Selasa 11 Januari 2022, 08:20 WIB

ATP Sebut Insiden Visa Djokovic Lukai Semua Pihak

Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
ATP Sebut Insiden Visa Djokovic Lukai Semua Pihak

AFP/William WEST
Petenis Serbia Novak Djokovic

 

ASOSIASI Tenis Putra Internasional (ATP) menanggapi kemenangan Novak Djokovic dari pemerintah Australia terkait visa dengan menyebut pertempuran itu melukai semua pihak.

Keputusan seorang hakim di Melbourne membatalkan pencabutan visa Djokovic dengan alasan covid-19, mengakhiri penahanan petenis yang menolak divaksin itu, dan membuka peluang bagi petenis nomor satu dunia itu untuk tampil di Australia Terbuka yang akan dimulai pada Senin (17/1).

ATP mengaku bersimpati pada Djokovic dan warga Australia sembari menegaskan mereka telah bekerja sekuat tenaga untuk mencegah masalah terkait masuknya Djokovic ke Australia untuk tampil di turnamen Grand Slam pembuka tahun itu.

Baca juga: Keluar dari Tahanan Imigrasi, Djokovic Kembali Berlatih

"ATP sangat menghargai pengorbanan warga Australia sejak awal pandemi covid-19 dan kebijakan imigrasi ketat yang diberlakukan," ujar ATP dalam sebuah pernyataan.

Terkait Djokovic, ATP mengatakan, "Dengan bertolak ke Melbourne, Novak Djokovic dengan jelas menyakini dirinya mendapatkan pengecualian medis yang dibutuhkan agar bisa masuk ke Australia."

"Serangkaian kejadian yang berujung pada sidang, Senin (10/1), sangat merugikan semua pihak, termasuk kesehatan Novak dan persiapannya untuk tampil di Australia Terbuka."

"Dispensasi medis diajukan secara independen tanpa melalui ATP. Namun, kami terus melakukan kontak dengan Tennis Australia untuk mengetahui proses yang berlangsung," lanjut ATP.

Meski begitu, ATP menyebut Djokovic sebenarnya bisa menghindari insiden itu.

"ATP dengan tegas merekomendasikan vaksinasi bagi semua pemain yang tampil di tur ATP. Kami memandang vaksinasi sebagai hal penting agar tenis bisa keluar dari pandemi. Hingga kini, 97% dari petenis 100 besar dunia telah divaksin menjelang Australia Terbuka," pungkas ATP. (AFP/OL-1)
 

Baca Juga

Antara

Lolos Perempat Final, Apri/Fadia akan Hadapi Jongkolphan/Rawinda

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 19:25 WIB
Sebelumnya, pasangan ganda putri Indonesia itu berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, yakni Do Thi Hoai/Dinh Thi Puong Hong, dalam SEA...
dok.PB ISSI

Dua Faktor Balap Sepeda XCO Putra Raih Emas dan Perak di SEA Games Vietnam

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 19 Mei 2022, 17:31 WIB
ADA dua faktor utama yang menjadi kunci sukses balap sepeda XCO putra Indonesia pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31...
AFP

Rafael Nadal Jalani Latihan Perdana di Prancis Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:08 WIB
Dalam sesi latihan, Nadal yang merupakan juara Roland Garros 13 kali, mendapat sambutan meriah dari penggemarnya, yang memadati dua sisi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya