perhelatan pada 18 Maret 2022, sudah selesai semua," kata Hadi terkait kesiapan Sirkuit Mandalika dalam menghadapi MotoGP 2022, lewat siaran pers yang  dikutip Rabu (26/1).

Baca juga: MotoGP jadi Akselerator Industrialisasi UMKM di NTB

Hadi juga mengungkapkan jika infrastruktur khusus di dalam Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk race track, race second building, dan race elektronik, kini telah rampung dan berfungsi.

Beberapa pekerjaan yang sebelumnya dibenahi kembali, seperti grand stand, VIP village, dan temporer facility untuk menambah tempat bagi kepentingan para pembalap dan tim pendukung, Hadi menegaskan seluruhnya telah rampung.

Di luar sirkuit, Hadi mengakui, saat ini, ia masih terus melakukan pembenahan, di antaranya pelebaran jalan provinsi, dari dua menjadi empat jalur. Termasuk pula perbaikan rumah-rumah penduduk, drainase dan penghijauan di luar sirkuit.

Penghijauan dilakukan mulai di jalur By Pass dari Bundaran Bandara Internastional Lombok hingga ke Bundaran Sunggung.

Sementara itu, di sekitar Sirkuit Mandalika, yang terdapat lima bukit, Hadi mengatakan bahwa bukit-bukit tersebut juga sedang dilakukan pembenahan degan penanaman pohon-pohon estetik dan bunga agar terlihat hijau dan cantik di depan kamera.

"Di dalam sendiri itu ada satu bukit namanya bukit 360 derajat juga kita percantik, supaya saat penonton nanti melihat ke arah bukit tersebut itu juga kelihatan cantik, karena bukit itu juga berhadapan dengan bukit segar yang ada di luar mandalika," ujar Hadi.

Terkait transportasi, baik udara, laut maupun darat, Hadi mengatakan telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

Untuk transportasi darat, akan disediakan angkutan shuttle bus menuju Sirkuit Mandalika dari pelabuhan Gili Mas, pelabuhan Lembar, pelabuhan Bangsal, pelabuhan Kayangan, dan dari Bandara International Lombok. Sementara transportasi udara sedang dicoba mekanisme commuter flight.

Rencananya, pesawat Airbus A330 akan dijadikan moda penerbangan dari Bali menuju ke Lombok. Hal itu karena diperkirakan penonton dan bahkan tim pendukung pembalap juga menginap di Bali. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT

Djokovic Berpeluang Bertemu Nadal di Perempat Final Prancis Terbuka 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:18 WIB
Novak Djokovic dan rival utamanya Rafael Nadal berpeluang bertemu di babak perempat final. Hal itu dapat terwujud bila kedua petenis mampu...
MI/RAMDANI

Formula E, Ajang Kampanye Kendaraan Ramah Lingkungan

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:36 WIB
Formula-E yang mengusung konsep sustainable merupakan salah satu kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya beralih...
Antara/Zabur Karuru

Indonesia Sisakan 9 Wakil di Perempat Final Bulu Tangkis SEA Games Vietnam

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:04 WIB
Di nomor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi satu-satunya wakil yang melangkah ke babak perempat final, setelah menumbangkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya